Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Pringapus, Kec. Ngadirejo, Kab. Temanggung, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Apa yang ada di pikiranmu pada saat mendengar kata Temanggung? Jadi mayoritas banyak yang beranggapan jika Temanggung lekat dengan berbagai kawasan wisata yang berkaitan dengan tempat kuliner. Mulai dari kampung sawah temanggung, ayam bakar pak Joe’dag, wedang ronde Wasis, dan masih banyak yang lainnya. Namun anda juga bakal menemukan wisata sejarah yang sangat menarik disana.

Salah satu wisata sejarah yang banyak menyimpan sejarah jika berkunjung di Temanggung adalah Candi Pringapus. Candi yang stau ini banyak diminati oleh pengunjung baika domesti maupun luar negeri untuk beajar ilmu sejarah. Jangan salah, jika anda datang ke sana maka akan menemukan banyak keindahan dan daya tarik. penasaran lebih lengkapnya? Berikut penjelasan lengkapnya untuk anda.

Sejarah Singkat Candi Pringapus

Sejarah Singkat Candi Pringapus
Image Credit: Google Maps Raynardthan Pontoh

Dalam catatan sejarah menunjukkan bahwasannya situs bersejarah ini di bangun sekitar tahun 850 masehi. Penjelasan tersebut berdasarkan dari prasasti yang ditemukan di area candi pada saat diadakannya restorasi pada tahun sekitar 1932. Asal anda tahu, candi yang untik ini merupakan replikasi dari Mahameru. Dimana gunung ini dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa.

Pernyataan diatas bisa disimpulkan seperti itu, karena dalam bangunan Candi Pringapus di temukan sebuah relief hapsara-hapsari dan juga antefiks yang telah menggambarkan makhluk dengan wujud setengah dewa. Pola candi yang ada di daerah Temanggung tersebut bisa terlihat dengan danaya induk yang telah dihadapkan pada perwara.

Asal anda tahu, candi ini bercorak Hindu dengan menggunakan sekte Siwaistis. Hal tersebut bisa dikatakan demikian karena adanya sebuah arya yang melambangkan Hindu. Selain itu juga sangat erat kaitannya dengan wujud Dewa Siwa yang sangat di agungkan.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli yang bernama E.B. Vogler sekitar tahun 1949, ia menemukan hasil dalam risetnya yaitu sebuah ragam hias kala makara di Candi Pringapus. Dan dalam sebuah perbandingan menunjukkan, bahkan umur dari candi hampir memiliki ciri-ciri yang sama dengan candi Badut dan juga Kalasan.

Daya Tarik Candi Pringapus

Daya Tarik Candi Pringapus
Image Credit: Google Maps Rifky Zulfa

1. Mempunyai Desain Arsitektur yang Sangat Unik

Setelah mengetahui sejarahnya, maka kini saatnya anda di paparkan mengenai apa saja daya tarik dari wisata Candi Pringapus. Salah satu daya tarik yang ada dalam bangunan bersejarah ini adalah mempunyai desain arsitektur yang sangat bagus. Hal ini bukan tanpa sebab, karena di lam banguna tersbeut anda bakal menemukan banyak keunikan.

Keunikan yang dimaksud adalah bangunan yang hanya dibuat menggunakan aneka batuan andesit. Meskipun begitu, bangunan pada candi ini masih terbilang sangat kuat hingga detik ini. keunikan lainnya juga bisa ditemukan pada bagian dinding, dimana anda bakal di kejutkan dengan relief yang menggambarkan bahwa candi tersebut masuk dalam tatanan Agama Hindu Siwa.

Sebagai salah satu bangunan yang mengandung saksi sejarah, maka banguann ini sangat menarik dengan adanya hiasan kala berdagu. Umumnya untuk kala berdagu ini menjadi salah satu ciri khas dari bangunan yang terbuat dari tanah Jawa Timur. Untuk itu banyak juga yang berdatangan untuk menyaksikan keindahan kala di area candi ini.

2. Terdapat Arca yang Memiliki Keunikan Tersendiri

Tidak ketinggalan, apabila anda bakal menemukan yang namanya arca lembu dalam posisi duduk di Candi Pringapus. Bahkan pada bagian yang lainnya anda bakal menemukan arca Durga Mahasasuramardhini. Durga yang satu ini ada;ah salah satu bentuk atau perwujudan dari Uma sebagai Ratu yang cantik dengan berbagai macam senjata yang di anugerahi oleh Dewa.

3. Berbagai Ornamen Pahatan yang Keren

Aneka pahatan juga bisa anda temui dengan mudah di bagian ini. Salah satu pahatan yang banyak menarik perhatian adalah adanya tokoh pri dan wanita, kemungkinan pahatan yang dimaksud disini adalah Dewa, sebab terdapat prabha dan juga lengan kanan di bagian perempuan. Sedangkan untuk tangan kirinya berada di bagian bahu dekat dada yang wanita.

4. Terdapat Area Spot Foto Menarik

Jangan salah, anda juga bisa menikmati spot foto di Candi Pringapus dengan posisi yang sangat menarik di area wisata tersebut. Mulai dari keseluruhan bangunan candinya, taman di sekitar area wisata, arca, bebatuan, dan juga berbagai relian serta hiasannya. Sehingga tidak jarang juga banyak orang yang tertarik untik mengabadikan momen berharganya disini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Candi Pringapus
Image Credit: Google Maps Henryd Tjipoendjoer

Kawasan wisata yang satu ini terletak di kawasan Desa Pringapus sesuai dengan nama candinya, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah. Kawasan wisata ini banyak menyita perhatian wisatawan, meskipun lokasinya berada di pedesaan. Meskipun begitu, penduduk yang ada di sekitarnya juga sangat ramah, sehingga pengunjung yang datang tidak akan kapok untuk mengulangi rekreasi.

Asal anda tahu, agar bisa sampai ke lokasi destinasi wisata Candi Pringapus, maka anda bisa menggunakan sarana transportasi darat berupa kendaraan roda dua, empat, ataupun carteran seperti bus. Meskipun berada di wilayah pedesaan, namun dengan lokasi sekitar 22 km dari arah Barat Laut Temanggung maka bisa anda jangkau dengan mudah menggunakan google map.

Harga Tiket dan Jam Operasional Museum

Harga Tiket Masuk Candi Pringapus
Image Credit: Google Maps Fergie Witora

Sebelum pada akhirnya mengunjungi kawasan wisata, pasti salah satu hal yang tidak boleh terlupakan adalah mengecek harga tiket yang ditawarkan. Jadi untuk harga tiket saat ingin mengunjungi kawasan wisata ini bisa dikatakan masih terjangkau. Sebab anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 5 ribuan saja per orang.

Lalu bagaimana dengan jam operasional kawasan wisata Candi Pringapus ini? Sama dengan destinasi lainnya, bangunan bersejarah ini juga memiliki jam operasional yang terbilang cukup panjang. Dimana wisata ini mulai dibuka sekitar pukul 8 pagi dan diakhiri jam 5 sore. Namun biasanya pengunjung mulai padat sekitar jam 9 pagi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Candi Pringapus
Image Credit: Google Maps danang setyoko

1. Belajar Ilmu Sejarah

Pada dasarnya ada banyak hal yang bisa anda lakukan jika anda datang dan mengunjungi kawasan wisata candi di Temanggung ini, salah satunya yaitu belajar Ilmu sejarah. Mungkin banyak yang beranggapan jika ilmu sejarah itu membosankan dan identik membaca. Namun jangan salah, ada hal lain yang bisa anda lakukan yaitu dengan belajar secara langsung di Candi Pringapus.

Bagaimana cara belajar ilmu sejarah secara langsung? Sangat mudah, salah satunya dengan langsung mengunjungi salah satu kawasan wisata bersejarah ini. Pasti anda bertanya-tanya, bagaimana cara belajarnya? Caranya sangatlah mudah, anda hanya perlu datang dan mengikuti instruktur yang menjelaskan.

Biasanya suasana semakin asik tatkala anda dan juga rombongan bisa langsung saling bertanya dan juga berdiskusi dengan sesama. Dengan begitu, maka sudah tidak ada lagi kata belajar sejarah yang membosankan dan lainnya, sebab anda dan rombongan akan dibuat asyik dengan diskusi dua serta banyak arah.

2. Studi Ilmu Arsitektur

Tidak hanya belajar ilmu sejarah, bagi pengunjung yang notabenenya tertarik dalam bidang arsitektur juga sangat disarankan untuk mengunjungi kawasan wisata Candi Pringapus. Hal ini bukanlah tanpa alasan, sebab dengan mengunjungi wisata ini maka anda bakal di kejutkan dengan berbagai karya arsitektur yang sangat indah.

Mulai dai bahan bagunannya yang menggunakan bebatuan andesitdengan luas kurang lebih sekitar 29, 68 meter persegi. Tidak ketinggalan, pada area pintu masuk ke candi, anda bakal di kejutkan dengan hiasan kalamakara yang sangat eksotis. Kemudian jika dilihat dari atap candinya, mempunyai bentuk kotak dengan susun bertiga. Dimana untuk susunannya semakin ke atas amka mengecil.

3. Mengabadikan Momen Berharga

Jangan sah, pengunjung yang hadir di kawasan tempat wisata ini juga bisa mengabadikan momen berharganya di setiap sudut bangunan. Mulai dari area depan, belakang, samping hingga di berbagai arca sekitar Candi Pringapus. Bahkan tidak jarang juga yang memilih foto dengan posisi duduk dan memperlihatkan kemegahan candi ini.

Tidak ketinggalan, area yang ada di sekitar candi ini nyatanya di atta sangat rapi, serta dihiasi pepohonan. Sehingga banyak juga pengunjung yang datang ke lokasi wisata menggunakan baground taman serta lingkungan sekitar. Meskipun candi ini tidak sebesar Borobudur, banyak juga yang tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata yang satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Pringapus

Fasilitas Candi Pringapus
Image Credit: Google Maps Raynardthan Pontoh

Pada dasarnya ada banyak sekali fasilitas yang disediakan jika anda ingin mengunjungi kawasan wisata ini. Salah satu yang paling penting adalah area parkir. Karena terkadang banyak pengunjung yang datang, maka untuk area parkir memiliki ukuran yang bisa dikatakan luas.

Fasilitas selanjutnya yang bakal anda dapatkan jika mengunjungi candi adalah terdapat beberapa warung yang menjajakan kuliner yang lezat di sekitar area wisata. Sehingga saat sudah asyik mengunjungi area candi, banyak yang istirahat di kawasan tersebut untuk makan. Tidak jauh dari lokasi, anda juga bakal menemukan penginapan dengan harga yang bervariasi.

Kesimpulan yang bisa diambil bahwa Candi Pringapus berada di kawasan sesuai namanya. Bangunan bersejarah ini juga mempunyai banyak daya tarik yang mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung. Daya tarik yang dimaksud antara lain memiliki desain arsitektur yang unik, memiliki arca dan pahatan ornamen yang sangat keren, serta spot foto menarik.