Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Kalibrantas No.31, Bendo, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Kota Blitar tak hanya kondang dengan wisata sejarahnya saja, destinasi wisata yang dimilikinya tak kalah melimpah. Anda yang sedang singgah di Blitar bisa menjadikan Sumber Udel Waterpark yang bisa jadi alternatif untuk liburan. Anda bisa menikmati segarnya air pegunungan dengan pemandangan indah yang menyejukkan mata.

Nama Sumber Udel sendiri berasal dari kata udel yang dalam Bahasa Jawa artinya pusar. Hal ini konon dikarenakan sumber air dari Waterpark ini membentuk layaknya pusar. Destinasi wisata ini memang bukanlah destinasi baru, bahkan bisa dikatakan sebagai tempat yang tua. Tetapi saat ini sudah semakin cantik karena dilakukan renovasi besar-besaran oleh pengelolanya. Waterpark ini memiliki banyak kolam renang lengkap dengan wahana yang menyenangkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Sumber Udel Waterpark

Daya Tarik Sumber Udel Waterpark
Image Credit: Google Maps Neni Karunia

1. Termasuk Wisata Tua

Setiap wisata selalu menyimpan sejarah yang membuat siapapun penasaran. Begitu juga dengan Sumber Udel Waterpark Blitar. Objek wisata ini sebelumnya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dengan nama Tirto Jati yang akhirnya diubah dan dikembangkan menjadi wahana waterpark yang lebih menawan di sekitar tahun 2017.

Namun hingga saat ini masih menjadi destinasi yang selalu jujugan wisatawan. Baik masyarakat atau luar kota yang ingin menghabiskan liburan dengan bermain air. Apalagi setelah dikelola dengan baik kehadirannya memiliki wajah yang lebih menawan. Kolam kolam air lengkap dengan berbagai permainan bisa anda temukan di sini.

2. Kolam Renang Modern dengan Pemandangan Indah

Tidak hanya menghadirkan kolam kolam yang dibagi dalam beberapa bagian, wisata air ini juga memiliki suasana yang asri dan indah. Bagaimana tidak ada banyak pepohonan rindang yang membuat pemandangan lebih cantik. Pepohonan ini juga memberikan suasana asri yang membuat pengunjung betah. Tak heran jika menjadi wisata yang selalu dikunjungi oleh wisatawan.

Daya Tarik Dimiliki Sumber Udel Waterpark
Image Credit: Google Maps Candra Irawan Frenki

3. Menghadirkan Banyak Wahana Seru

Daya tarik berikutnya yang membuat Sumber Udel Waterpark selalu ramai adalah wahana yang disuguhkan. Wahana yang disuguhkan membuat pengunjung tak akan bingung memilih kegiatan yang tepat. Soal keamanan dari masing masing wahana juga tak perlu khawatir. Karena semua permainan sudah melewati standar khusus.

Lifeguard juga telah disediakan oleh pihak pengelola sehingga pengujung bisa berenang dengan aman. Kolam yang ada di sini dibagi berdasarkan dari kedalamannya. Terdapat kolam untuk dewasa dan juga untuk anak anak. Hadirnya ember tumpah hingga seluncuran yang ada akan siap membuat liburan atau bermain air semakin menyenangkan.

Sementara untuk kolam renang dewasa memiliki kedalaman 1,5 meter untuk yang ingin belajar berenang. Dan tersedia juga kolam renang yang disediakan untuk profesional dengan kedalaman 1, meter. Sehingga banyak dijadikan sebagai latihan para atlet profesional. Banyaknya pilihan kolam renang membuat anda tak salah memilih wisata ini sebagai tujuan.

4. Air yang Segar

Kolam kolam renang yang ada diisi oleh air yang berasal dari sumber mata air Sumber Udel. Membuat airnya segar dan jernih secara alami, rasanya memanggil pengunjung untuk segera menjajal berenang di dalamnya. Pengunjung tak perlu khawatir akan kebersihannya, karena pembersihan kolam renang sudah ada jadwal tersendiri sehingga selalu bersih.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Sumber Udel Waterpark
Image Credit: Google Maps DuaTuju Production

Termasuk sebagai ikon wisata di Blitar, anda tak akan sulit untuk menemukan wisata ini. Lokasinya berada di Jl Kali Brantas No. 31, Kel. Bendo, Kec. Kepanjen Kidul, Blitar. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Dari makam Bung Karno hanya butuh menempuh jarak 2 km saja. Lokasinya memang dekat dengan beberapa wisata hits di Kota Blitar.

Selain itu, waterpark ini juga dekat dengan stadion sepak bola yang terkenal. Anda bisa menempuh wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Yang jelas aksesnya sudah sangat memadai juga ada petunjuk jalan yang akan membantu anda nantinya. Jika anda menyusuri jalur dari Alun Alun, sekitar 1 km saja.

Bahkan anda bisa menjangkaunya dengan berjalan kaki. Kendaraan umum bisa memanfaatkan ojek, angkutan umum hingga becak. Jika anda kesulitan menemukan destinasi ini, anda bisa memanfaatkan GPS yang terpasang di smartphone anda. yang jelas destinasi ini memiliki rute yang mudah untuk anda jangkau.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Sumber Udel Waterpark
Image Credit: Google Maps Ionpietx Xion

Wisata untuk keluarga ini selain mudah dijangkau juga membanderol harga tiketnya dengan terjangkau. Pengunjung hanya perlu menyiapkan budget mulai Rp 10 ribu saja. harga tiket masuk akan berbeda ketika memasuki weekend menjadi sekitar Rp 15 ribu. Harga tiket masuk masih belum termasuk dengan parkir kendaraan.

Tiket akan dikenakan untuk anak yang usianya di atas 2 tahun. baik anak anak maupun orang dewasa akan dikenakan biaya masuk yang sama. Untuk tarif parkir akan disesuaikan dengan kendaraan yang anda bawa. Perlu anda tahu jika harga tiket bisa berubah sewaktu waktu tergantung dari kebijakan dari pengelolanya.

Anda bisa mengunjungi wisata hits Blitar ini setiap hari, karena buka dari Senin sampai dengan Minggu. Untuk jam bukanya dari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. pagi atau sore hari bisa jadi waktu berkunjung yang pas. karena selain tidak terlalu panas, anda juga bisa puas berenang di kawasan wisata ini. Suasananya akan lebih sepi ketika hari biasa dibandingkan weekend.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Sumber Udel Waterpark

Kegiatan Menarik Sumber Udel Waterpark
Image Credit: Google Maps Dewi Anisatur Rahmah

1. Bermain dan Menjajal Wahana yang Ada

Kegiatan liburan yang pasti akan dilakukan adalah bermain air ataupun mencoba berbagai wahana airnya. Kolam kolam yang tersedia memang beragam macamnya. Mulai dari kolam anak-anak yang lengkap dengan wahana permainan. Seperti ember tumpah yang menjadi favorit, anak anak biasanya akan berkumpul di bawahnya agar terkena guyuran air.

Kemudian anda juga mencoba kolam arus yang akan dinikmati dengan menggunakan pelampung. Anda hanya perlu berada di atas pelampung, kemudian mengikuti arus yang ada. Wahana ini sangat cocok untuk anda yang ingin bermalas malasan di atas air. Mengajak di kecil untuk mencoba wahana ini juga masih terbilang aman.

Masih belum puas dengan kolam arus, kolam dewasanya juga dilengkapi beberapa permainan. Salah satunya adalah perosotan yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Sangat cocok untuk anda yang ingin menantang adrenalin sekaligus menambah keseruan. Jika ingin di kolam berstandar nasional, bisa memilih Kolam Standar Olympic.

2. Mencoba Flying Fox

Tenang saja selain basah-basahan, pengunjung juga masih bisa mencoba wahana menantang lainnya di Sumber Udel Waterpark. Hadirnya flying fox menjadikan wisata ini semakin lengkap dan menyenangkan untuk jadi tujuan liburan. Anda akan diajak untuk meluncur dari ketinggian dengan melintasi kolam renang yang luas. Sensasi yang berbeda akan memberikan pengalaman berbeda.

Pengunjung yang ingin mencoba wisata ini harus membayar biaya tambahan. Tak akan membuat kantong anda jebol, tiketnya sekitar Rp 5 ribu saja, ketika akhir pekan akan menjadi Rp 7 ribu. Panjang flying fox sendiri sekitar 80 meter dan ketinggiannya sekitar 10 meter. Pastikan anda tidak memiliki phobia ketinggian ketika mencobanya.

Kegiatan Menarik di Sumber Udel Waterpark
Image Credit: Google Maps Baiti Nurasfi

3. Menikmati Live Music

Bukan hanya wahana wahananya yang menawan, tak jarang taman wisata air ini juga menghadirkan live music atau kegiatan lainnya. Acara yang menghadirkan panggung hiburan yang beragam acaranya. Tentu saja hal ini akan membuat liburan anda bersama keluarga semakin menyenangkan dan seru.

4. Berburu Foto Kekinian

Jika anda pandai dalam mengambil foto yang keren, bukan tidak mungkin anda bisa menjadikan Sumber Udel Waterpark sebagai tempat berburu foto. Yang paling banyak mengambil foto ketika sedang renang. Atau bisa di beberapa spot yang ada di sekitar kolam renang. Namun pastikan jika kamera anda aman dan tidak sampai terkena air.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Sumber Udel Waterpark
Image Credit: Google Maps DuaTuju Production

Setelah dilakukan renovasi secara besar besaran, tentu anda akan bisa menemukan fasilitas pendukung yang memadai. Fasilitasnya terbilang lengkap, seperti hadirnya area parkir luas yang aman dengan harga yang terjangkau. Setelah anda basah basahan, anda juga bisa membilas diri di toilet yang ada di beberapa sudut wisata ini.

Ruangan khusus untuk berganti juga dibedakan antara pria dan wanita serta dalam kondisi yang bersih. Jejeran kursi juga disediakan untuk anda yang menunggu anak anak atau untuk beristirahat. Di bagian kolam renang yang profesional, tempat duduknya dibuat seperti tribun. Sehingga anda bisa menjadikannya sebagai tempat untuk beristirahat.

Bagi anda yang tidak membawa makanan atau minuman, anda bisa mengunjungi kantin yang ada. Di wisata keluarga ini memang tersedia kantin yang menyediakan berbagai makanan juga minuman. Bagi anda yang berasal dari luar kota juga akan mudah menemukan penginapan yang dekat dengan lokasi, Mengingat lokasinya ada di jantung kota.

Mengunjungi wisata air dengan keluarga atau teman teman memang sangat seru. Apalagi jika wisata tersebut menghadirkan dengan wahana yang membuatnya makin menarik. Seperti Sumber Udel Waterpark di Blitar yang bisa anda jadikan alternatif tujuan saat ada di Blitar. Wisata ini walaupun sudah lama namun tetap menarik untuk dikunjungi.