Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-17.30 WIB, Alamat: Candisari, Sambirejo, Prambanan, Dowang Sari, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Provinsi di Indonesia memang dikenal memiliki banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Salah satu provinsi tersebut yaitu Jogja. Di sana nantinya Anda bisa menemukan banyak sekali tempat wisata yang menyuguhkan panorama indah. Tapi tidak hanya sebatas wisata alam saja. Anda bisa menemukan wisata yang menyuguhkan keragaman budaya dan juga sejarah.

Wisata sejarah yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang kebetulan berada di Jogja yaitu Candi Barong. Sekalipun candi ini tidak semegah candi Prambanan dan candi Borobudur, namun candi tersebut juga memiliki daya tarik, sehingga membuat banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung ke tempat ini.

Di tempat tersebut nantinya Anda akan mendapatkan pengalaman seru yang tak mungkin bisa didapat dari tempat lain. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan diulas mengenai sejarah, harga tiket, lokasi dan lain sebagainya terkait Candi Barong yang perlu untuk Anda ketahui.

Sejarah Candi Barong

Sejarah Candi Barong
Image Credit: Google Maps Supri Supreet

Jogjakarta memang dikenal kaya akan tempat wisata yang menyuguhkan keragaman budaya dan sejarah. Salah satunya yaitu Candi Barong ini. Daya tarik tersebut mampu menyita wisatawan lokal maupun asing untuk datang berkunjung.

Candi bersejarah ini adalah salah satu wisata daerah yang terletak di area Bukit Batur Agung. Area tersebut tepatnya terletak di Dusun Candisari, Kecamatan Prambanan, Sleman. Penduduk setempat yang berada di area sekitar candilah yang menamakannya sebagai Candi Barong. Hal tersebut dikarenakan pada candi Anda bisa menemukan hiasan yang mirip seperti barong atau singa.

Dari sumber informasi yang didapat, candi ini tersebut telah dibangun setidaknya pada abad ke 9 hingga abad ke 10 Masehi. Ditemukan pada abad ke 20, tepatnya yaitu pada tahun 1913. Pada masa itu Indonesia masih berada di bawah pendudukan kolonial. Saat itu proses penemuan dari candi terjadi oleh karena aktivitas perluasan kebun tebu yang digunakan untuk membuat gula.

Ketika awal kali ditemukan, kondisi reruntuhan dari candi memang susah untuk dikenali. Kemudian pemugaran kawasan Candi Barong tersebut akhirnya dilakukan pada tahun 1987. Proses pemugaran ini berlangsung setidaknya selama 5 tahun. Namun dalam jangka waktu tersebut pemugaran hanya sebatas pada candi induk saja.

Menurut sejarahnya sendiri, candi yang satu ini adalah sebuah candi yang memiliki corak agama Hindu, sama seperti Candi Ijo. Diperkirakan candi ini dahulu dipakai oleh masyarakat sebagai tempat untuk memuja Dewa dan Dewi umat Hindu. Seperti contohnya Dewi Sri, Dewa Wisnu, Dewi Laksmi dan dewa-dewi lainnya.

Pada area kompleks, terdapat tiga buah teras. Teras tersebut memiliki bentuk meninggi ke arah timur. Untuk teras yang paling tinggi, Anda akan melihat sebuah batu besar serta dua buah candi yang mana tidak memiliki jendela ataupun pintu.

Untuk ukuran dari candi pertama yaitu berkisar 8 m x 8 m. Sedangkan ketinggiannya sendiri mencapai 9,25 meter. Sedangkan di candi kedua mempunyai ukuran yang sama, yaitu 8 m x 8 m. Dan tingginya pun juga melebihi 9 m.

Di bagian sisi candi sendiri terdapat ruangan yang memiliki hiasan makara. Hiasan tersebut tampak seperti kala. Untuk selanjutnya di halaman teras kedua Anda akan melihat struktur bangunan yang memiliki ukuran berkisar 12 m x 8 m. Selain itu terdapat umpak batu yang memiliki bentuk segi delapan.

Daya Tarik Candi Barong

Daya Tarik Candi Barong
Image Credit: Google Maps Raynardthan Pontoh

1. Keunikan Candi

Daya tarik pertama tentunya adalah keunikan dari candi itu sendiri. Candi Barong merupakan candi peninggalan agama Hindu. Candi ini memiliki bentuk yang sangat menarik. Anda akan menemukan hiasan berupa barong. Sedangkan di bagian sisi dari tubuh candi sendiri terdapat hiasan berupa kala yang begitu menarik untuk dilihat.

Di candi ini juga bisa ditemukan arca dari dewa dewi agama Hindu. Arca tersebut yaitu arca dari Dewi kesuburan yang bernama Dewi Sri. Lalu terdapat arca-arca lain seperti Dewa Wisnu, Dewi Laksmi dan juga pengiring dari Dewa Wisnu.

Daya tarik lainnya Anda juga akan menemukan hiasan kerang sayap yang sering juga di sebut dengan sankha. Kerang sayap tersebut adalah simbol dari Dewa Wisnu. Untuk bagian puncak dari bangunannya memiliki bentuk permata. Bangunan candi diperkirakan memiliki fungsi untuk melakukan aktivitas pemujaan yang berkaitan dengan permintaan subur dan cepat memiliki anak.

Untuk bagian teras tertinggi dari candi adalah halaman yang dianggap paling suci oleh umat beragama Hindu. Perbedaan antara keduanya yaitu terletak di bagian arca dan ragam. Berdasarkan dari dua hal tersebut, candi pertama diduga sengaja dibangun untuk melakukan pemujaan pada Dewa Wisnu. Sedangkan untuk bagian candi kedua di bangun untuk memuja Dewi Sri.

2. Pemandangan Sekitar yang Indah

Daya tarik berikutnya yaitu pemandangan alam yang begitu indah di sekitar area candi. Pemandangan yang indah tersebut juga menyuguhkan sensasi tersendiri bagi para pengunjung. Candi Barong memang terletak di lingkungan yang begitu asri dan juga luas. Di sekitarnya juga terdapat beberapa bukit-bukit yang indah.

Panorama alam yang sangatlah indah dipadu dengan kekayaan peninggalan sejarah tersebut adalah hal yang tentunya sangat jarang untuk bisa Anda temukan di tempat lain. Karena itulah, wajar jika candi tersebut selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu wisatawan lokal ataupun asing.

3. Fasilitas yang Lengkap

Candi Barong yang terletak di Jogja ini merupakan situs yang sangat bersejarah dan letaknya memang berdekatan dengan area pemukiman warga. Candi sengaja dikelola dan dilestarikan agar bisa dinikmati oleh para pengunjung. Karena itulah, wajar jika Anda bisa menemukan banyak fasilitas yang memadai di tempat ini.

Fasilitas yang tersedia sangatlah menunjang wisatawan yang berkunjung. Fasilitas tersebut Seperti contohnya cafetaria, restoran, penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam, kamar mandi umum, masjid dan lain sebagainya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Candi Barong
Image Credit: Google Maps ditia k

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa Candi Barong ini terletak di Dusun Candisari, Kabupaten Sleman. Bagi Anda yang berniat untuk berkunjung ke tempat ini, maka akses tersebut bisa Anda tempuh melalui Jalan Solo, untuk kemudian Anda menuju ke Prambanan.

Di bagian sisi kanan Anda akan menemukan tugu perbatasan Jawa Tengah dengan Jogja. Sedangkan di arah selatan terdapat jalan untuk menuju ke SMPN 2 Pereng. Kemudian Anda akan menemukan jalan yang cukup menanjak.

Jalan tersebut menuju ke perbukitan. Anda akan menemukan sebuah papan penunjuk dan tinggal mengikuti arah yang ditunjuk oleh papan tersebut menuju kawasan candi.

Jika Anda masih merasa bingung mengenai rutenya, maka bisa memanfaatkan Fitur Google Maps. Dengan memanfaatkan fitur tersebut Anda akan dengan mudah mengikuti rute yang telah ditunjukkan melalui layar smartphone Anda.

Tempat wisata Candi Barong termasuk dalam salah satu tempat wisata yang sangat murah di Sleman. Hal itu dikarenakan untuk bisa menikmati peninggalan sejarah berupa candi tersebut, Anda tidak dipungut biaya apapun. Para wisatawan bebas masuk tanpa harus membayar tiket terlebih dahulu. Bahkan untuk kendaraan pun Anda akan bebas biaya parkir.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Candi Barong
Image Credit: Google Maps arichels

1. Menikmati Keindahan Candi

Ada banyak sekali ragam aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika Anda berkunjung ke Candi Barong. Salah satu aktivitas tersebut tentunya yaitu menikmati keindahan dari candi itu sendiri. Situs bersejarah tersebut tentu akan membuat Anda bisa mengetahui sejarah masa lalu.

Selain itu juga Anda dapat merasakan pengalaman seru dan berbeda jika dibanding melihat atau mengunjungi tempat lain. Area candi sangat menarik untuk dijelajahi. Karena itu, pastikan Anda tidak melewatkan bagian yang ada di candi tersebut.

2. Menikmati kuliner

Seperti yang telah diulas di atas bahwa fasilitas yang terdapat di candi ini sangatlah lengkap. Salah satu fasilitas tersebut yaitu terdapat berbagai macam kafetaria dan juga restoran yang bisa ditemukan.

Dengan begitu otomatis Anda akan memiliki kesempatan untuk menikmati ragam kuliner khas Sleman yang sangat lezat. Bagi para pecinta kuliner, tentunya aktivitas ini sangatlah menyenangkan.

3. Hunting Foto

Pemandangan candi dipadu dengan pemandangan alam yang begitu indah tentu akan membuat Anda betah berada di sana. Jangan lupa untuk mengabadikan momen yang begitu mengagumkan tersebut dengan berfoto. Tidak sedikit para pengunjung yang melakukan foto prewed di candi ini.

Objek Wisata Terdekat dari Candi Barong

Objek Wisata Terdekat dari Candi Barong
Image Credit: Google Maps Aryadi Darwanto

1. The Lost World Castle

Rekomendasi tempat wisata terdekat dari Candi Barong yang pertama yaitu The Lost World Castle. Tempat wisata ini memiliki berbagai macam fasilitas yang sangat menunjang kegiatan fotografi Anda. Anda bisa menemukan spot foto berupa sepeda motor terbang, awan putih dan selain itu banyak sekali atraksi yang bisa membuat Anda betah berada di sana.

2. Agrowisata Bhumi Merapi

Berpetualang menjelajahi kekayaan alam Gunung Merapi tentunya sangatlah menarik dilakukan. Hal itu bisa Anda temukan ketika berkunjung ke Agrowisata Bhumi Merapi. Salah satu wahana menarik yang cukup populer dan disukai oleh para pengunjung ketika berada di sana yaitu Rumah Hobbit. Di tempat ini tentunya anak Anda akan merasa sangat betah.

3. Lava Tour Merapi

Wisata terdekat berikutnya yang juga tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi yaitu Lava Tour Merapi. Di tempat inilah nantinya Anda bisa merasakan ketegangan. Bagi yang hobi memacu adrenalin, maka Lava Tour Merapi sangat disarankan untuk Anda kunjungi. Selain itu tempat ini juga menyajikan pemandangan yang begitu indah yang tidak boleh untuk Anda lewatkan.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Candi Barong yang perlu untuk Anda ketahui. Bagi yang saat ini tengah bingung mencari tempat wisata menarik di Sleman, maka tidak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke candi cantik tersebut.