11 Minuman & Makanan Khas Blitar yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Blitar

Selain mencari oleh oleh ketika menuju ke sebuah kota yang dicari lainnya adalah kulinernya. Karena kuliner di Indonesia ini sangat kaya, sayang sekali jika tak menjajalnya barang sekali ketika mampir. Kota Blitar yang merupakan wilayah di Jawa Timur selain menyimpan sejarah, juga menawarkan wisata kuliner yang menggoyang lidah.

Ketika Anda singgah atau tujuan khusus di Blitar, makanan dan minuman khas berikut bisa menjadi alternatif yang harus Anda coba. Simak ulasannya berikut.

1. Pecel Blitar

Pecel Blitar

Image Credit by Lareblitar.com

Pecel menjadi makanan yang paling mudah di jumpai di seluruh penjuru tanah air. Namun pecel Blitar harus masuk dalam daftar makanan yang paling direkomendasikan untuk Anda coba. Meskipun dari segi tampilan seperti pecel yang biasanya Anda temui, soal rasa tentunya berbeda. Pecel Blitar menggunakan sayur mayur yang juga biasanya ditemukan pada pecel seperti kacang panjang, bayam dan juga toge.

Cita rasa pecel blitar lebih kepada gurih dan tidak terlalu manis. Kacangnya juga lebih halus sehingga menghasilkan tekstur lembut di lidah. Aroma daun jeruknya cukup kuat sehingga akan menambah nafsu makan anda. Semakin nikmat dengan tambahan ikan teri dan rempeyek di atasnya. Makanan ini sangat mudah Anda temukan di tempat makan yang ada di kota Blitar dengan harga yang cukup terjangkau dan pilihan lauk yang beraneka ragam.

2. Tahu Bumbu Lawu

Tahu Bumbu Lawu

Image Credit by Gotravelly.com

Tahu Bumbu merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur dengan rasanya yang mantap. Berbahan dasar tahu dengan sambel kacang yang gurih akan membuat perut Anda keroncongan. Di Blitar Tahu Bumbu Lawu menjadi tahu bumbu yang paling populer dengan racikan bumbunya yang sangat pas. Tahu Bumbu dengan tahu goreng setengah matang kemudian ditambahkan toge dan juga lontong sebagai sumber karbohidratnya.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Jombang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Tampilannya semakin menarik dengan tambahan seledri, daun bawang dan juga kerupuk. Bumbu kacangnya yang bewarna cokelat akan disiramkan di atasnya. Meskipun memiliki tampilan yang sederhana, namun tahu bumbu yang berada di Jl. Lawu ini tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. Tempat ini juga memang telah banyak yang merekomdasikan dengan rasa khas Blitar yang sangat pas di lidah dan membuat perut kenyang.

3. Nasi Ampok

Nasi Ampok

Image Credit by Backpackerjakarta.com

Nasi ampok merupakan tradisional yang sudah ada sejak dulu dan bisa Anda temukan di Blitar. Nasi Ampok khas Blitar sangat sayang untuk dilewatkan ketika Anda ke Blitar. Nasi ampok merupakan nasi jagung yang digunakan sebagai pengganti beras. Nasi ini disandingkan dengan lauk seperti urap urap, ikan asin, dan juga sayur lodeh. Biasanya juga ditambahkan peyek kacang agar rasanya semakin lezat. Anda bisa menikmatinya di sekitar alun alun dengan harga terjangkau.

4. Es Drop

Es Drop

Image Credit by Tribunnews.com

Es Drop merupakan salah satu minuman khas Blitar yang dijajakan secara keliling.  Meskipun telah ada sejak lama hingga kini es ini tetap hits. Es Drop memiliki bentuk seperti es krim dengan bungkus kertas yang sangat khas. Dijajakan dengan menyimpannya di termos yang berwarna merah. Kuliner ini bisa Anda temukan di Makan Bung Karno dan juga tempat wisata yang lainnya. Rasanya juga cukup beragam sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan selera anda.

5. Susu Jahe Blitar

Susu Jahe Blitar

Image Credit by Foodnesia.net

Blitar termasuk kota yang memiliki hawa dingin ketika malam datang. Untuk menghangatkan tubuh, Anda bisa mencoba minuman khas yakni susu Jahe Khas Blitar. Rasanya yang nikmat memang ampuh untuk menghalau dingin yang menyergap. Jika Anda ingin menjajalnya langsung saja mendatangi para penjual STMJ yang biasanya menggunakan gerobak. Harganya juga relatif murah yakni sekitar Rp. 4 ribuan untuk satu gelas susu jahe.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Nganjuk Terbaru & Terhits Dikunjungi

6. Rujak Cingur Blitar

Rujak Cingur Blitar

Image Credit by Blitarinsomnia.blogspot.com

Rujak cingur bisa ditemukan di sejumlah daerah yang ada di Jawa Timur. Di Blitar Anda juga bisa menemukan makanan yang terdiri dari sayur dan buah buahan ini. Jangan lupakan keberadaan cingur atau lidah sapi yang membuat kudapan satu ini istimewa. Semua bahan akan dipotong potong kemudian disiram dengan sambel petis dengan racikan khusus. Rasanya yang gurih akan memanjakan lidah Anda dan membuat ketagihan.

7. Es Pleret

Es Pleret

Image Credit by Travelingyuk.com

Es Pleret merupakan minuman yang terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan menggunakan es. Minuman ini semakin menarik dengan tambahan santan dan juga santan yang membuat rasanya makin kaya. Di siang hari dan cuaca sedang terik minuman ini bisa Anda nikmati untuk menghilangkan dahaga. Penjualnya kini juga telah berinovasi dengan menambahkan isian yang lebih lengkap seperti buah dan lainnya.

8. Soto Daging Khas Blitar

Soto Daging Khas Blitar

Image Credit by Genpi.co

Soto dengan isian daging sapi bisa menjadi salah satu kuliner yang harus Anda jajal ketika ke Blitar. Salah satu tempat makan yang menyajikan soto daging unik adalah Soto Daging Bok Ireng. Soto ini memiliki daging berwarna hitam dengan kuah yang sangat kaya akan rempah. Terletak di Jl. Cokroaminoto, Blitar Anda bisa langsung menikmati nikmatnya soto daging hangat yang unik ini. Harganya juga tak terlalu mahal untuk satu porsinya.

9. Uceng Goreng

Uceng Goreng

Image Credit by Lalapan-uceng-goreng.business.site

Uceng adalah ikan air tawar yang bentuknya kecil dan biasanya hidup di sungai. Ikan yang bentuknya bulat memanjang ini di Blitar bisa di olah menjadi berbagai kudapan yang lezat. Salah satu yang menjadi favorit adalah uceng goreng dengan cita rasa renyah dan gurih. Menyantapnya dengan nasi putih hangat dan sambal akan membuat penikmatnya lupa diri. Uceng goreng juga bisa Anda jadikan oleh oleh khas dari kota Blitar untuk sanak keluarga atau teman anda.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Jember yang Wajib Anda Coba

10. Geti

Geti

Image Credit by Adira.co.id

Geti merupakan jajan tradisional yang masih tetap eksis hingga saat ini. Makanan ringan khas Blitar ini sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh. Terbuat dari wijen, kacang dan gula merah membuat rasanya legit dan gurih di saat yang bersamaan. Makanan satu ini seringkali dihadirkan dalam berbagai acara oleh masyarakat Blitar. Bahkan acara acara penting seperti pernikahan kerap menghadirkan kudapan manis yang lezat satu ini sebagai sajian untuk para tamu.

11. Wajik Kletik

Wajik Kletik

Image Credit by Blogsmpn1panggungrejo.blogspot.com

Satu lagi jajajan tradisional yang tak boleh dilewatkan ketika Anda ke Blitar. Berbahan dasar gula jawa, kelapa dan juga beras kentan membuat makanan ini memiliki rasa gurih dan juga manis. Untuk membuatnya semakin unik, wajik ini dibungkus dengan menggunakan kulit jagung kering. Yang membuatnya semakin menarik, ketika di mulut akan ada tekstur kletik kletik yang unik. Makanan ini juga kerap dijadikan oleh oleh bagi para pelancong yang datang ke Blitar.

Berjalan jalan mengunjungi situs sejarah hingga tempat wisata di Blitar, akan semakin lengkap jika dilanjutkan dengan wisata kuliner. Makanan dan minumannya terbilang unik dan menggiurkan untuk Anda coba ketika ke Blitar. Beberapa di antaranya juga bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga maupun kerabat di rumah. Bagi Anda yang akan segera ke Blitar, sudah tahu akan menjajal kulinernya yang mana?