Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-17.30 WIB, Alamat: Gunung Mbah Ba’i, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Kota Batu yang berada di dataran tinggi membuat banyak dari deretan objek wisata di sana yang menawarkan pemandangan khas dataran tinggi. Salah satunya yaitu Goa Pinus Pujon yang menyuguhkan nuansa pepohonan pinus, goa peninggalan sejarah tersembunyi, dan pemandangan alam rupawan dari ketinggian.

Karena letaknya yang berada di dataran tinggi, objek wisata Goa Pinus ini pun menawarkan udara yang sejuk bahkan cenderung dingin ketika menjelang malam. Berada di alam bebas dengan nuansa pohon pinus yang kental dan udara dingin, tentunya membuat destinasi ini menjadi tempat yang tepat untuk menghilangkan penat dari aktivitas sehari hari.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Pinus Pujon

Daya Tarik Goa Pinus Pujon
Image Credit: Google Maps Panachai Korsawatworakun

1. Sejarah Goa Pinus

Sebelum berubah menjadi salah satu objek wisata yang terkenal di daerah Batu, Jawa Timur, lokasi di sekitar Goa Pinus tersebut dulunya merupakan tempat penambangan pasir. Bahkan lokasi ini pun banyak dikeruk pasirnya kala itu dengan tujuan untuk pembuangan. Karena terus menerus dikeruk selama proses penambangan berkelanjutan, lingkungan sekitar goa menjadi rusak.

Setelah itu, lokasi yang sudah rusak tersebut dimanfaatkan dan diubah menjadi tempat wisata indah seperti sekarang. Untuk mempermudah wisatawan yang datang, pihak pengelola juga membuat jalan setapak yang indah untuk menuju lokasi wisata. Sementara untuk goanya sendiri sudah ada sejak lama.

Dimana goa yang relatif sempit dan kecil ini merupakan bekas galian bangsa Jepang pada zaman dahulu ketika berada di Indonesia. Jika dilihat dari proses terbentuknya goa yang merupakan sebuah goa buatan, sebenarnya lebih tepat jika disebut bunker. Apalagi bentuknya juga kecil dan sempit, sehingga membuat para pengunjung harus sedikit menunduk apabila ingin masuk ke dalam.

Meskipun ukurannya kecil dan dari luar terlihat gelap dengan dinding tanah tanpa ada lapisan material lain, namun banyak pengunjung yang tertarik untuk mencoba masuk ke dalam goa, mengingat bahwa goa atau bunker ini merupakan peninggalan sejarah. Selain mengamati isi goa, banyak juga pengunjung yang hanya sekadar berfoto di pintu goa.

2. Panorama Spektakuler

Berada di dataran tinggi, tentu Goa Pinus Pujon menjadi tempat yang tepat untuk menikmati panorama alam dari ketinggian. Terlebih di lokasi sudah disediakan sebuah gardu pandang yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk menikmati keindahan alam di sekitar. Dimana panorama alam di sekitar lokasi ini sendiri begitu spektakuler, pastinya membuat anda terkagum kagum ketika melihatnya.

Meski berada di ketinggian, anda tidak perlu khawatir ketika naik ke atas gardu pandang. Pasalnya spot gardu pandang tersebut memiliki pagar pembatas yang terbuat dari bambu, sehingga membuat pengunjung lebih aman selama berada di atasnya. Dari gardu pandang ini, anda bisa menyaksikan panorama pegunungan dan hamparan hijau yang menyejukkan mata.

Daya Tarik Dimiliki Goa Pinus Pujon
Image Credit: Google Maps Ingsiar Mahardika Siswoyo

3. Hutan Pinus

Namanya saja Goa Pinus, tentu hal menarik yang bisa ditemukan di sini bukan hanya sekadar goa peninggalan sejarah saja. Namun anda juga akan berjumpa dengan kawasan yang ditumbuhi dengan banyak pohon pinus menjulang tinggi, membuatnya membentuk sebuah hutan pinus yang cantik.

Biasanya para pengunjung banyak menghabiskan waktu untuk berfoto di antara pohon pinus yang menjulang tinggi tersebut. Pasalnya hasil potret dengan dikelilingi pohon pinus yang menjulang terlihat begitu epic dan sangat instagramable. Apalagi jika anda mengambil gambar ketika cuaca sedang cerah, maka hasil fotonya akan sangat ciamik.

4. Spot Foto Menarik

Tidak hanya hutan pinus dan goa peninggalan sejarah saja yang bisa dijadikan sebagai spot foto di Goa Pinus Pujon. Pasalnya pihak pengelola sudah membangun beberapa spot foto buatan menarik, yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berswafoto. Bahkan deretan spot foto yang ada di sini terlihat begitu unik, dengan latar belakang pemandangan hijau nan indah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Goa Pinus Batu
Image Credit: Google Maps JJ Tour Travel

Alamat Goa Pinus Pujon berada di Gg. Mbah Ba’i, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Lokasi ini berjarak sekitar 11 kilometer dari pusat Kota Batu, atau setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 25 menit perjalanan untuk mencapai destinasi. Untuk aksesnya sendiri bisa dibilang cukup sulit bagi anda yang tidak membawa kendaraan pribadi.

Pasalnya belum terdapat angkutan umum yang tersedia hingga mencapai tempat tujuan. Sehingga anda sebaiknya membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan di pusat kota terlebih dahulu sebelum berangkat. Cara menuju Goa Pinus nantinya bisa dengan mengikuti arah menuju kawasan Pujon.

Anda bisa melalui Jalan Brigjen Abd Manan Wijaya, nanti akan ditemukan petunjuk arah yang dapat menunjukkan lokasi wisata. Jika masih bingung, anda bisa bertanya pada penduduk sekitar sebab objek wisata ini sudah populer bagi masyarakat setempat. Mengikuti arahan dari peta digital juga bisa dilakukan untuk sampai ke lokasi tujuan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Goa Pinus Batu
Image Credit: Google Maps Bahrudin Hasan

Menurut informasi, Goa Pinus Pujon dibuka mulai pukul 07.00 WIB dan tutup pada pukul 17.30 WIB. Termasuk waktu yang cukup untuk menikmati matahari pagi dan waktu senja, sebab dua waktu tersebut menjadi favorit bagi para pengunjung karena foto yang dihasilkan jauh lebih menawan.

Bagi anda yang tertarik untuk berkunjung ke sini, sebaiknya siapkan budget minimal di atas Rp.10.000. Karena harga tiket masuknya sekitar Rp. 5.000 pada hari kerja dan Rp. 10.000 pada akhir pekan, belum termasuk retribusi parkir. Sementara tarif parkirnya mematok harga Rp. 3.000 untuk sepeda motor, Rp. 5.000 untuk mobil, dan Rp. 10.000 untuk bus.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Goa Pinus

Kegiatan Menarik Goa Pinus
Image Credit: Google Maps Frida Emilia Sandi

1. Papan Selamat Datang

Setiap objek wisata umumnya memang memiliki papan selamat datang sebagai tanda memasuki area wisata dan untuk menyambut pengunjung. Namun ada yang unik dari papan selamat datang, tulisan “WELCOME TO GOA PINUS” yang ditulis dengan huruf kapital, papan selamat datang ini menjadi salah satu spot foto favorit pengunjung.

Spotnya sangat menarik dan begitu kental akan nuansa alam, sehingga bagus untuk foto selfie maupun bersama dengan grup. Biasanya para wisatawan yang datang pun selalu menyempatkan diri untuk mengambil potret di spot ini terlebih dahulu, sebelum masuk menjelajah lokasi wisata. Jadi, sempatkan diri anda berfoto di area ini saat berkunjung ke Goa Pinus Pujon.

2. Berfoto di Rumah Papua

Goa bersejarah ini memiliki satu area yang menyajikan beberapa rumah Honai atau rumah khas Papua, di Kawasan Papua. Saat anda memasuki Kawasan Papua tersebut, maka gapura unik yang tersusun dari kayu akan menyambut kedatangan anda. Adanya gapura ini sendiri tidak sembarangan, karena keberadaannya mampu menambah kesan alami di area tersebut.

Rumah Honai khas Papua dengan bentuk bulan kecil serta atap dari jerami ini merupakan salah satu ikon dari wisata Goa Pinus. Biasanya banyak pengunjung pun tidak ketinggalan untuk berfoto di sini. Yang mana di sekitar rumah tersebut juga terdapat banyak pohon pinus, sehingga membuat kawasannya terasa asri dan menyejukkan.

Anda yang ingin masuk ke Kawasan Papua ini perlu membayar tiket tambahan, itulah mengapa terdapat sebuah gapura sebagai tanda memasuki kawasan. Namun tidak perlu khawatir karena harga tiket tambahan sangat murah meriah. Apalagi selain rumah Honai, ada banyak spot foto menarik lainnya yang bisa anda nikmati.

3. Spot Foto Batu Tepi Jurang

Selain gardu pandang yang diberi pagar pembatas dari bambu, ada satu lagi spot foto yang bisa juga dimanfaatkan sebagai gardu pandang di sini. Berada di Kawasan Papua, spot ini berbentuk sebuah batu besar yang letaknya persis di tepi jurang. Meski pemandangan yang bisa dilihat dari atas batu tersebut sangat indah, namun diperlukan keberanian untuk menjejakkan kaki di atasnya.

Pasalnya spot foto batu tepi jurang ini tidak seperti gardu pandang pada umumnya yang memiliki pagar pembatas. Batu besar yang berada di tepi jurang tersebut tidak dibatasi oleh apapun, sehingga dijamin akan memacu adrenalin selama berfoto di sana. Belum lagi hembusan angin yang mengenai tubuh bisa menambah sensasi deg degan yang dirasakan.

4. Spot Foto Perahu di Jurang

Hampir mirip dengan spot foto batu tepi jurang, ada juga sebuah spot foto berbentuk seperti perahu yang diletakkan menjorok ke jurang. Apabila sanggup mengalahkan rasa takut akan ketinggian yang bagian bawahnya benar benar jurang, maka anda akan mendapatkan foto keren dengan latar belakang pemandangan cantik.

Meski banyak spot foto yang diletakkan di area pinggir jurang, sebenarnya pengunjung tidak perlu khawatir. Karena setiap foto di sini dibuat dengan memastikan keamanannya ketika digunakan untuk berfoto. Selain itu, pastikan bahwa area spot foto tidak menampung terlalu banyak orang dalam satu waktu. Jika mengikuti peraturan yang ada, pastinya semua akan aman terkendali.

Kegiatan Menarik di Goa Pinus
Image Credit: Google Maps Zulfa Durrotun Nasihin

5. Spot Foto Sarang Burung

Spot foto unik lainnya yang ditawarkan di Goa Pinus Pujon yakni sarang burung raksasa dengan beberapa pecahan kulit telur buatan yang berukuran besar. Biasanya pengunjung akan berpose dengan duduk di antara pecahan kulit telur tersebut, seolah dirinya yang menetas dari telur. Latar belakang pemandangan indah juga turut mempercantik potret anda di sini.

6. Bersantai di Hammock

Dengan adanya hutan pohon pinus yang menjulang tinggi, ini merupakan spot yang tepat untuk memasang hammock. Selain dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk duduk bersantai, hammock tersebut juga bisa dijadikan sebagai spot berfoto yang indah. Coba saja pasang beberapa hammock untuk foto grup, pasti hasilnya akan sangat unik.

7. Memanah

Di Goa Pinus Pujon, ada juga spot memanah yang disediakan untuk pengunjung. Lengkap dengan sebuah panah, anak panah, serta target sasarannya, spot ini bisa digunakan sebagai tempat bermain yang asyik. Tentunya anda yang ingin mengabadikan momen di sini juga sangat direkomendasikan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Goa Pinus Batu
Image Credit: Google Maps Wahib Betric

Telah dibuka sebagai sebuah objek wisata yang resmi, Goa Pinus menyediakan deretan fasilitas untuk menunjang dan memanjakan para wisatawan yang datang. Mulai dari area parkir yang cukup luas, toilet, warung penjual makanan, hingga beberapa bangunan di pinggir bukit yang bisa dijadikan sebagai tempat istirahat.

Demikian sedikit informasi mengenai Goa Pinus Pujon, jadi jangan sampai tidak menyempatkan diri berkunjung ke sana selama anda berlibur di kota dingin tersebut. Apalagi selain melihat secara langsung goa peninggalan sejarah, ada banyak spot foto menarik yang bisa anda coba untuk menghasilkan potret ciamik.