Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 06.00-17.30 WIB, Alamat: Jl. Candi Umbul, Perkebunan, Kartoharjo, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Pergi berwisata tentunya merupakan kegiatan yang sangatlah menyenangkan untuk dilakukan. Anda yang saat ini tengah kebingungan mencari tempat wisata menarik, maka bisa mencoba berkunjung ke Kabupaten Magelang. Kabupaten Magelang berada tak jauh dari Yogyakarta. Kabupaten tersebut memiliki objek wisata yang cukup populer, salah satunya yaitu candi Borobudur.

Namun tahukah Anda bahwa tempat wisata populer lainnya juga banyak terdapat di Kabupaten Magelang tersebut. Salah satu candi yang juga sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi yaitu Candi Umbul. Candi yang satu ini merupakan tempat yang tidak boleh untuk Anda lewatkan ketika kebetulan berada di Kabupaten Magelang.

Candi ini sendiri adalah sebuah tempat pemandian yang dulunya digunakan oleh para putra dan putri bangsawan. Di tempat tersebut terdapat pemandian air hangat dan juga permandian air dingin yang begitu menyegarkan. Untuk lebih jelasnya, berikut akan diulas mengenai sejarah, lokasi, harga tiket dan lain sebagainya terkait Candi Umbul yang perlu untuk Anda ketahui.

Sejarah Candi Umbul

Sejarah Candi Umbul
Image Credit: Google Maps Trisno Ary Budi

Candi Umbul merupakan salah satu objek wisata yang mana di sini memiliki nilai sejarah serta mempunyai ciri khas tersendiri. Di tempat tersebut terdapat dua kolam renang. Kolam pertama merupakan kolam air dingin. Sedangkan untuk kolam yang kedua adalah pemandian air panas alami. Candi tersebut terletak di Kabupaten Magelang, yaitu di Desa Kartoharjo.

Wilayah tempat berdirinya Candi tersebut memang sangatlah asri. Anda akan menemukan banyak pemandangan gunung, sawah yang begitu luas serta udara yang sangatlah sejuk. Di kawasan objek wisata tersebut dilakukan penataan pada tahun 2020. Pernyataan tersebut dilakukan secara menyeluruh, namun di sini tidak merubah peninggalan sejarah yang terdapat di candi.

Perubahan yang dilakukan hanya sebatas pada sisi fasilitas untuk membuat wisatawan merasa nyaman. Anda yang berkunjung setelah tahun 2020 ini, maka Jangan heran jika menemukan panorama yang memang jauh berbeda jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Namun oleh karena pandemi covid 19, tempat tersebut sementara sempat ditutup untuk mencegah menjamurnya virus Corona tersebut. Candi Umbul sendiri telah ada sejak beberapa ratus tahun yang lalu. Diperkirakan Candi tersebut dibangun ketika abad ke 8. Tepatnya yaitu saat masa kerajaan Mataram.

Oleh karena itulah, tak heran jika Anda akan menemukan banyak sekali sejarah yang merujuk abad ke 8 dan juga abad ke 9. Karena memang pembangunan Candi berkembang pesat ketika masa-masa tersebut. Bahkan dikenal juga masa itu dengan sebutan zaman pembangunan candi.

Daya Tarik Candi Umbul

Daya Tarik Candi Umbul
Image Credit: Google Maps Denias Susanto

1. Dua Kolam Pemandian

Candi Umbul Magelang memiliki keistimewaan sehingga membuatnya mampu membuat para wisatawan datang untuk berkunjung. Tak hanya wisatawan lokal saja, Anda juga akan menemukan beberapa wisatawan asing yang tengah menikmati bangunan-bangunan bersejarah tersebut. Candi ini merupakan candi peninggalan hindu kuno.

Di candi ini Anda akan menemukan dua kolam kuno yang merupakan tempat pemandian yang dulunya digunakan para putra dan putri bangsawan. Anda akan menemukan batuan situs sejarah yang terletak di tepian kolam. Batuan tersebut menggambarkan berbagai macam relief binatang, tumbuhan serta stupa di bagian puncaknya.

Dua kolam pemandian tersebut sangatlah bersejarah. Mandi di tempat ini tentunya akan memberikan sensasi yang berbeda jika dibandingkan dengan Anda mandi serta berenang di kolam pada umumnya. Anda akan merasakan sensasi mandi seperti halnya kaum bangsawan yang hidup di abad ke 8 dan ke 9.

Perlu untuk Anda ketahui, bahwasannya air panas yang ada di kolam ini bersumber dari mata air yang ada di candi ini. Di sisi kolam Anda bisa menemukan terdapat beberapa arca dan juga bebatuan yang sangatlah bersejarah.

2. Panorama Alam yang Indah

Daya tarik berikutnya yang ditawarkan oleh Candi Umbul yaitu panorama alam sekitar yang begitu indah. Setelah dilakukan penataan, objek wisata ini memang menjadi salah satu tujuan wisata keluarga yang begitu menarik, edukatif dan juga nyaman.

Di tempat tersebut Anda akan menemukan banyak sekali spot-spot yang begitu nyaman untuk dapat menikmati panorama alam sekitar. Sambil lalu Anda bersantai, Anda juga bisa menikmati hawa sejuk dari pepohonan yang tumbuh di sana. Spot-spot yang telah ditata rapi oleh petugas pengelola antara lain yaitu:

  • Beberapa gazebo dengan ukuran besar dan ukuran kecil
  • Jalur trekking yang sangatlah nyaman untuk dilalui, serta terdapat lampu-lampu indah menghiasinya.
  • Menara pandang yang tampak begitu nyaman cocok untuk digunakan bagi Anda untuk bisa menikmati panorama alam sekitar.

3. Lapangan Rumput

Daya tarik berikutnya yang juga membuat banyak wisatawan merasa betah yaitu adanya lapangan rumput. Lapangan rumput tersebut tampak seperti taman yang terawat dengan sangat rapi. Tempat yang satu ini bisa dipakai bagi Anda untuk melakukan piknik keluarga ataupun melakukan aktivitas lain bersama dengan sahabat, teman ataupun keluarga Anda.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Candi Umbul
Image Credit: Google Maps Dian Atika

Untuk Anda yang tertarik berkunjung ke Candi Umbul yang merupakan wisata populer di kota Magelang ini, maka Anda bisa mengunjungi Desa Kartoharjo. Bangunan bersejarah ini terletak di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Jika Anda berangkat dari kota Magelang, maka nantinya perlu menempuh perjalanan yang memerlukan waktu sekitar setengah jam.

Jarak candi tersebut dari Kota Magelang sekitar 19 km. Jika disini Anda masih bingung untuk menemukan lokasinya, maka bisa menggunakan bantuan Google Maps untuk lebih memudahkan. Sebelum berangkat, Anda perlu mengetahui jam operasional dari candi terlebih dahulu. Candi ini dibuka pada pukul 6 pagi dan akan segera ditutup ketika sudah menjelang pukul 17.30.

Untuk harga tiket masuknya sendiri memang terbilang cukup terjangkau. Jika dibandingkan dengan tempat wisata lain, maka harga tiket di sana sangatlah murah. Anda hanya perlu membayar uang masuk sebesar Rp 5.000 saja untuk tiap orangnya.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Candi Umbul
Image Credit: Google Maps Cahaya Rohmad

Setelah dilakukan perbaikan pada tahun 2020, fasilitas yang dimiliki oleh Candi Umbul memang semakin lengkap dan menunjang berbagai macam aktivitas para pengunjung. Beberapa fasilitas yang disediakan di tempat tersebut seperti contohnya toilet umum, kamar mandi, mushola dan juga warung makan.

Warung makan yang ada di kawasan candi menyediakan berbagai macam menu yang begitu lezat. Bagi Anda yang ingin bermalam di tempat tersebut juga terdapat beberapa penginapan. Harga dari penginapan pun juga tergolong cukup terjangkau dengan fasilitas yang juga memadai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Candi Umbul
Image Credit: Google Maps Denias Susanto

1. Mandi dan Berendam

Ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika mengunjungi Candi Umbul. Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan dan merupakan hal wajib yang perlu dilakukan yaitu mandi dan berendam. Kawasan candi ini memiliki 2 kolam pemandian. Terdapat pemandian air dingin dan pemandian air panas.

Mandi dan berendam di kolam itu tentu akan terasa berbeda sensasinya jika Anda mandi di pemandian umum lain. Kolam-kolam tersebut merupakan peninggalan para bangsawan di abad ke 8. Sehingga dengan begitu Anda akan merasakan seolah tengah menjadi bangsawan yang menikmati waktu bersantai di kolam. Pengalaman tersebut tentunya tidak boleh untuk Anda lewatkan.

2. Menjelajahi Area Candi

Seperti yang telah disebutkan di atas, pemandangan sekitar candi sangatlah asri dan indah. Anda tidak boleh melewatkan hal tersebut ketika berada di tempat ini. Selain itu juga spot yang telah disediakan dan dikelola dengan baik oleh petugas akan membuat Anda merasa nyaman ketika berada di sana. Bersantai sambil lalu duduk di gazebo yang disediakan merupakan ide yang menarik.

3. Hunting Foto

Untuk aktivitas yang satu ini memang pasti akan dilakukan oleh setiap wisatawan yang berkunjung ke Candi Umbul. Terdapat banyak sekali spot menarik untuk dijadikan latar belakang bagi Anda yang ingin berfoto dan mengabadikan momen. Untuk memperoleh gambar yang bagus, Anda bisa datang saat sore hari. Karena pemandangan matahari tenggelam akan memperelok hasil jepretan Anda.

Objek Wisata Terdekat dari Candi Umbul

Objek Wisata Terdekat dari Candi Umbul
Image Credit: Google Maps prestigio ahmad

1. Candi Borobudur

Wisata terdekat pertama dari Candi Umbul yaitu candi Borobudur. Tentunya semua dari Anda sudah tidak asing lagi dengan candi Budha terbesar yang ada di dunia tersebut. Candi ini dibangun ketika masa Mataram kuno, yaitu sekitar abad ke 7 hingga abad ke 8. Oleh karena megahnya candi yang satu ini menjadikan tempat tersebut sebagai salah satu keajaiban dunia.

2. Candi Selogriyo

Untuk rekomendasi tempat wisata berikutnya yaitu Candi Selogriyo. Candi ini terletak di kawasan terpencil Bukit Condong. Tepatnya yaitu berada di Desa Candisari, Kecamatan Windusari. Candi yang satu ini adalah peninggalan purbakala dan menurut perkiraan dibangun ketika masa berkembangnya agama Hindu di Mataram kuno. Berkunjung ke tempat tersebut akan menawarkan pengalaman seru.

3. Candi Pawon

Wisata yang terakhir masih berupa candi, yaitu Candi Pawon. Candi ini memang memiliki ukuran kecil, namun fasilitas yang terdapat di tempat tersebut sangatlah langka. Anda akan menemukan area parkir, toilet serta penjual makanan di sekitar area candi. Dengan begitu aktivitas Anda saat berada di sana akan benar-benar ditunjang dengan baik.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Candi Umbul yang terletak di Kabupaten Magelang. Ketika Anda kebetulan berkunjung ke kabupaten tersebut, maka jangan lewatkan keseruan mandi air panas di kolam candi. Berlibur bersama keluarga di tempat tersebut merupakan ide menarik yang perlu untuk di lakukan.