Air Terjun Coban Rondo merupakan salah satu wisata alam terkenal di kota Batu, Malang. Sarat dengan legenda dan mitosnya, air terjun ini menjadi kawasan melepas penat lantaran hijaunya bentang alam, taman bunga dan kegiatan outbound.

Lokasi: Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang.
Map: Cek Lokasi

Berada di kota Batu, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Coban Rondo. Pasalnya, wisata satu ini cukup terkenal di kalangan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Keadaan alamnya yang mempesona menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Untuk lebih jelasnya, akan dibahas lebih lanjut tentang wisata air terjun satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Rondo

Daya Tarik Coban Rondo
Image Credit: Google Maps (Jason Chen)

Coban Rondo adalah salah satu destinasi wisata alam di kota Malang yang memiliki keindahan alam sangat mempesona. Tak mengherankan banyak sekali wisatawan asing dan domestik yang menyempatkan untuk mampir kesini. Jika Andamemasuki area ini, maka Andapun akan bisa melihat air terjun yang memiliki ketinggian yakni sekitar 84 meter.

Selain memiliki ketinggian yang cukup tinggi, debit air yang ada di coban ini juga lumayan besar. Hal ini dikarenakan ketika Andamengunjunginya saat musim hujan, maka debit airnya menjadi 150 liter per detik. Sedangkan saat musim kemarau tiba, debit yang ada di air terjun ini pun tergolong cukup besar, yakni sekitar 90 liter per detik.

Sampai ke kawasan ini, Andapun akan disambut dengan keindahan alam yang sangat eksotis. Sepanjang mata memandang, maka pemandangan yang hijau dan sangat segar akan mampu memanjakan mata anda. Panorama air terjun dengan butir butir air dan juga suara gemericiknya, akan membuat pikiran dan hati menjadi tenang.

Karena berada di kaki gunung, maka tak mengherankan Andaakan merasakan suasana yang sejuk. Udara yang segar akan menjadi nilai tambah yang bisa Andadapatkan ketika berada disini. Selain itu, bentang alam yang masih alami dan asri akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Tak mengherankan, tempat satu ini sangat ramai dikunjungi oleh pelancong ketika musim liburan tiba. Bahkan saat akhir pekan pun Andaakan menemukan banyak orang yang datang dan menikmati megahnya air terjun satu ini. Untuk itu, ketika Andaingin menikmati keindahan coban dalam suasana yang tenang, datanglah ketika hari kerja atau weekdays.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Coban Rondo

Alamat Coban Rondo
Image Credit: Google Maps (Yusdi Bachtiar)

Air terjun satu ini terletak di Kecamatan Pujon yakni di daerah Pandansari. Tepatnya berada sekitar 1135 meter di atas permukaan laut. Untuk sumber mata airnya sendiri, Coban Rondo memiliki sumber mata air yakni Cemoro Dudo yang memiliki letak tak jauh dari coban satu ini, tepatnya yakni di kaki lereng Gunung Kawi.

Letaknya yang berada di kota Batu dan sekitar 12 km dari pusat kota, membuat Andabisa mengunjungi destinasi ini dengan menggunakan kendaraan pribadi dan juga transportasi umum. Pasalnya, Coban Rondo memiliki akses jalan yang sangat bagus yakni menggunakan aspal. Dengan begitu, Andatidak akan kesulitan untuk menempuhnya.

Untuk Andayang kesini dengan menggunakan transportasi umum, maka Andabisa menaiki bus dengan jurusan Malang. Kemudian, Andabisa turun di Terminal Arjosari dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum arah Terminal Landungsari. Setelah itu, ketika Andasampai di Terminal Landungsari carilah bis yang menuju ke arah Kediri lewat Pujon.

Selanjutnya, Andabisa turun di Patung Sapi yang tepat berada di depan pintu masuk utama daerah Coban Rondo. Lalu, perjalanan selanjutnya bisa dilanjut dengan menggunakan ojek online maupun ojek pangkalan yang bisa dengan mudah untuk Andatemui di sekitar pintu masuk tersebut.

Namun, bagi Andayang menggunakan kendaraan pribadi ketika ingin berwisata kesini, maka Andabisa menggunakan mobil maupun sepeda motor. Ambillah akses dari jalan raya Batu untuk menuju ke arah Pujon. Karena melalui jalan raya besar, maka tentu saja Andaakan lebih mudah untuk menemukan wisata satu ini.

Medannya sendiri terdiri dari jalan yang menanjak dan ada pula yang landai. Saat akan sampai atau memasuki area Pujon, maka Andaakan disuguhkan dengan akses yang berkelok kelok dan tikungan yang agak tajam. Nantinya, Andaakan tiba di kawasan puncak perbukitan. Dari sini, Andapun akan bisa melihat papan petunjuk bertuliskan Coban Rondo.

Dengan adanya petunjuk tersebut akan membimbing Andamenuju ke arah kiri dan keluar dari jalan utama. Disini, Andaakan memasuki kawasan pintu masuk dari wisata air terjun. Namun, apabila Andamasih bingung maka Andapun bisa menggunakan peta digital yang telah terinstal di smartphone anda. Atau Andajuga bisa bertanya pada warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Coban Rondo

Harga Tiket Coban Rondo
Image Credit: Google Maps (Wahip Betric)

Harga tiket masuk dari wisata satu ini dapat dikatakan cukup terjangkau. Hal ini dikarenakan Andahanya perlu untuk membayar sekitar 30 ribu rupiah untuk pengunjung domestik dan kisaran 35 ribu untuk wisatawan asing. Harga satu ini berlaku sejak November 2019 dan mungkin tidak terjadi kenaikan yang signifikan.

Sedangkan untuk jam bukanya sendiri, Coban Rondo tidak memiliki jam buka dan tutup secara operasional. Dengan begitu, Andapun bisa mengunjungi wisata satu ini setiap saat. Sehingga, bagi Andayang sedang penat maka dengan mengunjungi kawasan ini di pagi hari dapat menjadi salah satu alternatif yang tepat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Coban Rondo

Kegiatan di Coban Rondo
Image Credit: Google Maps (Choirotul Siti Aisyah)

1. Berkemah

Hal pertama yang bisa Andalakukan ketika berada di kawasan ini adalah berkemah. Pasalnya, di Coban Rondo sendiri tersedia area camping ground yang cukup luas. Untuk areanya sendiri terdapat beberapa tempat yang bisa dipilih oleh wisatawan. Disini, Andaakan menemukan sekitar 5 tempat untuk camping.

Pertama yakni camping ground Karpa, Mangir, Rasamala, Damar hingga Cemara. Untuk itu, bagi Andayang ingin mendapatkan pengalaman berbeda ketika berkunjung ke lokasi ini, tak ada salahnya untuk menginap dan berkemah di sekitar air terjun. Tentu saja, Andaakan bisa menikmati matahari terbit yang indah saat berada disini.

Selain itu, dengan berkemah dapat memberikan Andapengalaman yang berbeda dibandingkan dengan biasanya. Tak hanya itu saja, Andajuga akan memiliki alternatif lain untuk menginap. Sebab, menginap di hotel maupun villa terkadang akan sedikit membosankan. Untuk itu, dengan berkemah akan membuat Andamenimbulkan kesan tersendiri.

2. Trekking

Tak hanya berkemah, saat berada di Coban Rondo Andajuga bisa untuk menikmati trekking. Hal ini dikarenakan pada kawasan wisata ini telah tersedia jalur trekking yang memang telah dibuat oleh pengelola wisata. Sehingga, pengunjung pun akan bisa menempuh jalur tersebut untuk bisa melihat lebih dekat keindahan dari air terjun satu ini.

Berbeda dengan jalur di air terjun lain, trekking di tempat ini tidak terlalu sulit. Hal tersebut dikarenakan Andahanya perlu untuk mengikuti jalur yang ada di kawasan wisata. Namun, meskipun tidak sulit Andajuga perlu untuk berhati hati. Terutama di musim hujan karena jalanan trekking akan cenderung lebih licin.

3. Menaiki Kereta Kelinci

Untuk Andayang mengajak si kecil berwisata ke tempat satu ini, maka Andapun bisa mencoba menaiki kereta kelinci. Berkeliling kawasan Coban Rondo dengan kereta ini akan menjadi salah satu pengalaman yang menyenangkan untuk sang buah hati. Andahanya perlu membayar tiket dengan harga yang terjangkau dan telah bisa untuk merasakan keseruannya.

4. Berkuda

Tak hanya kereta kelinci, Andajuga bisa mengelilingi kawasan wisata air terjun ini dengan berkuda. Apabila si kecil tidak takut dan memiliki keberanian yang tinggi, maka Andabisa mengajaknya untuk menunggang kuda. Hal tersebut akan melatih keberaniannya di depan hewan dan juga akan menjadi sarana edukasi kepada anak.

5. Bersepeda

Selain itu, bagi Andayang ingin mencari alternatif lain untuk mengelilingi kawasan Coban Rondo, maka Andabisa menggunakan sepeda. Tak perlu untuk membawanya dari rumah, sebab Andabisa langsung meminjamnya di wisata ini. harga sewanya pun juga tidak terlalu mahal. Dengan begitu, Andabisa berkeliling tanpa lelah.

Kegiatan di Coban
Image Credit: Google Maps (Yopi Kusuma)

6. Menelusuri Aliran Sungai dengan Fun Tubing

Hal lain yang juga bisa Andalakukan ketika berada di lokasi wisata ini adalah bermain fun tubing. Tentu saja, wahana ini akan membuat Andabisa menelusuri aliran air terjun dengan jarak yang cukup dekat. Namun, Andahanya bisa untuk memainkan wahana ini ketika musim kemarau saja.

Sebab, ketika musim hujan tiba kawasan Air Terjun Coban Rondo kerap kali memiliki debit air yang cukup tinggi. Hal ini tentu saja akan bisa memicu timbulnya longsor dan banjir. Sehingga, wahana ini akan tutup ketika musim hujan tiba. Oleh karena itu, sebaiknya Andadatang ketika musim kemarau saja.

7. Bermain Paint Ball

Setelah puas bermain fun tubing, Andabisa melanjutkannya dengan bermain Paint Ball. Untuk memainkan permainan ini, maka Andabisa untuk menggunakan paket 3 on 3 ataupun 6 orang. Yang mana nantinya Andaakan diberikan sekitar 150 peluru dan untuk biayanya sendiri yakni sekitar 450 ribu rupiah.

Sedangkan bagi Andayang memilih paket 6 on 6, maka Andaakan diberikan peluru yakni sebanyak 300 buah. Dan untuk biayanya sendiri yakni dalam kisaran 750 ribu rupiah. Andapun akan bisa bermain dengan puas ketika berada disini. Permainan satu ini sangat cocok bagi Andayang membawa banyak rombongan.

8. Menjelajah Labirin

Di Coban Rondo sendiri juga terdapat labirin atau maze yang menjadi salah satu wahana paling populer dan sangat disukai oleh wisatawan. Ketika berada disini nantinya Andaakan diajak untuk menjelajah dan menelusuri kawasan labirin yang membingungkan. Tugas Andaadalah untuk menemukan pintu keluar utama.

9. Outbond

Selain itu, bagi Andayang ingin melihat keindahan wisata coban talun maka Andapun bisa mencoba untuk melakukan outbond di kawasan ini. area satu ini tentu saja sangat mengasyikkan bagi Andayang menyukai tantangan. Ada beberapa wahana outbond yang bisa Andacoba untuk menikmati keindahan air terjun dari sudut pandang yang berbeda.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa Andalakukan selama berlibur di Coban Rondo. Air terjun ini tak hanya menyediakan keindahan coban yang mempesona saja, melainkan Andajuga akan bisa untuk mencoba berbagai macam wahana menarik yang akan membuat liburan menjadi semakin menyenangkan. Untuk itu, Andatak boleh melewatkan kesempatan liburan di wisata air terjun ini.