Harga Tiket: Rp 30.000, Jam Operasional: 09.00-18.00 WIB, Alamat: Drajat, Kec. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Museum Sunan Drajat merupakan objek wisata religi yang sering dikunjungi para wisatawan. Juga merupakan saksi sejarah peninggalan dalam menyebarkan agama Islam pada masa Wali Songo. Berada pada kabupaten Lamongan yang memiliki banyak tempat-tempat untuk berziaroh. Makam yang ada sering dikunjungi para peziaroh terutama santri.

Bangunan ini awalnya sebagai tempat latihan para santri dalam menjaga keamanan, atau dibilang sebagai latihan para prajurit Sunan Drajat. Kemudian saat ini menjadi sebuah bangunan yang menyimpan benda-benda bersejarah Sunan Drajat. Lokasi religi ini kerap menjadi tempat berdakwa Islam. Didalamnya mengenalkan pada masyarakat tentang perkembangan Islam.

Sudah mulai dibuka pada tanggal 30 Maret 1992 dengan ekspektasi supaya masyarakat tetap dapat mengingat sejarah Islam. Terutama sangat penting bagi masyarakat Lamongan yang semestinya paham tentang penyebaran agama Islam di wilayahnya. Tentunya, keberadaan sebuah museum bersejarah ini dapat menjadi edukasi tersendiri.

Koleksi Museum Sunan Drajat

Koleksi Museum Sunan Drajat
Image Credit: Google Maps Nufahn

1. Bedug

Ketika tiba dilokasi Anda akan langsung dapat melihat Bedug peninggalan sejarah kuno Sunan Drajat. Konon, bedug cantik ini pernah menjadi bedug yang sering dimanfaatkan di masjid Al-Mubarak. Keberadaan bedug ini diduga sudah ada sejak abad 15. Kemudian ditaruh ke Museum hits ini sejak tahun 1992.

Yang menarik lagi bahan bedug tidak hanya terbuat dari bahan kayu biasa. Melainkan bahan kayu itu yakni dari pohon cabai. Tentunya pohon cabai yang dimaksud adalah pohon cabai pada jaman kuno. Yang mana memiliki ukuran yang berbeda dengan pohon cabai jaman sekarang. Wallahua’lam.

2. Gamelan

Selain bedug, daya tarik yang dimiliki oleh Museum Sunan Drajat ini yaitu alat music yang masih sangat tradisonal. Berupa alat music satu set Gamelan Singo Mengkok yang terbuat dari bahan kayu. Tidak hanya kayu, berbahan besi dan bamboo juga menjadikan daya tarik yang unik. Adanya ukiran bermotif singa duduk dengan posisi siap menerkam.

BACA JUGA:  Candi Kidal - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Filosofi singa duduk ini yakni lambang kearifan, nafsu, kelembutan serta katanya merupakan kesempurnaan manusia. Dulunya gamelan ini merupakan akulturasi antara kebudayaan Budha-Hindu serta Islam.

3. Kitab Al-Qur’an

Koleksi di Museum Sunan Drajat
Image Credit: Google Maps mux mux

Terdapat sebuah Al-Qur’an kuno yang menjadi daya tarik pengunjung. Selain menjadikan Anda berwawasan lokasi ini juga menjanjikan bukti sejarah yang nyata. Al-Qur’an ini dulunya sangat sering digunakan oleh Sunan Drajat untuk mengaji. Jenis-jenis bahan AlQur’an pun beragam dan unik.

Seperti ada yang dari bahan serat tumbuhan dan dari kulit hewan yakni hewan sapi. Al-Qur’an ini tentunya tersimpan rapi didalam sebuah etalase kaca. Supaya tetap terjaga keutuhan bahan dan kualitas bahan. Kemudian agar pengunjung dapat melihat secara jelas dan puas.

4. Kain Tenun

Benda unik yang menjadi daya tarik lainnya di Museum Sunan Drajat yakni kain tenun. Kain ini merupakan peninggalan sejarah Sunan Drajat yang menjadi koleksi Beliau. Selembar kain tenun yang bermotif singa dan burung phoenix begitu terlihat anggun. Dengan sajian warna yakni niru tua, yang tentunya dulu digunakan oleh Sang Sunan.

Setelah mengetahui tentang adanya kain tenun ini, tentu akan menjadi edukasi sejarah bagi Anda. Masih banyak benda-benda yang menjadi saksi peninggalan sejarah penyebaran agama Islam yang dapat Anda temui di museum hits ini. Tidak akan rugi menjadi pengunjung yang dapat menyaksikan kain tenun yang cantik ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Sunan Drajat
Image Credit: Google Maps Supri Yatno

Museum Sunan Drajat berlokasi di Kabupaten Lamongan yang tentunya mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dengan kecamatan Paciran, desa Drajat yang menjadi alamat lengkapnya.

Lokasi ini berada pada kawasan makam Sunan Drajat yang menjadi tempat ziaroh para wisatawan terutama santri. Apalagi lokasi Jawa Timur sangat terkenal dengan kota santri, julukan kota santri ini adalah Kabupaten Jombang.

Jika Anda menjadi pengunjung yang belum pernah sama sekali berkunjung, maka lebih baik menggunakan google maps untuk melihat rute yang dekat. Tentu saja lokasi ini sudah terdeteksi oleh google maps. Ketik saja alamat lengkapnya dan pastikan Anda mengaktifkan akses lokasi Anda.

Harga Tiket Masuk Museum Sunan Drajat

Harga Tiket Masuk Museum Sunan Drajat
Image Credit: Google Maps Supri Yatno

Setiap objek wisata tentunya memiliki harga tiket masuk yang beragam tergantung pihak pengelola. Untuk museum yang hits ini, harga tiket masuk dibandrol yakni Rp. 25,000 sampai dengan Rp 30.000 per orangnya. Harga yang tentunya terbilang royal dibandingkan destinasi yang tersaji begitu mahal pengetahuan dan wawasannya.

BACA JUGA:  Museum Probolinggo - Sejarah, Koleksi, Lokasi & Ragam Aktivitas

Harga tiket Museum Sunan Drajat ini dapat berubah tergantung pada pihak pengelola, jadi akan ada baiknya bila Anda ingin berkunjung hubungi cel center di nomor 02624893062. Atau Anda dapat pula menelpon nomor yang lain yakni 085223165252.

Tentunya harga tiket masuk ini sudah termasuk wahana kolam renang, dan beberapa wahana yang ada sudah dapat Anda nikmati. Memasuki lokasi ini jangan lupa membawa uang ribuan untuk jaga-jaga bila Anda ingin infak ke kotak amal di kamar mandi, atau di area parkir.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Museum Sunan Drajat
Image Credit: Google Maps MSQ

1. Hunting Foto

Selain objek wisata alam yang kerap kali menjadi background foto, maka Museum Sunan Drajat juga sangat menarik untuk berburu foto. Foto yang dihasilkan akan lebih kece dan kekinian. Dengan kisah sejarah yang menjadi pusat daya tarik public. Terutama barang-barang yang tersedia merupakan saksi sejarah.

Kegiatan hunting foto akan menjadi tidak biasa lagi bahkan sangat mengesankan dalam momen berkunjung. Bagaimana tidak hunting foto yang tidak perlu rawa-riwi sebab setiap sudutnya sangat unik dan menarik untuk berselfie.

Kecantikan bangunan juga tak kalah apik dalam bentuknya. Terdapat benda-benda sejarah seperti bedug, kain tenun, kitab suci Al-Quran dan masih banyak lagi, dapat Anda gunakan dalam background hunting foto. Jika berkunjung jangan lewatkan kegiatan hunting foto ini.

2. Penelitian

Sebagai tempat yang menyimpan barang dan benda-benda yang bersejarah maka tak heran lokasi Museum Sunan Drajat ini menjadi tempat penelitian. Terutama bagi para pelajar yang memiliki hoby di bidang sejarah.

Kegiatan penelitian dapat dilakukan bersamaan dengan berlibur dengan suasana yang apik dan mengesankan. Berlibur kali ini tidak melulu berekreasi tetapi juga beredukasi. Berwawasan yang luas dengan pengetahuan peradaban Agama Islam.

BACA JUGA:  Candi Badut - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Penelitian dapat juga meningkatkan keimanan seorang mukmin jika yang dihasilkan merupakan hal positif. Tentu saja peninggalan yang tersedia merupakan hal yang realitis yang patut diabadikan. Sebagai seorang muslim akan sangat senang bisa menyaksikan keindahan kitab suci Al-Quran kuno yang masih ori.

3. Berekreasi

Beberapa tempat yang cocok untuk berekreasi memang cantik dan menawan seperti wisata alam. Namun jangan hanya itu saja, kadang Anda perlu mencicipi berekreasi ke Museum Sunan Drajat yang hits ini. Berekreasi juga beredukasi adalah judul yang tepat untuk perjalanan Anda.

Wawasan yang begitu melimpah tersaji dalam museum yang cantik ini. Apalagi bila Anda memboyong anak-anak dan keluarga Anda. Rekreasi sekaligus menambah mengajari anak-anak tentang sejarah penyebaran Islam. Lokasi ini sangat cocok sebagai sarana pembelajaran.

Alih-alih hanya berekreasi, Anda juga dapat membuat cerita yang unik dalam perjalanan hidup Anda dengan mengetahui kisah yang pernah ada. Kegiatan berekreasi akan menyenangkan dan membuat siapa saja yang datang menjadi terkesan.

Fasilitas yang Tersedia di Museum Sunan Drajat

Fasilitas di Museum Sunan Drajat
Image Credit: Google Maps mux mux

Memiliki fasilitas yang memadai dan tentunya dapat menyenangkan pengunjung. Museum Sunan Drajat memiliki fasilitas yang lengkap. Yakni terdapat area parkir, kamar mandi, mushola, warung makanan dan minuman, dan masih banyak lagi. Fasilitas yang tersedia merupakan upaya membuat pengunjung nyaman.

Tidak hanya itu saja, fasilitas disini tentunya selalu melakukan revisi pembenahan. Sudah dapat dipastikan fasilitas yang ada akan membuat Anda tidak susah ketika berkunjung. Kondisi jalan yang mudah diakses juga menjadi fasilitas yang dapat Anda rasakan.

Tentunya fasilitas perlengkapan isi museum juga merupakan upaya mencukupi kebutuhan penelitian Anda. Fasilitas yang ada dapat Anda manfaatkan sebaik mungkin. Dan berusahalah jangan sampai merusaknya. Bahkan bila Anda berkunjung membawa sebuah bekal, maka buanglah sampah pada tempat sampah yang telah disediakan.

Museum Sunan Drajat merupakan objek wisata religi yang menarik untuk dikunjungi bagi siapapun. Berada di Kabupaten Lamongan yang sudah dipastikan berada diantara objek wisata cantik lainnya. Namun menjadikan lokasi ini sebagai tempat yang Anda pilih untuk berlibur adalah hal yang menguntungkan.