Salah satu kabupaten yang ada di Indonesia dan dikenal memiliki banyak sekali candi, yaitu Kota Malang. Kota yang berada di Provinsi Jawa Timur ternyata selain memiliki destinasi wisata favorit, tempat ini juga dikenal memiliki banyak sekali candi.

Anda yang sangat gemar sekali dengan wisata sejarah, maka sangat direkomendasikan untuk datang ke Kota Malang. Hawa kota tersebut memang dikenal sejuk, selain itu juga kuliner yang ada di sana akan membuat Anda merasa betah seharian.

Malang merupakan salah satu pusat pemerintahan dari Kerajaan Singosari, maka dari itulah, wajar jika tempat ini memiliki peninggalan berupa candi. Kerajaan Singosari merupakan pecahan dari Kerajaan Kediri yang didirikan pada tahun 1222 masehi oleh Ken Arok. Anda yang merasa penasaran apa saja candi yang ada di sana, berikut akan diberikan daftarnya.

1. Candi Singosari

Candi Singosari
Image Credit: Twitter Ami Ganatra

Rekomendasi candi yang pertama patut untuk Anda kunjungi yaitu Candi Singosari. Candi Singosari tersebut adalah salah satu candi yang memang sangat terkenal di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Nama dari candi yang diambil dari nama lokasi tersebut yaitu Singosari.

Candi Singosari merupakan candi peninggalan Hindu Budha, candi tersebut berdiri sekitar abad ke 12. Candi yang satu ini memang didedikasikan pada raja terakhir dari Kerajaan Singasari yang mana beliau tewas di dalam serangan yang dilakukan oleh pasukan Gelang-Gelang. Di area sekitar candi, Anda akan menemukan banyak arca hindu.

Tapi anehnya, candi dibangun dengan perpaduan budaya dari Budha dan Hindu. Yang mana hal tersebut merupakan dua agama besar di Kerajaan Singasari saat itu. Lokasi dari Candi Singosari itu sendiri berada tak jauh dari pusat Kota Malang. Jaraknya yaitu 10 km ke arah Surabaya, tepatnya berada di Kecamatan Singosari, Desa Candirenggo.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tunggul Ametung No.4, Candirenggo, Kec. Singosari, Kab. Malang, Jawa Timur.

2. Candi Sumberawan

Candi Sumberawan
Image Credit: Google Maps ayu dina77

Untuk candi berikutnya yaitu Candi Sumberawan. Candi Sumberawan adalah candi yang mana memiliki corak agama Buddha. Candi tersebut hanyalah berupa stupa saja dan terletak di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari. Bagi Anda yang pernah menuju ke Gunung Arjuna, maka candi ini berada di area kaki gunung tersebut.

Candi Sumberawan terletak sejauh 6 km dari Candi Singosari. Pada tahun 1904 candi ini baru saja ditemukan dan akhirnya dilakukan pemugaran ketika tahun 1934. Ketika itu tempat ini sudah tampak bagus setelah dilakukan pemugaran dan selanjutnya masuk ke dalam area cagar alam Kota Malang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bodean Krajan, Toyomarto, Kec. Singosari, Kab. Malang, Jawa Timur.

3. Candi Jago

Candi Jago
Image Credit: Google Maps E.A.P.

Lokasi dari Candi Jago berdekatan dengan area Candi Kidal. Kedua candi tersebut berada di Kecamatan Tumpang, Kota Malang. Candi yang mana di sini merupakan peninggalan dari Kerajaan Singosari tersebut sudah berdiri sejak abad ke 13 Masehi. Bangunan candi jago memang tidaklah utuh lagi, karena dulunya sempat tersambar oleh petir.

Anda yang kebetulan ingin mengunjungi Gunung Bromo, maka sebaiknya sangat disarankan untuk mampir ke Candi Jago tersebut. Lokasi dari candi ini terdapat di area tengah Kecamatan Tumpang. Dan tempat tersebut memang salah satu meeting point ketika seseorang ingin menuju ke Gunung Bromo.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wisnuwardhana, Ronggowuni, Tumpang, Kec. Tumpang, Kab. Malang, Jawa Timur.

4. Candi Bocok

Candi Bocok
Image Credit: Google Maps Sepasangcarrier com

Rekomendasi candi berikutnya yang terdapat di kota Malang yaitu Candi Bocok. Candi tersebut memang memiliki bentuk yang tidak terlalu istimewa dan cenderung biasa saja. Candi tersebut berada di Arca Siwa dan bentuknya terbilang sangatlah detail. Itu merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki Candi Bocok.

Arca Siwa yang ada di candi ini dulunya pernah dicuri, tapi saat ini arca tersebut sudah kembali ditemukan dan akhirnya di jaga dengan sangat baik oleh juru kunci candi tersebut. Candi Bocok adalah salah satu candi peninggalan Majapahit yang ketika itu masih dipimpin oleh Prabu Hayam Wuruk.

Nama candi diambil dari dusun tempat candi tersebut ditemukan, yaitu Dusun Bocok, Desa Pondok Agung. Anda yang kebetulan berada di Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, maka jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Candi Bocok tersebut.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bocok, Pd. Agung, Kec. Kasembon, Kab. Malang, Jawa Timur.

5. Candi Badut

Candi Badut
Image Credit: Google Maps Dodi Dodi

Diperkirakan Candi Badut ini sudah ada ketika tahun 760 Masehi. Lokasi dari candi ini terdapat di Kota Malang, tepatnya yaitu berada di kecamatan DAU, Kabupaten Malang. Candi tersebut merupakan peninggalan dari Agama Hindu, Kerajaan Kanjuruhan ketika berada di bawah pimpinan Prabu Gajayanan.

Awal kali ditemukan candi ini pada tahun 1921. Pada saat itu yang menemukannya adalah seorang yang berasal dari Belanda. Candi ini terletak di dalam sebuah kompleks yang tertata dengan begitu rapi dan bersih.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Candi V No.5D, Doro, Karangwidoro, Kec. Dau, Kota Malang, Jawa Timur.

6. Candi Songgoriti

Candi Songgoriti
Image Credit: Google Maps Ye Rachmanda

Candi Songgoriti memiliki nama lain yaitu Candi Sukuh. Candi tersebut berada di daerah Batu, tepatnya itu di daerah Songgoriti. Candi yang satu ini adalah peninggalan dari raja pertama dari Kerajaan Medang, yaitu Mpu Sindok. Candi tersebut awal kali ditemukan oleh Van I Isseldijk yang merupakan seorang arkeolog Belanda di tahun 1799.

Lokasi dari candi Songgoriti memang terbilang mudah untuk Anda temukan, karena candi tersebut berada di area kompleks pemandian air panas. Jika Anda berkunjung ke taman rekreasi Tirta Nirwana, maka candi tersebut berada tidak jauh dari wilayah tersebut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Songgoriti, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

7. Candi Kidal

Candi Kidal
Image Credit: Google Maps Cah Ndableg Areq Mberjambe

Rekomendasi candi selanjutnya yang patut untuk Anda kunjungi yaitu Candi Kidal. Candi tersebut adalah salah satu candi peninggalan dari Kerajaan Singosari serta mempunyai corak sama seperti halnya Candi Singosari yaitu memiliki corak Hindu dan Budha. Candi ini dibangun kira-kira pada abad ke 12.

Pembangunan dari Candi Kidal adalah bentuk penghormatan pada Raja Anusapati, Dimana saat itu raja tersebut memimpin Singosari selama kurang lebih 2 dekade, yaitu sekitar tahun 1227 hingga tahun 1248 Masehi.

Raja Anusapati itu sendiri meninggal oleh karena dirinya dibunuh oleh Panji Tohjaya, karena saat itu ia menganggap dirinya lebih berjasa besar pada majunya Kerajaan Singasari pada saat itu. Candi Kidal umumnya sering didatangi oleh pengunjung yang pulang dari arah Gunung Bromo, dimana candi tersebut berada di Desa Rejo Kidul, Kabupaten Malang.

Untuk Anda yang kebetulan berkunjung ke Kecamatan Tumpang, jangan lewatkan kesempatan berada di Candi Kidal. Terlebih bagi wisatawan yang memang gemar sekali mendatangi tempat wisata sejarah seperti candi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya, Panggung, Kidal, Kec. Tumpang, Kab. Malang, Jawa Timur.

8. Candi Telih

Candi Telih
Image Credit: Google Maps Syamsul Arifin

Dusun Dono Gragal, Desa Donowarih juga memiliki candi dengan bentuk yang cukup unik dan merupakan candi yang sudah berumur lama, candi tersebut bernama Candi Telih. Bangunan candi ini memang tidak terlampau istimewa, sehingga ketika Anda berada di sana Anda akan menemukan sedikit pengunjung yang datang.

Candi tersebut mempunyai tinggi hanya kurang lebih 2 meter saja dan letaknya memang terbilang cukup terpencil. Jarak dari desa terdekat yaitu sejauh 4 km saja. Bangunan dari candi ini menghadap ke arah Candi Arjuna dan diperkirakan bahwasannya candi tersebut dulunya adalah tempat yang digunakan untuk bersemedi para empu pada zaman dahulu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kreweh, Gunungrejo, Kec. Singosari, Kab. Malang, Jawa Timur.

9. Candi Jawar

Candi Jawar
Image Credit: Google Maps Achmad Nur Komari

Candi yang termasuk peninggalan Kerajaan Majapahit yaitu Candi Jawar. Candi yang satu ini memang tampak begitu unik dan bentuknya hanya berupa gapura saja. Salah satu yang menjadi daya tarik dari candi tersebut yaitu lokasi candi yang memang begitu asri. Candi ini tepat menghadap ke arah Gunung Semeru.

Berada di Desa Mulyoasri, Kecamatan Ampel, perbatasan dengan Lumajang serta merupakan bagian sisi selatan timur dari Kota Malang. Keunikan lain yang dimiliki Candi Jawar yaitu bangunan candi tersebut tidak mempunyai kompleks lengkap dan Hanya berupa bangunan sendirian. Candi ini berada di area terbuka serta dipenuhi dengan rumput Hijau.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kaliputih Mulyosari, Argoyuwono, Kec. Ampelgading, Kab. Malang, Jawa Timur.

10. Candi Jawar Ombo

Candi Jawar Ombo
Image Credit: Google Maps Safitri Nurdamayanti

Candi Jawar Ombo terletak di area Desa Mulyo Asri, kota Malang, Kecamatan Ampelgading, Jawa Timur. Candi ini memang memiliki daya tarik yang membedakan antara dirinya dengan candi-candi lain. Salah satu daya tarik tersebut yaitu terletak di bagian kaki candi yang mempunyai bentuk berupa jahitan persegi panjang dan setengah lingkaran.

Komposisi batu tersebut dihiasi juga dengan relief yang mewakili punggung khidmat dan Lotus. Pintu masuk menuju ke area kuil merupakan patung batu dengan tongkat yang menurut seorang arkeolog merupakan dwarapala. Di tempat ini juga telah tersedia gads yang merupakan fitur dari Patung Dwarapala.

Perlu untuk diketahui oleh Anda di sini bahwa Patung Dwarapala merupakan patung yang biasanya Anda temukan di dalam candi yang bercorak Hindu Budha.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Argoyuwono, Kec. Ampelgading, Kab. Malang, Jawa Timur.

Itulah ulasan mengenai daftar candi yang wajib dan perlu untuk Anda kunjungi ketika berada di Malang. Tempat ini memang menyajikan beragam candi yang begitu indah, perlu untuk dijadikan salah satu daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi selama berada di Kota Malang.