Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Apakah Anda merasa jenuh dan ingin beristirahat sejenak, namun tidak tahu harus ke mana? Sebenarnya terdapat banyak tempat wisata yang dapat Anda kunjungi, mulai dari gunung, danau, air terjun, pantai, bukit, puncak, hingga alun-alun. Biasanya tempat wisata yang sangat favorit untuk dikunjungi yaitu wisata-wisata perairan seperti danau dan pantai, atau bahkan air terjun.

Jika Anda tinggal di sekitar Kuningan, Jawa Barat, Anda dapat mencoba untuk mengunjungi Curug Putri Palutungan. Meskipun baru dibuka sejak 5 tahun silam, objek wisata curug yang satu ini memiliki ketinggian 20 meter dengan air sejuk dan desiran angin yang dapat menenangkan hati Anda. Nah, berikut ini informasi selengkapnya mengenai curug eksotis ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Putri Palutungan

Daya Tarik Curug Putri Palutungan
Image Credit: Instagram gunung_ciremai

Berbicara mengenai daya tarik, tentu saja setiap tempat wisata memiliki kekhasan dan keunikan masing-masing. Ada yang unik dari segi airnya, segi pemandangannya, segi fasilitas, dan sebagainya. Sebagai salah satu ikon Kuningan, berikut ini beberapa hal yang menjadi daya tarik bagi Curug Putri Palutungan.

1. Asal Usul Nama, Mitos, dan Sejarah Putri Palutungan

Mungkin, sebelum membahas tentang daya tarik, alangkah baiknya Anda mengetahui secara singkat mengenai asal usul atau sejarah dari curug tersebut. Konon, dinamakan Putri Palutungan karena ketika dilihat dari jauh, ternyata kelihatan seperti seorang putri yang sedang memakai gaun. Tidak hanya itu saja, dalam Bahasa Sunda, Palutungan ini dimaknai sebagai ‘sarang monyet’, di mana masyarakat sekitar masih memercayai adanya monyet yang pernah menjadi penghuni daerah Palutungan.

Selain itu, menurut legenda yang beredar di sekitar masyarakat, curug tersebut dulunya merupakan tempat pemandian para bidadari dari Kahyangan. Tidak hanya itu saja, ketika hujan turun saat matahari masih bertengger dengan gagah, nantinya setelah hujan akan muncul pelangi atau katumbiri di bagian puncaknya atau di sela-sela pepohonan. Hal itu seringkali dijadikan pertanda bahwa para dewi sedang turun ke bumi. Karena itulah masyarakat percaya bahwa air terjun ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit dan bisa mendatangkan berkah, mendekatkan jodoh, dan dapat mempercantik muka terutama untuk seorang wanita.

Kemudian, memasuki masa penjajahan Belanda, para kolonial juga pernah tinggal menetap di daerah Palutungan tersebut. Hal itu dapat dibuktikan dengan adanya bekas pabrik teh di wilayah Erpah. Satu lagi mitos yang sering muncul di sini adalah tuan-tuan Belanda tersebut sering memandikan putrinya di curug tersebut, agar kelak mereka menjadi seorang wanita yang cantik nan rupawan.

2. Air Terjun Penampakan si Putri

Sesuai dengan apa yang telah disampaikan sebelumnya, meskipun tingginya hanya mencapai 20 meter alias tidak terlalu tinggi, tetapi ketika Anda melihat dari kejauhan, tampaknya Curug Putri Palutungan tersebut membentuk penampakan seorang putri yang sedang mengenakan gaun putih, seakan-akan terasa nyata bagi Anda.

3. Air Terjun Murni nan Menyegarkan

Masih membahas seputar air terjun, ternyata air yang mengalir di sekitar Curug Putri Palutungan terbilang sangat jernih dan murni karena diduga dialirkan langsung dari Gunung Ciremai. Selain itu, air tersebut juga terasa sangat dingin, sehingga rasanya akan menyegarkan siapapun yang mencoba untuk mendekatinya atau bahkan berenang di sana.

4. Jalur Pendakian Gunung Ciremai

Di sekitar kawasan Bumi Perkemahan Palutungan, terdapat jalur pendakian bagi Anda yang berniat untuk mendaki hingga mencapai puncak Gunung Ciremai yang eksotis, gunung aktif tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut. Jalur ini memiliki titik awal dari Resort Cigugur atau Taman Nasional Gunung Ciremai. Namun, Anda harus berhati-hati ketika melewati jalur pendakian, dan siapkan segala bekal yang diperlukan dalam pendakian ke gunung.

Daya Tarik Dimiliki Curug Putri Palutungan
Image Credit: Google Maps N Rissa Hadikusumah

5. Kawasan Hijau nan Sejuk

Tidak hanya air terjun saja yang terasa dingin, namun seluruh kawasan wisata Curug Putri Palutungan juga demikian dengan rata-rata suhu sekitar 20-24oC. Curug tersebut dikelilingi oleh teduhnya berbagai pepohonan seperti pohon pinus merkusi, pepohonan berdaun merah bak musim seminya Eropa, serta pepohonan lain yang rindang nan sejuk. Bahkan, sebuah pohon yang jangkung alias berukuran sangat besar dapat menjadi daya tarik tersendiri karena dapat memberikan keteduhan bagi Anda. Selain itu, Anda juga dapat mendengarkan nyanyian para burung di berbagai pohon yang dapat membantu Anda dalam memulihkan stress.

6. Kolam Alami

Aliran air yang ada di curug cukup besar, namun tidak begitu membasahi pengunjung yang berada di sekitarnya. Selain itu, di depan curug juga terdapat suatu kolam alami yang dapat menampung curahan air terjun. Namun, uniknya lagi bentuk tanahnya cukup berundak-undak sehingga kedalaman cukup bervariasi dari yang dangkal hingga yang lebih dalam, sehingga cukup aman untuk digunakan oleh anak-anak.

7. Bumi Perkemahan dan Outbound

Bagi Anda yang senang menghabiskan waktu semalam di tempat favorit seperti Curug Putri Palutungan, Anda dapat berkemah di kawasan tersebut demi pengalaman yang maksimal. Selain itu juga terdapat berbagai permainan yang menyenangkan dan asyik dimainkan bersama teman-teman atau keluarga Anda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Putri Palutungan
Image Credit: Google Maps Emad-ud-deen Leiman

Curug Putri Palutungan, sebuah kawasan wisata air terjun yang tak terlalu tinggi namun tetap indah, terletak di Jalan Pejambon-Sagara Hiang, RT/RW 007/003, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dengan jarak sekitar 10 km dari pusat Kota Kuningan dan jarak tempuh sekitar 25 menit. Anda dapat pergi ke tempat wisata tersebut menggunakan sepeda motor, mobil, atau bahkan bis dengan pemberhentian tertentu, dengan jalan yang mulus dan juga akan melewati jalan menanjak yang akan menjurus ke Desa Cisantana.

Jika Anda berada dekat dengan pusat Kuningan, Anda tinggal mengarahkan kendaraan Anda melalui rute berikut: Jalan Baru Awirarangan – Jalan Eyang Weri – Jalan Siliwangi – Jalan Ahmad Yani – Jalan Raya Cigugur – Jalan Cigugur-Plutungan – Jalan Raya Cisantana – Jalan Pejambon – Jalan Sagara Hiang. Selain itu perlu diperhatikan bahwa setelah melewati Resort Taman Nasional Gunung Ceremai, terdapat sebuah gerbang yang akan mengarahkan Anda untuk masuk ke kawasan Bumi Perkemahan Palutungan.

Setelah itu, Anda harus berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit menyusuri bebatuan untuk tiba di tempat pelesir, sembari melihat pemandangan hutan pinus dan pepohonan berdaun merah bak musim semi di Eropa, dan nantinya Anda akan sampai di Curug Putri.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Curug Putri Palutungan
Image Credit: Instagram muhammad mukhsin

Harga tiket masuk Curug Putri Palutungan terbilang cukup unik karena dibedakan berdasarkan kategori anak/dewasa dan juga hari biasa/hari libur. Ketika Anda memutuskan untuk mengunjungi curug saat weekdays (Senin-Jumat), Anda cukup membayar 5 ribu untuk anak-anak dan 15 ribu untuk orang dewasa. Sedangkan jika misalnya Anda mengunjungi curug saat weekend atau hari libur, Anda dapat membayar 8 ribu untuk anak-anak dan Rp17.500 untuk orang dewasa.

Selain itu, Anda juga akan dikenakan biaya parkir 6 ribu untuk kendaraan roda dua dan 11 ribu untuk kendaraan roda empat. Meskipun demikian, fasilitas yang ditawarkan dan juga pemandangan yang disajikan tidak sekaleng-kaleng banyaknya biaya yang dikeluarkan. Selain itu, kawasan air terjun indah nan kece yang satu ini dibuka setiap harinya dari pukul 08.00 – 17.00 WIB, sehingga Anda dapat menikmati keindahan air terjun sepuasnya tanpa terkendala hari weekdays ataupun weekend.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Putri

Kegiatan Menarik Curug Putri
Image Credit: Instagram Jasa Travel Photography

1. Bersantai Menikmati Pesona Alam

Pesona alami Curug Putri Palutungan yaitu beningnya air asli pegunungan yang mengalir deras hingga membentuk kolam alami dan kolam-kolam lainnya dijamin dapat membuat Anda bisa betah berlama-lama di dalam kolam alami curug tersebut, di mana Anda bisa berendam, mandi, atau hanya bermain air. Anda juga dapat melakukan piknik di sekitar air terjun dengan menggelar tikar pribadi agar Anda dapat lebih meresapi pemandangan yang ada di curug. Selain itu, Anda juga dapat bersantai di atas hammock yang dapat disewa di sekitar pepohonan rindang, yang mana akan memberikan sensasi tersendiri, apalagi jika berada di hammock paling atas.

2. Mandi, Berenang, atau Bermain Air

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, air terjun dari Curug Putri Palutungan sangat terkenal akan kebersihan dan kejernihannya tanpa berlumut sedikitpun, mumpung berasal dari pegunungan. Namun, meskipun aliran airnya cukup deras, luasnya kolam alami yang terbentuk membuat kawasan ini terbilang cukup tenang. Bentuk tanahnya pun juga berundak-undak, dari yang dangkal hingga yang lebih dalam, sehingga cocok dan aman digunakan terutama bagi anak-anak yang belum bisa berenang.

3. Mengadakan Kegiatan Gathering

Dengan lokasi wisata alam Curug Putri Palutungan yang terbilang cukup luas, rasanya cocok jika tempat tersebut Anda jadikan sebagai tempat gathering atau kumpul-kumpul dengan teman-teman baik di organisasi maupun perusahaan. Anda dan teman-teman juga dapat melakukan outbound di kawasan tersebut sebagai sarana bonding antar sesama anggota.

Kegiatan Menarik di Curug Putri
Image Credit: Google Maps widi sn

4. Berkemah

Bagi Anda yang masih duduk di bangku sekolah ataupun bangku kuliah, atau bahkan merupakan salah satu pecinta alam, Anda dapat memanfaatkan kawasan curug untuk berkemah. Tentunya tidak afdol jika tidak dilakukan bersama teman-teman Anda atau dalam rangka acara sekolah dan sebagainya. Anda cukup membayar tiket sebesar 15 ribu yang dibayarkan sebelum dapat menikmati fasilitas perkemahan tersebut. Selain itu, jika Anda tidak membawa tenda sendiri, Anda harus merogoh kocek sebesar 100 ribu rupiah per malamnya sebagai biaya sewa tenda.

5. Bermain ATV

Ternyata, di objek wisata Curug Putri Palutungan juga terdapat fasilitas tracking dengan motor ATV, di mana motor tersebut bisa disewa untuk mengelilingi kawasan tersebut. Tentunya hal yang satu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda untuk mengelilingi kawasan sejuk nan asri menggunakan motor untuk mempermudah perjalanan Anda.

6. Berfoto Ria

Bagi Anda yang senang mengunjungi tempat wisata dan bahkan berfoto ria, jangan sia-siakan kesempatan ini, karena terdapat banyak spot foto yang bisa Anda gunakan dan nikmati sebagai background foto kece Anda, dimulai dari pepohonan yang rindang, curug itu sendiri, di atas hammock, dan bahkan di tebing yang menakjubkan. Namun, Anda harus membayar biaya 20 ribu rupiah untuk bisa berfoto di tebing, tetapi meskipun demikian, hasilnya akan setimpal karena akan membuat Anda akan benar-benar menyatu dengan alam.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas Curug Putri Palutungan
Image Credit: Instagram rubbishtour

Curug Putri Palutungan telah menyediakan berbagai fasilitas yang memadai dan bisa Anda gunakan sebagai pelengkap pengalaman liburan Anda sehingga menjadi pengalaman yang menyenangkan. Selain itu, sinyal ponsel tersedia di tempat tersebut sehingga Anda tetap dapat berkomunikasi dan segera meng-update status di media sosial jika Anda sudah mengunjungi tempat tersebut. Fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh pengelola curug tersebut?

1. Area Parkir

Area parkir yang terbilang cukup luas dapat ditempati baik oleh motor, mobil, bus, dan sebagainya. Meskipun biaya parkir agak berbeda dari biaya di tempat lain, namun Anda dijamin akan merasa puas karena dapat memarkirkan kendaraan dengan nyaman tanpa harus menunggu lahan parkir yang kosong jika lagi dikunjungi banyak wisatawan.

2. Toilet dan Mushola

Bagi Anda yang ingin memenuhi hajat buang air, Anda juga dapat memanfaatkan toilet yang tersedia di kawasan wisata tersebut, di mana toilet ini juga dapat Anda gunakan untuk mandi dan mengganti pakaian setelah bermain air di sekitar curug. Selain itu, bagi Anda yang beragama muslim jangan risau karena terdapat mushola yang bisa digunakan sebagai tempat beribadah khususnya sholat 5 waktu.

3. Area Camping

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu bermalam di sekitar curug, Anda dapat berkemah di Bumi Perkemahan Palutungan, dilengkapi dengan layanan persewaaan berbagai perlengkapan seperti matras, tikar, tenda, sleeping bag, kayu bakar, dan sebagainya. Namun, Anda harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan pengelola sekitar.

4. Warung dan Saung

Bagi Anda yang lupa atau tidak membawa perbekalan makanan dan minuman, jangan khawatir, karena Anda dapat mengunjungi berbagai kedai atau warung yang menyediakan menu makanan-minuman yang dijamin dapat memuaskan rasa lapar Anda. Selain itu, terdapat pula saung-saung yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai sekaligus menyantapi makanan dan menikmati pemandangan curug.

5. Area Outbound-Flying Fox

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan cara yang berbeda, Anda dapat memanfaatkan permainan-permainan outbound yang tersedia di kawasan wisata, yang mana cocok digunakan bagi sekelompok orang yang sedang mengadakan gathering, seperti fun games dan flying fox.

6. Spot Foto

Banyak sekali spot foto yang juga tersedia di kawasan curug keren yang satu ini, misalnya Jurang Landung, pepohonan berdaun Merah khas Eropa, dan Hutan Pinus. Selain dapat mendukung Anda untuk bersantai atau melepas penat sejenak, Anda juga dapat mengabadikannya dengan latar background yang indah, terlebih lagi jika Anda datang bersama pasangan Anda.

Demikianlah beberapa hal menarik terkait Curug Putri Palutungan. Bagaimana, apakah segala hal yang disampaikan cukup memenuhi hasrat penasaran Anda? Air terjun yang terletak cukup jauh dari pusat kota dengan air jernih dan keindahan di dalamnya yang sangat memanjakan mata menjadikan kawasan wisata ini layak direkomendasikan untuk dikunjungi oleh Anda. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di curug?