Umbul Sidomukti merupakan salah satu wisata alam favorit di Semarang yang menawarkan pesona pegunungan. Panorama alam yang memikat, udara sejuk dan tersedia berbagai wahana menarik yang bisa dinikmati pengunjung.

Lokasi: Blanten Lor, Jetis, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.
Map: Cek Lokasi

Semarang memiliki sejumlah objek wisata menarik untuk menghabiskan waktu libur. Salah satunya Umbul Sidomukti yang berlokasi di Kabupaten Semarang, tepatnya di kaki Gunung Ungaran. Pemandangan elok dan suhu udara yang menyegarkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Beragam keunggulan wisata lainnya dapat Anda temukan disini, simak ulasan berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Umbul Sidomukti

Daya Tarik Umbul Sidomukti
Image Credit: Twitter.com @ungaran_wisata

Kota Semarang memang surganya tempat wisata yang menawan, termasuk Umbul Sidomukti yang kini menjadi ikon pariwisata. Destinasi alam ini diresmikan pada tanggal 2 Agustus 2007 oleh wakil Bupati Semarang kala itu. Di awal-awal berdirinya lokasi ini belum banyak pengunjungnya, barulah mulai terkenal berkat postingan instagramable dari wisatawan yang pernah datang.

Letaknya yang berada di lereng Gunung Ungaran membuat pemandangan destinasi ini sangat mengagumkan. Dari ketinggian Anda bisa melihat perbukitan hijau dan birunya langit. Kombinasi alam yang disajikan benar-benar memanjakan mata, ditambah hawa sejuk khas pegunungan. Cocok bagi Anda yang mencari tempat refreshing dan ingin melepas jenuh.

Ada beragam keunikan yang menjadi daya tarik dari Umbul Sidomukti, yang mana bisa Anda nikmati sepuasnya. Pertama kolam renang dengan bentuk yang cukup unik, dengan tipe air jernih. Kolam renang alami ini berada di ketinggian kurang lebih 1200 mdpl, aliranya berasal dari air mata pegunungan. Bisa Anda bayangkan bagaimana segarnya air bila Anda berenang di dalam kolam.

Kolam renang tersebut terbentuk dari batuan kali secara alami, dengan bagian pinggirnya yang tertata rapi. Ada kolam untuk dewasa dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Sedangkan kolam khusus anak-anak mempunyai kedalaman kurang lebih 30 cm. Berkat letaknya yang berada di atas gunung, kolam ini menjadi kolam renang tertinggi di Indonesia bahkan se-Asia.

Daya Tarik dari Umbul Sidomukti
Image Credit: Google Maps (Talki Abidin)

Tidak hanya menyuguhkan kolam renang, di kawasan wisata ini tersedia area outbond yang cukup luas. Terdapat berbagai wahana seru yang bisa Anda manfaatkan untuk mengisi waktu. Mulai dari flying fox yang mempunyai ketinggian 70-110 meter, serta panjang lintasan mencapai 110 meter. Anda bisa sembari menguji adrenalin ketika mencoba naik wahana ini.

Selanjutnya ada Marine Bridge, jembatan dari tali yang tingginya mencapai 30 meter dan jarak 50 meter. Jika masih kurang puas Anda boleh menantang diri lewat permainan ATV. Anda akan diajak berpetualang melewati trek yang mendebarkan, lalu kebut-kebutan di area yang sudah ditentukan. Ada pula wahana High Triangle, jembatan segitiga yang punya tingkat kesulitan masing-masing.

Bila perut sudah mulai keroncongan, tidak perlu khawatir sebab Anda bisa berwisata kuliner di Umbul Sidomukti. Anda bisa menuju ke Pondok Lesehan Ikan Bakar, yang terletak di atas Taman Renang Alam. Menu andalan di warung makan ini ialah ikan gurame, udang, cumi, kepiting, dan bawal. Semua sajian tersebut dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan terasa sangat lezat.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Umbul Sidomukti

Harga Tiket Umbul Sidomukti
Image Credit: Instagram.com @umbul.sidomukti

Wisata alam ini berlokasi di wilayah Bandungan, tepatnya di daerah Blanten Lor. Jika Anda berangkat dari Semarang, maka ambil jalur darat menuju Ungaran. Ikuti petunjuk arah sampai tiba di pom bensin Lemah Abang. Kemudian Anda akan menjumpai sebuah gapura dengan tulisan Kawasan Wisata Candi Gedong Songo. Jalan hingga bertemu Pasar Jimbaran disanalah lokasi wisatanya.

Sedangkan bila berangkat dari arah Solo berarti ambil jalur Semarang-Surakarta. Setelah itu perjalanan dilanjutkan sampai Rumah Sakit Ken Saras. Barulah melajukan kendaraan sampai tiba di Pasar Jimbaran, lalu masuk gang menuju area wisata. Begitupun apabila dari Yogyakarta, pilih jalur Jl. Jogja-Ambarawa hingga sampai ke Kota Semarang.

Bagi Anda yang mengendarai kereta api atau pesawat, disarankan untuk menaiki bus Trans Jateng. Setelah tiba di Terminal Bawen Anda melanjutkan perjalanan ke Umbul Sidomukti sekitar 40 menit. Melalui kawasan Jimbaran Tegalpanas yang mana rute jalannya tidak terlalu sulit. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan naik ojek atau kendaraan bermotor karena akses jalannya menanjak.

Untuk menikmati semua keseruan di destinasi wisata ini, Anda perlu mengeluarkan budget sebagai tiket masuk. Pada hari biasa Anda akan dikenakan 5 ribu rupiah, sedangkan saat akhir pekan atau hari libur sebesar 10 ribu. Begitu pula dengan masing-masing wahananya yang menetapkan biaya. Bagi yang membawa kendaraan juga membayar retribusi parkir sekitar 2-10 ribu rupiah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Umbul Sidomukti

Aktivitas di Umbul Sidomukti
Image Credit: Instagram.com @destinasisemarang

1. Menikmati Panorama Alam dari Ketinggian

Berada di lereng Gunung Urangan membuat objek wisata ini memiliki udara yang sejuk. Belum lagi dua jurang yang mengapit sehingga dikelilingi oleh pemandangan hijau yang asri. Suasana tenang menyelimuti seluruh kawasan wisata, bisa menjadi tempat kabur sebentar dari hiruk pikuk perkotaan. Anda bisa memandang panorama sekitar yang memberikan efek relaksasi.

Dari atas bukit Anda dapat menyaksikan hamparan Ambarawa serta sembilan puncak gunung. Diantaranya Gunung Ungaran, Andong, Muria, Telomoyo, Merbabu, Lawu, dan lainnya. Selain itu wisatawan juga bisa melihat Rawa Pening dan Bukit Kembar Cemanggal. Semua keindahan tersebut dapat Anda nikmati apabila menaiki tangga yang tersedia di atas kolam renang.

Waktu pagi hari menjadi momen yang paling ditunggu, karena ingin menyaksikan terbitnya matahari. Sementara itu kala waktu matahari tenggelam, semburat senjanya memancarkan pesona jingga yang merona. Pemandangan luar biasa tersebut bisa Anda lihat langsung di pinggir kolam renang. Sedangkan malam harinya wisatawan diajak untuk melihat gemerlap lampu kota dari ketinggian.

2. Bermain Air dan Berenang di Taman Renang Alam

Salah satu destinasi favorit dari wisata Ungaran ini adalah area kolam renang alami. Anda akan merasakan sensasi berenang di atas awan, sebab letaknya di tepi lereng. Dari pinggir kolam Anda dapat menyaksikan awan biru serta hamparan lembah hijau. Uniknya sumber mata air kolam tidak pernah mengering, airnya pun jernih dan menyegarkan saat menyentuh permukaan kulit.

Ada empat kolam renang alami yang bisa Anda nikmati, masing-masing kolam punya tingkat kedalaman tersendiri. Keberagaman jenis kola mini memungkinkan wisatawan segala usia tetap bisa menikmati segarnya air Umbul Sidomukti. Karena kolam berada di area tinggi tentu saja pemandangannya sangat instagramable, tak ayal sering dimanfaatkan untuk mengambil foto.

3. Bersantai di Pondok Kopi

Selain berenang, Anda bisa bersantai di beberapa cafe yang sudah disediakan oleh pengelola wisata. Jajaran cafe tersebut menawarkan panorama alam perbukitan yang memesona. Salah satu yang paling populer ialah Pondok Kopi yang menjual aneka olahan kopi. Anda bisa memesan espresso based coffe, manual brew, black coffe, hingga kopi khas Nusantara.

Spot menarik ini terletak 700 meter dari area kolam renang, bersebelahan dengan lahan penginapan. Dari kedai ini Anda bisa memandangi indahnya perbukitan, serta merasakan sejuknya hawa pengunungan. Paling enak menyesap nikmatnya kopi sambil menyantap sajian kue atau roti yang tersedia. Lokasi ini juga sering menjadi spot foto kekinian bagi para wisatawan.

4. Bermain Flying Fox

Bagi Anda yang tidak memiliki trauma dengan ketinggian, cobalah untuk menaiki wahana flying fox. Tantang diri Anda untuk meluncur di lintasan sepanjang 110 meter, dengan ketinggian sekitar 70 meter. Rasakan sensasi melintasi dua lembah sebagai spot utama wahana ini, yang pastinya siap memacu adrenalin.

Salah satu permainan outbond ini mempunyai dua pilihan track, yaitu Marine Bridge di lembah dan Rapeling menuruni lembah. Meskipun terlihat ekstrim namun perlengkapan flying fox sudah masuk standar aman. Anda akan bergantung pada dua utas tali pengaman dan memakai helm di kepala. Ada instruktur yang mengarahkan bagaimana cara meluncur yang aman.

5. Terjun Bebas dengan Paralayan Tandem

Bila Anda mempunyai stok adrenalin yang cukup tinggi, maka bisa mencoba wahana satu ini. Peminat fasilitas tersebut lumayan ramai sehingga Anda perlu sabar mengantre. Rasa jenuh hilang ketika Anda mengudara di ketinggian 1.700 mdpl. Dengan durasi di udara 15 menit sampai satu jam, pengunjung diajak untuk menikmati panorama alam yang menyejukkan hati.

Wahana ini terbilang aman karena dikomando oleh tim ahli dari anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Kabupaten Semarang. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengabadikan lanskap alam Gunung Ungaran selama berada di ketinggian. Tidak perlu khawatir, wisata terbang ini ditemani oleh pemandu yang sabar menemani wisatawan.

6. Jelajahi Area Wisata dengan Naik ATV

Anda akan diajak mengelilingi lokasi Desa Wisata Sidomukti dengan mengendarai ATV. Agenda offroad ini melintasi beberapa lahan perkebunan dengan rute yang menantang. Jalur yang akan dilewati nantinya naik turun dan berlumpur, serta cukup berbatu. Spot ini aman digunakan untuk anak-anak, tapi tetap perlu didamping oleh orang tua.

7. Berkuda di Little Ranch

Jika datang bersama keluarga area Little Ranch bisa menjadi pilihan untuk agenda tambahan. Anda dapat mengajak si kecil untuk berkenalan dengan berbagai hewan, serta belajar cara berkebun. Lebih asyik lagi di kawasan ini bisa sewa kuda untuk berkuda mengelilingi perkebunan sayur di sekitar objek wisata.

8. Berkemah di Camping Ground

Suasana Umbul Sidomukti saat malam hari tidak kalah menawan dibandingkan waktu pagi atau siang. Tempat ini menyediakan camping ground, dimana Anda bisa berkemah di kawasa alam yang terbuka. Wisatawan akan merasakan bermalam di atas bukit dengan latar belakang hutan dan pegunungan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Umbul Sidomukti Semarang

Fasilitas di Umbul Sidomukti
Image Credit: Facebook.com @umbulsidomukti

Sebagai ikon wisata kota Semarang tentu saja destinasi ini sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas. Sehingga para pengunjung tidak perlu keluar dari area wisata, misalnya untuk mencari makanan. Mulai dari fasilitas toilet, lahan parkir luas, deretan penginapan, hingga tempat makan sudah tersedia lengkap.

Ada banyak penginapan di sekitar area wisata untuk tempat beristirahat. Anda boleh memilih antara menginap di villa atau homestay dengan fasilitas memadai. Sebagian besar penginapan berada di ketinggian sehingga memiliki view terbaik berupa pegunungan. Untuk harganya beragam tergantung dari kebutuhan yang ingin didapatkan.

Jika Anda berkunjung ke kota Semarang, sayang sekali bila tidak singgah ke Umbul Sidomukti. Di kawasan wisata inilah Anda akan menemukan ketenangan liburan yang sesungguhnya. Pemandangan alam berupa lereng Gunung Ungaran, serta udara sejuk khas pegunungan melengkapi liburan kali ini. Tidak ketinggalan berenang di kolam alami yang airnya sangat menyegarkan.