Jawa Tengah

18 Tempat Wisata di Salatiga

18 Tempat Wisata di Salatiga

Ada banyak tempat wisata di Salatiga yang baru-baru ini bermunculan bahkan selalu hits diperbincankan di social media. Mulai wisata alam, wisata Kuliner, tempat bersejarah hingga even menarik selalu menjadi dambaan para traveller di kota manapun. Salatiga merupakan sebuah Kota di Jawa Tengah, kota ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi. Sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat indah yang ada di Salatiga tersebut.

Tidak ada salahnya jika Anda memutuskan liburan dengan orang terdekat Anda seperti keluarga atau para sahabat untuk berwisata ke Kota Salatiga. Kota ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi karena wisata Salatiga wisatanya sangat menarik. Kota ini menghadirkan destinasi wisata yang cukup puas dan memanjakan mata Anda, berikut beberapa Tempat Wisata di Salatiga yang recommended untuk dikunjungi.

1. Prasasti Plumpungan

Prasasti Plumpungan

Lokasi: Jl. Patimura No.35, Kauman Kidul, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah. – Image Credit by Nyero.id

Wisata Budaya Prasasti Plumpungan di Sidorejo Salatiga Jawa Tengah adalah salah satu tempatwisata yang berada di desa Sidorejo, kabupaten Salatiga. Tempat wisata ini bernilai edukasi yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan dan biasanya para pelajar datng berkunjung.

Wisata Budaya Prasasti Plumpungan di Sidorejo Salatiga Jawa Tengah memiliki Keindahan Wisata Budaya yang bagus untuk dipelajari. Di Wisata Prasasti yang bersejarah ini kita bisa berkesempatan untuk mengetahui lebih banyak tentang asal usul Prasasti Plumpungan.

2. Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbul Songo

Lokasi: Dukuh, Kopeng, Getasan, Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Bomanta.com

Tempat wisata ini sebenarnya tidak berada persis di Salatiga, tetapi lebih tepatnya di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Meski demikian, tempat wisata ini tak terlalu jauh dari Salatiga, kurang lebih sekitar 15 km dari Kota Salatiga.

Panorama yang tersaji sangatlah mempesona, tak sekadar menyenangkan tetapi juga menenangkan karena udaranya sejuk dan segar. Air Terjun Umbul Songo memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter Sayangnya untuk menuju lokasi cenderung cukup sulit dan harus berjalan kaki cukup jauh.

3. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Lokasi: Suroteleng, Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. – Image Credit by Solo.tribunnews.com

Gunung ini cukup terkenal dan mungkin kita sering mendengaar namanya dan gunung ini merupakan salah satu destinasi wisata utama salahtiga. Dengan ketinggian kurang lebih 3.000 meter, gunung ini tak hanya ‘gagah’ tetapi juga indah. Tak heran jika banyak pendaki yang selalu ingin mengulang petualangan menaklukkan gunung ini sehingga kita bisa menikmati ketika berada di puncak gunung.

Anda bisa melihat keindahan Kota Salatiga, danau Rawa Pening, Ungaran, juga Semarang, di bagian selatan, keindahan lain juga menanti yakni panorama Gunung Merapi. Keindahan alam di Gunung Merbabu yang terkenal ini memang patut untuk di eksplore keberadaannya.

4. Agrowisata Salib Putih

Agrowisata Salib Putih

Lokasi: Kumpulrejo, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah. – Image Credit by Kompasiana.com

Liburan bersama keluarga, paling asyik ke Salatiga kabupaten yang terkenal dengan gerbang tol kerennya ini memiliki beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Agrowisata Salib Putih yang menyediakan tempat piknik, outbond bahkan renang.

Karena letaknya di sekitar pegunungan, tentu saja menjadikan suasana agrowisata ini sejuk dan asri. Sementara itu, penamaan objek wisata ini sendiri bukan dari perorangan namun, diambil dari nama desa yang menjadi letak Agrowisata tersebut.

5. Tlogo Plantation

Tlogo Plantation

Lokasi: Delik, Kec. Tuntang, Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Tlogo Plantation adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Salatiga, Jawa Tengah. Wisata Tlogo Plantation di Tuntang Salatiga Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Terletak diantara Tuntang – Beringin Km. 2 Salatiga, Tlogo Plantation menawarkan wisata terpadu yang asyik untuk mengisi liburan Anda dan keluarga. Di sini, Anda bisa menjelajahi perkebunan kopi, menikmati rimbunnya pepohonan yang asri dan menyejukkan. Nah, bagi Anda yang hobi bermain tembak-tembakan, di sini tempat yang tepat untuk menyalurkannya, karena tersedia permainan pint ball.

6. Sendang Senjoyo

Sendang Senjoyo

Lokasi: Desa Tegalwaton, Kec. Tengaran, Kab. Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Datawisata.com

Umbul Senjoyo merupakan kolam pemandian keluarga kerajaan yang pernah dibangun sejak zaman Dinasti Syailendra yang pengunjungnya tidak pernah sepi. Terletak di kaki Gunung Merbabu dan Telomoyo, Kota Salatiga Jawa Tengah, memiliki pesona alam menakjubkan untuk dikunjungi.

Ada banyak objek wisata yang dapat Anda nikmati ketika berada di Salatiga, salah satunya kolam Umbul Senjoyo atau Sendang Senjoyo. Kolamnya yang menyerupai rawa ini berada di Dusun Jubug, Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran. Kolam ini memiliki sumber mata air jernih dan segar dan siapa saja yang bermain di kolam ini pasti akan tergoda untuk berenang.

7. D’Emmerick Adventure Park

D’Emmerick Adventure Park

Lokasi: Kumpulrejo, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah. – Image Credit by Adventureparksalatiga.blogspot.com

D’Emmerick Adventure Park mengajak para wisatawan untuk tak sekedar mengagumi panorama alam, namun meresapi atmosfernya yang sejuk. Menguji ketangkasan lewat beragam wahana Menghabiskan akhir pekan dengan berjalan-jalan menikmati pemandangan tentu sangat menyenangkan.

Apalagi jika ditemani teman terdekat dan sekaligus bisa mengasah ketangkasan selain itu bisa membuat kejenuhan menghilang. Bagi Anda yang mencari pengalaman berwisata dan bermaain yaang menantang tersebut di Salatiga, bisa mengunjungi D’Emmerick Adventure Park.

8. Goa Rong View

Goa Rong View

Lokasi: Desa Delik, Kec. Tuntang, Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Rupanya, ada wisata lain yang bisa dinikmati pengunjung saat berada di Goa Rong View, Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Pengunjung dapat menyaksikan goa yang dijadikan nama objek wisata ini dan goa ini menjadi lokasi wisata alam.

Petugas Goa Rong View, mengatakan, konon kabarnya pada zaman dulu, goa ini merupakan persembunyian Belanda. Ada pula yang menyebutnya sebagai goa pertapaan, di balik ke eksotisan tempat ini juga menyimpan banyak cerita.

9. Kawasan Kopeng

Kawasan Kopeng

Lokasi: Kec. Getasan, Kab. Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Festivaljalanjalan.com

Kawasan Kopeng menjadi salah satu Objek Wisata di Salatiga yang juga menjadi tempat favorit di daerah sekitarnya. Wisata Kopeng ini dibelah oleh perbatasan Salatiga dan Magelang dan tempat ini udaranya sangat sejuk.

Kawasan Kopeng sering dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun wisatawan lokal karena tempatnya yang dingin, sejuk, dan menarik. Di tempat ini pemandangannya yang mampu menyejukkan mata dan membuat betah untuk lama-lama berkunjung kesini.

10. Rawa Pening

Rawa Pening

Lokasi: Waduk Rawapening, Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Griyatetirah.com

Mungkin Anda sering mendengar namanya tapi Anda belum pernah berwisata kesana, bagi Anda yang berlibur ke Jawa Tengah jangan lupa mampir ke lokasi ini. Rawa Pening adalah nama dari objek wisata ini. Tempat rekreasi ini menjadi sebuah primadona dan begitu favorit diantara Anda yang berada di Jawa Tengah dan sekitarnya.

Rawa pening diambil dari dua kata yaitu, rawa dan pening dan Anda pasti sudah tahu tentang rawa, kalau pening sendiri sebenarnya diambil dari nama Bening. Hal tersebut dapat dilihat dari sebuah danau yang bisa dinikmati oleh Anda yang mempunyai air yang begitu jernih. Danau Rawa pening berada di antara 4 kecamatan sekaligus yaitu, Ambarawa, Bawen, Tuntang, Banyubiru.

11. Bukit Cinta

Bukit Cinta

Lokasi: Kebondowo, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Bukit Cinta Salatiga menjadi salah satu bukti apabila di Kota Salatiga bisa berkembang menjadi kota wisata yang patut Anda kunjungi bersama keluarga tercinta. Ketika berada di salah satu kota yang ada di Jawa Tengah tersebut kita akan merasakan keindahan panorama.

Dengan pemandangan yang luar biasa dan bikin jatuh hati, Bukit Cinta menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk menikmati keindahan alam setempat yang semakin hari semakin banyak pengunjungnya terutama setelah viral di media sosial.

12. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Lokasi: Jalan Stasiun, Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Aengaeng.com

Museum ini letaknya di Kota Ambarawa, sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Semarang atau Jogjakarta, letaknya yang mudah dijangkau. Museum Kereta Api Ambarawa menjadi obyek wisata andalan kota tersebut dan sebagai wisata edukasi dan sebagai wisata liburan.

Banyak hal yang menarik dari museum ini mulai dari sejarah serta isi dari museum itu bisa Anda pelajari. Di tempat ini kita bisa mengetahui dan belajar tentang banyak hal tentang isi dari Museum Kereta Api Ambarawa.

13. Atlantic Dreamland

Atlantic Dreamland

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta Isep-Isep, Cebongan, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatakaka.com

Athlantic Dreamland menjadi tempat wsata yang diminati oleh pengunjung terutama oleh warga Salatiga untuk berwisata bersama keluarga tercinta. Ini dia tempat wisata di Salatiga yang wajib Anda kunjungi, Atlantic Dreamland merupakan tempat wisata berkonsep waterboom yang memiliki aneka wahana bermain seru.

Wahana seperti kolam renang, water toys, waterboom, water ball, jet coaster, carousel, circular track, boom boom car, game center, flying fox, ATV, dan lain sebagainya. Di Atlantic Dreamland ini kita bisa dimanjakan dengan wahana yang lengkap intuk menambah keseruan liburan kita.

14. Arrowhead Park

Arrowhead Park

Lokasi: Boto, Tegalwaton, Kec. Tengaran, Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Hariansemarangbanget.blogspot.com

Objek wisata di Salatiga dan sekitarnya selanjutnya yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Salatiga yaitu Arrowhead Park. Wisata ini teradapat di pedesaaan Tegalwaton dengan konsep yang menarik untuk berwisata.

Tempat ini sangat cocok dikunjungi oleh Anda yang ingin menikmati sejuknya suasanya pedesaan khas dengan segala macam pemandangan hijau nan rindang disekitar. Sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan setelah lama bekerja. Sehingga mengunjungi wisata ini, Anda akan memiliki kualitas udara yang cukup bagus tanpa polusi.

15. Desa Wisata Tingkir

Desa Wisata Tingkir

Lokasi: Kec. Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah. – Image Credit by Inibaru.id

Bagi Anda orang asli Jawa Tengah tentu pernah mendengar mengenai salah satu cerita rakyat mengenai Jaka Tingkir. Tak hanya terkenal akan ceritanya saja yang sudah diceritakan turun temurun yang sangat melegenda dan di kenal oleh masyarakat.

Ternyata, desa yang bernama Tingkir Lor ini menyimpan cukup banyak potensi yang bisa digali, salah satunya dijadikan sebagai wisata budaya. Wisata yang paling menonjol di desa ini adalah dari atraksi keseniannya yang cukup menonjol sehingga bisa menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Hingga sangat cocok jika Anda mengajak anak-anak Anda.

16. Candi Klero

Candi Klero

Lokasi: Ngentak Lor, Klero, Kec. Tengaran, Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Sasadaramk.blogspot.com

Sebenarnya sangat banyak peninggalan sejarah yang belum tereksplor dan banyak diketahui masyarakat luas. Peninggalan sejarah yang baru-baru ini banyak di kunjungi adalah Candi Klero yang belum terlalu dikenal. Nama candi ini mencerminkan letaknya yang berada di Desa Klero, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang.

Candi ini berada di pinggir timur Dusun Ngentak – Klero yang membuat kita harus jeli melihat petunjuk yang ada di pinggir jalan. Saya mengetahui letak candi ini memang dari papan petunjuk yang berada di pinggir jalan Salatiga – Solo.

17. Pemandian Alam Muncul

Pemandian Alam Muncul

Lokasi: Jalan Raya Muncul, Rowoganjar, Rowoboni, Banyubiru, Ambarawa, Jawa Tengah. – Image Credit by Tempatwisataunik.com

Wisata Salatiga dan sekitarnya yang siap memanjakan mata dan tubuh Anda selanjutnya yaitu Pemandian Alam Muncul. Destinasi Wisata di Salatiga yang satu ini berada di desa Muncul sesuai dengan namanya. Wisata ini menawarkan Anda mandi dan menikmati segarnya air serta sejuknya udara disekitar kolam pemandian.

Pemandian ini memiliki luas sekitar 20×40 meter bahkan, pada pemandian tersebut, Anda bisa melihat berbagai ikan. Disekitar objek wisata juga terdapat beberapa kios souvenir, sehingga Anda tak perlu jauh-jauh untuk membeli oleh-oleh serta souvenir untuk keluarga dan kerabat Anda.

18. Pohon Pengantin

Pohon Pengantin

Lokasi: Pulutan, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah. – Image Credit by Eksapedia.com

Jika kamu ada rencana main ke Semarang atau Solo, jangan lupa mampir ke Kota Salatiga. Terletak di antara dua kota besar tersebut, Salatiga punya satu spot wisata alam yang unik banget, Pohon Pengantin. Terletak di Pulutan, Sidorejo, Pohon Pengantin disebut-sebut sebagai simbol cinta abadi oleh para warga sekitar maupun wisatawan.

Konon, menurut kisah yang beredar di masyarakat sekitar, pohon ini merupakan jelmaan pengantin yang punya mimpi untuk saling mencinta selamanya. Namun, ada juga yang menyebut kata pengantin berasal dari fakta kalau pohon ini sering dijadikan spot foto pre-wedding. Yang jelas, pohon ini mampu menarik minta wisatawan yang berasal dari Jawa Tengah dan sekitarnya.