Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kedatan, Andungbiru, Kec. Tiris, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Candi Kedaton berkaitan dengan cerita sejarah Kerajaan Majapahit yang sempat mencapai masa kejayaan. Cerita budaya yang masih kental membuat candi memiliki keunikan ketika dikunjungi. Mulai zaman dahulu hingga sekarang pengelola tetap mempertahankan bangunan lama dari Candi itu.

Batu yang menyusun Candi dengan motif ukiran berbeda semakin menarik minat pelancong. Datang kesana dapat membuat Anda merasa kagum karena masih ada sisa artefak yang langka. Peninggalan itu memang wajib dilestarikan oleh pengelola serta para tamu.

Selain menikmati Candi yang berdiri kokoh di Probolinggo ini, sebagian orang selalu mengambil kamera dan memotret obyek. Bentuk kuno yang dihasilkan dari wisata sejarah tersebut mampu memikat hati dengan hasil foto yang cantik. Apalagi setiap spot juga menawarkan peninggalan berbeda.

Daya Tarik Wisata Candi Kedaton

Daya Tarik Wisata Candi Kedaton
Image Credit: Google Maps Okik Surwandi

1. Nilai Sejarah

Candi Kedaton dinilai menyimpan cerita sejarah yang berkaitan dengan kerajaan Majapahit. Destinasi sejarah ini pernah digunakan sebagai tempat singgah orang yang mempunyai kedudukan tinggi pada kerajaan itu. Bangunan tersebut diketahui sudah lama berdiri sejak abad ke 14. Nama dari Candi pun memiliki makna singgasana keturunan dari raja saat itu.

Pada zaman kepemimpinan Raja Hayam Wuruk Candi itu sudah berdiri dengan kokoh. Nilai sejarah yang terkenang sepanjang masa membuat pengelola selalu melestarikan tempat ini. Traveller yang suka belajar sejarah cocok datang ke Candi bersama rombongan kerabat. Anda juga dapat membaca papan tulisan di bagian depan wisata untuk mengetahui sejarah.

2. Bentuk Relief

Relief yang ada di Candi Kedaton diketahui memiliki bentuk menyerupai Arjuna. Selain itu ada pula nilai sejarah yang bisa dipelajari dari relief Bathara Syiwa yang menjelma sebagai Ardhanariswara. Bentuk relief yang ada pada Candi kurang lebih ada sekitar 30. Relief menyerupai bentuk asli karena diukir pada batu oleh orang zaman dahulu dengan teliti.

BACA JUGA:  Benteng VOC Kalimo'ok - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Pelancong kerap mengabadikan bentuk relief yang unik memakai kamera dari ponsel. Jika dipelajari lebih lanjut Anda dapat memperoleh informasi atau makna yang lebih lengkap terkait relief itu. Sampai sekarang bentuk dari relief tidak pernah diubah sedikit pun. Tak hanya itu, penambahan dari gambar relief juga tidak ada jadi masih tampak unik dan kuno.

3. Peninggalan dan Artefak

Bangunan Candi Kedaton sangat luas mencapai 1.075 meter persegi dengan dikelilingi beberapa artefak. Tamu bisa melihat bentuk artefak seperti emas, gerabah, keramik, arca, kerangka manusia, serta mata uang. Artefak itu memiliki cerita sejarah yang tersimpan. Semua orang pasti terkesima dengan bentuk artefak karena tidak akan ditemui di lainnya.

Jika beranjak ke bagian paling barat, Anda bisa menemukan peninggalan purbakala. Disana terlihat umpak-umpak yang besar dan banyak. Wisatawan juga dapat menikmati arsitektur dari Candi yang disusun dari batu pilihan serta terlihat kokoh. Semua peninggalan dan artefak wajib dijaga oleh semua tamu untuk melestarikan nilai sejarah dari bangunan ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Candi

Rute Menuju Lokasi Candi Kedaton
Image Credit: Google Maps wigit kristianto

Keberadaan area candi terletak di Dusun Kedaton, Probolinggo, Jawa Timur. Pengunjung yang tertarik dengan sejarah dari Candi ini tentu bisa menyiapkan waktu luang. Meskipun letaknya tidak berada di pinggir jalan raya, tetapi cukup mudah dijumpai. Warga di Dusun juga siap memberi rute jalan bagi pelancong yang pergi ke Candi.

Pusat Probolinggo yang dekat dengan beberapa kota besar lainnya membuat perjalanan tidak susah. Para tamu dapat melipir ke Jalan Raya Lawang Kedaton sambil memperhatikan papan petunjuk. Dari rute itu Anda bisa menuju Jalan Raya Pesawahan dan lurus sampai Jalan Raya Ps Klenang. Lalu belok ke Jalan KH Ilyas dengan waktu 30 menit menuju Candi.

Para tamu bisa pula datang dari Pabrik Gula Pajarakan dengan estimasi 30 menit. Jika dari rute ini Anda perlu lurus sampai masuk Jalan Raya Condong. Telusuri Jalan Raya Lawang yang mulai dekat dengan lokasi dari bangunan bersejarah ini. Sebenarnya banyak sekali rute yang sudah ada disana dengan aspal yang tidak rusak, wisatawan boleh memilih jalan sesuka hati.

BACA JUGA:  Masjid Kemayoran Surabaya - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Harga Tiket Masuk Candi Kedaton

Harga Tiket Masuk Candi Kedaton
Image Credit: Google Maps pungki nugroho

Masuk ke Candi Kedaton dikenal terjangkau dengan biaya gratis. Situs bersejarah ini memiliki makna serta pengelolaan yang baik meskipun tidak ada tiket masuk. Pengembangan dari wisata juga sudah dilakukan untuk membuat candi semakin unik. Berlibur kesana sambil mengajak keluarga dan teman tentu tidak membuat kantong kering.

Tergolong sebagai kawasan wisata yang dilindungi membuat Candi belum memiliki warung. Bagi yang suka berkuliner harus menyebrang ke sudut jalan untuk membeli snack. Biaya makan yang diperlukan selama liburan di sekitar candi cukup murah. Disana juga tidak perlu membayar uang lagi jika ingin bersepeda atau bermain di area taman Candi tersebut.

Wisatawan yang bertanya terkait dengan parkir kendaraan tenang saja karena destinasi telah menyiapkan budget yang begitu terjangkau. Mulai Rp 2.000 untuk sepeda hingga Rp 5.000 per mobil membuat lahan tidak pernah sepi dipadati kendaraan. Belajar nilai sejarah yang dimiliki Candi sambil menikmati kunjungan seru tentu membuat kantong tamu hemat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Candi Kedaton
Image Credit: Google Maps Candy Ardhana

1. Keliling Candi Kedaton

Luas Candi yang mencapai ribuan meter persegi membuat wisata cocok dikelilingi. Traveller yang berjalan kaki atau bersepeda mengitari kawasan candi dan bisa melihat bangunan dari jarak dekat. Batu yang membentuk Candi dengan relief yang diukir membuat semua mata takjub. Biasanya ada yang sengaja menyewa jasa tour guide untuk menjelaskan informasi destinasi.

2. Melihat Sumur Upas

Candi Kedaton memiliki spot yang dikenal dengan sumur upas. Keberadaan dari sumur memang sudah sejak dahulu dan air yang ada disana diketahui menyimpan kadar racun. Air itu dipakai untuk mencuci benda pusaka zaman kerajaan. Pengunjung yang ingin melihat langsung bangunan sumur upas dapat mampir kesana karena masih satu area dengan Candi.

3. Memotret Obyek

Obyek dari bentuk Kedaton yang masih kuno memberi potret foto yang menakjubkan. Traveller dari daerah manapun yang sengaja datang ke Candi tidak pernah lupa mencari obyek antik. Artefak yang begitu melimpah di dalam destinasi juga wajib dipotret. Semua keunikan dari wisata sejarah dijamin akan menghasilkan potret yang mengesankan.

BACA JUGA:  Museum Tubuh - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

4. Belajar Sejarah

Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa liburan ke tempat sejarah tentu akan memberi wawasan luas. Para tamu yang belum pernah mendengar cerita dari Candi Kedaton bisa bertanya ke pihak petugas. Tak hanya itu, pada area ini juga telah menyediakan sejumlah papan informasi terkait Candi. Sehingga belajar sejarah dapat dilakukan selama berkunjung.

5. Melepas Penat

Peninggalan bersejarah ini yang menawarkan bangunan estetik dengan dikelilingi pesona alam mampu memberi kenyamanan tersendiri. Berada disana selama satu hari penuh tidak akan bosan karena tempat yang rindang. Pelancong yang bersantai akan ditemani udara bersih yang berhembus. Nikmati duduk di kursi dekat Candi sambil membawa makanan ketika bersantai.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Kedaton

Fasilitas Candi Kedaton
Image Credit: Google Maps Wahyu Pria Purnama

Pengelola telah menyiapkan fasilitas Candi Kedaton secara lengkap serta selalu diperbaiki jika ada yang rusak. Jika mencari warung makan atau pedagang yang menjual snack dapat melipir ke depan Candi. Wisata yang dijaga dengan baik ini tidak membuka kios di dekat Candi untuk menjaga tempat tetap bersih. Lahan parkir tentu telah tersedia dekat wisata.

Toilet milik destinasi boleh dipakai oleh siapapun tanpa mengeluarkan budget. Papan yang memuat informasi tentang sejarah singkat candi mudah dibaca oleh wisatawan. Tempat foto serta bersantai pun sudah lengkap disana dengan pemandangan utama berupa bentuk Candi dan relief. Bagi yang mencari kursi juga tidak akan sulit selama liburan ke area ini.

Pengelola candi sudah menyiapkan fasilitas berupa mushola yang dekat dari tempat rekreasi. Lalu spot bangunan kuno yang menarik juga ada seperti sumur upas yang membuat kunjungan semakin lengkap. Tempat sampah sengaja disediakan untuk menjaga lingkungan. Beberapa fasilitas yang telah disebutkan diharap membuat traveller lebih betah.

Itulah sekilas mengenai Candi Kedaton yang populer karena mempunyai cerita sejarah. Keberadaan dari destinasi tentu membuat semua orang menjadi paham dengan peninggalan kerajaan yang perlu dilestarikan. Berkunjung kesana bersama kerabat akan menambah wawasan. Selain itu Anda bisa melihat secara jelas ukiran dari relief Candi.