10 Oleh-Oleh Khas Majalengka yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Majalengka

Majalengka memiliki beragam oleh-oleh khas yang terkenal dan bisa Anda bawa pulang. Mulai dari mangga gedong hingga kecap Majalengka yang lezat dapat menjadi buah tangan menarik untuk kerabat di rumah.

Majalengka memiliki pesona alam yang sangat indah dan beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Akan tetapi, bagi Anda yang berwisata ke daerah perbukitan ini, tak lengkap rasanya jika tak membawa buah tangan untuk keluarga di rumah.

Bagi Anda yang masih bingung memilih cinderamata, berikut deretan oleh-oleh khas Majalengka yang wajib untuk Anda bawa pulang.

1. Oncom Goreng

Oncom Goreng

Image Credit: Oleh-oleh-khas-majalengka-oncom-goreng.business.site

Untuk Anda yang menyukai oncom, wajib hukumnya untuk membawa pulang oleh-oleh satu ini. Pasalnya, di Majalengka sendiri Anda bisa menemukan oncom goreng yang sangat khas. Meskipun Anda bisa menemukannya di Bandung, akan tetapi oleh-oleh satu ini memiliki bentuk yang berbeda dengan yang ada di kota Paris van Java tersebut.

Di Majalengka sendiri, Anda akan bisa menemukan oncom goreng yang memiliki bentuk lebih kecil. Kemudian, di dalamnya akan dicampur dengan bawang goreng dan juga bumbu yang akan membuat rasanya menjadi lebih enak. Tentu saja, rasanya sendiri juga akan sangat berbeda dengan yang Anda di Bandung.

Hal ini dikarenakan ketika Anda membeli oncom goreng di Bandung, maka Anda akan menemukan bentuk yang lebih besar dan juga dilapisi dengan tepung terigu. Untuk itu, ketika berada di Majalengka, sebaiknya Anda bisa membeli oleh-oleh khas satu ini. Oncom goreng ini juga tidak hanya cocok digunakan sebagai camilan saja. Melainkan juga sangat nikmat dikonsumsi dengan bakso dan mie ayam.

2. Kecap Majalengka

Kecap Majalengka

Image Credit: Topijelajah.com

Selain itu, ketika berada di Majalengka, maka Anda wajib untuk membeli kecap khas Majalengka. Pasalnya, kota satu ini memang dikenal sebagai penghasil kecap. Untuk itu, di daerah ini pun memiliki kecap dengan dua merek yang terkenal, diantaranya adalah Segi Tiga dan juga Maja Menjangan.

Untuk Maja Menjangan sendiri telah menjadi salah satu merek kecap yang paling tua di Majalengka. Hal ini dikarenakan pabrik tersebut telah berdiri sejak tahun 1940. Kedua jenis merek kecap tersebut sangatlah pas untuk oleh-oleh kerabat di rumah. Sebab, kecap yang berasal dari Majalengka memiliki daya tahan yang cukup baik, sehingga akan bertahan dalam waktu yang lama.

BACA JUGA:  15 Taman di Bandung yang Cocok untuk Refreshing

3. Mangga Gedong Gincu

Mangga Gedong Gincu

Image Credit: Tribunnews.com

Tak hanya makanan olahan saja, di Majalengka Anda juga bisa membawa buah khas. Daerah ini dikenal dengan mangga gedong gincunya yang memiliki rasa enak. Untuk itu, tak ada salahnya untuk membawa buah satu ini sebagai oleh-oleh. Karena, Majalengka merupakan salah satu penghasil buah tersebut.

Mangga gedong gincu sendiri mempunyai ciri khas yakni memiliki kulit yang berwarna merah layaknya lipstik ketika buah tersebut telah matang. Dengan memiliki cita rasa yang segar sekaligus manis, tentu saja akan membuat siapa saja yang mencicipinya menjadi ketagihan. Saat berada di Majalengka, Anda tak akan sulit untuk mendapatkan buah satu ini.

Hal ini dikarenakan Anda akan menemukan banyak orang yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan. Namun, bagi Anda yang ingin membeli buah mangga gedong gincu, sebaiknya Anda bisa datang ke daerah Kecamatan Panyingkiran untuk mendapatkan buah dengan kualitas yang bagus.

4. Jalakotek

Jalakotek

Image Credit: Instagram.com @filipusverdi

Sebagian besar dari Anda, pastinya masih jarang menjumpai makanan satu ini di tempat lain. Oleh karena itu, ketika berada di daerah satu ini pastikan untuk mencicipi dan membawa pulang cemilan jalakotek. Makanan ringan khas Majalengka ini memiliki bahan dasar tepung aci yang memiliki rasa kenyal dan gurih. Untuk bahan campurannya sendiri yakni ada tahu dan bumbu khusus.

Uniknya lagi, camilan ini pun memiliki bentuk yang sekilas menyerupai pastel. Ketika Anda membeli jalakotek untuk keluarga di rumah, maka lebih baik segera menggorengnya ketika sampai rumah. Pasalnya, hidangan yang lezat ini akan sangat nikmat apabila dikonsumsi selagi hangat. Bagi Anda yang tertarik, maka Anda bisa mengunjungi Kecamatan Maja untuk membeli buah tangan satu ini.

5. Keripik Tempe

Keripik Tempe

Image Credit: Tokopedia.com

Meskipun menjadi oleh-oleh khas di beberapa daerah, namun ketika berada di Majalengka, Anda juga bisa membawa pulang keripik tempe yang renyah ini. Keripik tempe yang ada di daerah satu ini pun memiliki ciri khasnya tersendiri. Sebab, tempe satu ini memiliki bentuk yang lebih tipis jika dibandingkan dengan yang lain.

Selain itu, untuk rasanya sendiri pun lebih enak. Karena tempe ini tidak mengandung rasa pahit sama sekali. Tak hanya itu saja, kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan adalah tempe ini memiliki daya tahan lebih lama, sehingga Anda pun bisa mengkonsumsinya hingga dua bulan lamanya.

BACA JUGA:  10 Taman di Depok yang Cocok untuk Refreshing

Untuk variannya sendiri, ada dua macam yakni pedas dan original. Untuk itu, apabila Anda ingin membelinya, maka Anda bisa mendatangi daerah Desa Banjaran. Pasalnya, di daerah tersebut merupakan salah satu produsen dari keripik tempe yang ada di daerah Majalengka. Anda pun tentunya wajib membawa pulang buah tangan satu ini.

6. Ampas Kecap

Ampas Kecap

Image Credit: Cookpad.com

Selain membawa pulang kecapnya yang khas, di Majalengka sendiri Anda juga bisa untuk membawa pulang ampasnya. Ampas kecap umumnya terbuat dari sisa kacang kedelai yang sebelumnya telah masuk ke dalam proses pembuatan kecap. Disini, ampas kecap memiliki ciri khas yaitu bentuknya yang menyerupai kacang kedelai berwarna hitam.

Ketika Anda membawa pulang buah tangan satu ini, maka nantinya Anda pun akan bisa untuk menyantapnya secara langsung dengan nasi hangat. Selain itu, Anda juga bisa mengolahnya menjadi makanan yang lain, salah satunya adalah tumis ampas kecap. Mengolah hidangan satu ini pun juga tidak sulit.

Bahan yang perlu dipersiapkan adalah ampas kecap dan juga beberapa bahan yang lain seperti bawang merah, cabai, bawang putih, garam, air dan juga gula. Selanjutnya, Anda pun bisa memasaknya menjadi tumisan dan menyantapnya dengan menggunakan sepiring nasi hangat. Tentu saja akan membuat Anda ketagihan.

7. Kalua Jeruk

Kalua Jeruk

Image Credit: Omiyago.com

Manisan jeruk asli khas Majalengka ini kerap kali disebut dengan kalua jeruk. Terbuat dari kulit jeruk bali yang dicampur dengan menggunakan gula. Umumnya, gula yang kerap kali digunakan pada manisan satu ini adalah kawung, gula merah dan juga gula pasir. Untuk teksturnya sendiri, kalua mempunyai tekstur yang cukup keras.

Akan tetapi ketika Anda menggigitnya, maka Anda pun akan merasakan jika dalamnya sangatlah lembut. Untuk rasanya sendiri, tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Rasa manis dan enak ini tentu saja akan membuat Anda ketagihan. Apabila Anda ingin membelinya, maka datangi daerah Malausma sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

8. Buah Duwet atau Jamblang

Buah Duwet atau Jamblang

Image Credit: Metrum.co.id

Tak hanya mangga gedong gincu saja, disini ada pula buah lain yang pas untuk Anda bawa pulang. Diantaranya adalah buah duwet atau juga dikenal dengan jamblang. Buah satu ini memiliki rasa yang sangat khas, yakni berwarna ungu kehitaman dan juga mempunyai bentuk yang lonjong.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Kuningan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Untuk rasanya sendiri, buah ini akan memiliki rasa yang enak dan juga mempunyai khasiat tinggi. Salah satunya adalah untuk mengobati dan mencegah penyakit diabetes. Namun, keberadaan buah satu ini semakin langka. Kendati demikian, Anda bisa menemukan buah tersebut di daerah Padukuhan, Majalengka.

9. Gula Cakar

Gula Cakar

Image Credit: Ayotraveling.com

Gula batu khas Majalengka ini juga menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang. Pemanis ini terbuat dari soda, gula putih dan juga pewarna makanan. Sehingga, Anda pun akan menemukannya dalam warna pink yang terang dan bentuknya yang lumayan besar.

Biasanya, olahan satu ini akan sering digunakan untuk membuat teh maupun kopi. Hal ini dikarenakan gula tersebut sangat mudah untuk larut apabila dicampurkan ke dalam teh atau kopi yang panas. Selain dicampurkan ke dalam minuman, gula ini pun juga bisa untuk Anda konsumsi secara langsung. Anda cukup menggigitnya sedikit demi sedikit.

10. Durian Perwira

Durian Perwira

Image Credit: Kompas.com

Majalengka merupakan salah satu daerah yang menghasilkan banyak buah. Oleh sebab itu, Anda bisa membawa buah tangan berupa buah buahan untuk keluarga di rumah. Apabila kerabat atau keluarga adalah penggemar durian, maka Anda bisa membelinya saat sedang berada di Majalengka.

Daerah satu ini memang juga dikenal sebagai penghasil durian perwira. Durian jenis ini dibudidayakan di Kecamatan Sindangwangi. Untuk rasa yang dihasilkan oleh buah satu ini adalah legit yang berpadu dengan sedikit pahit. Bagi Anda yang tertarik, maka Anda pun bisa membeli buah satu ini.

Tentunya, buah buahan tersebut dapat menjadi daftar oleh-oleh yang wajb untuk Anda bawa pulang. Ditambah lagi, daging durian perwira yang dihasilkan oleh sangatlah tebal. Sehingga, Anda pun akan puas untuk mengkonsumsinya. Untuk itu, buah satu ini wajib Anda bawa pulang.

Beberapa oleh-oleh khas dari Majalengka tersebut menjadi buah tangan yang wajib untuk Anda bawa pulang. Dengan begitu, liburan Anda selama berada di Majalengka pun akan menjadi lebih berkesan. Tak hanya itu saja, beragam jenis oleh-oleh tersebut memiliki keunikan tersendiri, yang mana Anda tak bisa menjumpainya di tempat lain.