Jika anda memiliki ketertarikan terhadap seni, maka Museum Basoeki Abdullah menjadi salah satu lokasi yang tepat untuk dikunjungi. Berbagai peninggalan koleksi pribadi dipamerkan di Museum yang artistik ini.

Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 09.00-15.00 WIB, Alamat: Jl. Keuangan Raya No.19, Cilandak Barat, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta; Map: Cek Lokasi

Berbicara mengenai museum yang ada di Jakarta, maka akan ada banyak tempat yang bisa dikunjungi. Salah satu yang menjadi lokasi terbaik untuk mengenal tokoh yang berpengaruh di masa lampau adalah Museum Basoeki Abdullah. Museum yang satu ini bisa menjadi referensi mencari tahu sejarah masa lalu dan mengisi waktu liburan yang bermakna.

Sederet peninggalan dan karya berharga bisa ditemukan di museum yang begitu megah ini. Seperti namanya, ada banyak sekali barang dan perlengkapan yang berhubungan dengan Basoeki Abdullah. Anda bisa menemukan patung, wayang, topeng, dan senjata. Selain itu, ada juga ruangan khusus untuk menggelar penelitian, seminar, dan lokakarya. Untuk lebih lanjut, berikut infonya.

Sejarah Museum Basoeki Abdullah

Sejarah Museum Basoeki Abdullah
Image Credit: Google Maps Arya Kahar

Museum yang bersejarah ini merupakan salah satu tempat yang berisikan koleksi pribadi dan lukisan Basoeki Abdullah. Ada banyak hal yang bisa ditemukan di museum yang cukup megah ini. Anda bisa menemukan patung, senjata, wayang, dan bahkan lukisan berada di pameran museum. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menjadi pengelola utama dari museum.

Keberadaan museum ini tak lepas dari peranan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata pada tanggal 25 September 2001. Saat itu menteri yang menjabat meresmikan museum sebagai wasiat dari Basoeki Abdullah yang meninggal pada tahun 1993 tepatnya tanggal 5 November. Sebagai cara untuk mengingatnya, maka museum ini dibuat sedemikian rupa.

Pada saat itu, dia berpesan agar koleksi pribadi, kesenian, lukisan, dan rumah kediamannya dihibahkan ke Negara. Alhasil, pada tahun 1998, rumah yang berlokasikan di Jalan Keuangan Raya Nomor 19 Cilandak Jakarta Selatan tersebut berpindah tangan ke Pemerintah Republik Indonesia. Tentunya serah terima dilakukan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Rumah tersebut memiliki luas yang cukup besar, karena berukuran 600 meter persegi. Ini berdiri di tanah seluas 450 meter persegi. Awalnya, bangunan rumah ini memiliki tingkat dua. Lambat laun, rumah ini kemudian direnovasi secara signifikan agar bisa dialihfungsikan sebagai museum. Dari sinilah asal muasal Museum Basoeki Abdullah bisa didirikan oleh pemerintah.

Koleksi Museum Basoeki Abdullah

Koleksi Museum Basoeki Abdullah
Image Credit: Google Maps santo jimny

1. Koleksi Secara General

Museum Basoeki Abdullah memiliki beragam isi berupa karya karya seni yang bernilai fantastis. Beberapa diantaranya terdiri dari lukisan repro, lukisan asli, topeng, wayang golek, wayang kulit, topeng, peraga, peralatan dapur, musik, buku, foto, senjata, hiasan, sampai dengan ruang memorial mendiang.

2. Koleksi di Lantai 1

Seperti yang sudah diketahui, ada banyak koleksi yang ada di Museum Basoeki Abdullah. Jumlah koleksi pribadi yang ditinggalkan Basoeki Abdullah sebanyak 720 buah, baik barang dan benda seni. Sementara itu, ada juga majalah dan buku yang berjajar rapi hingga mencapai 3000 buah. Dari jumlah tersebut, beberapa di antaranya dihibahkan sebanyak 123 buah.

Ketika memasuki lokasi Museum Basoeki Abdulah, pengunjung akan melihat ruangan memorial yang bera di lantai satu. Ini bisa dilihat dengan kamar tidur milik Basoeki Abdullah. Berselang dari tempat tidur, terdapat lukisannya saat masih berusia 10 tahun dengan menggambar wajah ayahnya yang bernama Abdullah Suriosubroto.

3. Koleksi di Lantai 2

Beranjak ke lantai dua, pengunjung bisa melihat hasil karya dari Basoeki Abdullah sejumlah 40 karya. Lukisan tersebut dipamerkan dari 115 karya lukisannya yang begitu bermakna. Anda bisa menemukan tema lukisan seperti tokoh tokoh besar negara, lukisan abstrak, dan pemandangan alam. Beberapa nama tokoh terkenal seperti R.A Kartini, Pangeran Diponegoro, dan lainnya.

Sementara itu untuk lukisan pemandangan alam terdiri dari pegunungan, laut, dan binatang. Tidak ketinggalan, ada juga lukisan tiga dimensi dengan tema flora fauna kekayaan yang langka. Lukisan tersebut menggambarkan wanita yang terlihat menyelam di bawah laut bersama dengan ikan kecil dan terumbu karang.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Museum Basoeki
Image Credit: Google Maps Jakarta Tourism

Jika ingin mengunjungi Museum Basoeki Abdullah, anda harus datang ke alamat Jalan Keuangan Raya yang berada di Cilandak Barat nomor 19. Lebih tepatnya, bangunan bersejarah ini berada di kawasan Jakarta Selatan. Bisa dikatakan jika akses untuk sampai ke lokasi terbilang cukup mudah. Apalagi dengan kemudahan transportasi umum yang tersedia di kawasan tersebut.

Bagi anda yang berasal dari luar Jakarta Selatan, maka bisa memanfaatkan moda transportasi publik seperti MRT. Tidak sulit untuk menuju museum tersebut, karena hanya perlu berhenti di stasiun MRT. Anda harus memilih jalur keluar yang ada di sebelah kiri dengan papan petunjuk besar bertuliskan Museum Basoeki Abdullah.

Setelah mengikuti arah tersebut, lanjutkan dengan menyebrang jalan dekat lampu lalu lintas, kemudian berjalan beberapa meter. Tidak lama kemudian, anda akan menemukan papan lukisan dengan tulisan Basoeki Abdullah yang ada di kanan jalan. Dari jalur transportasi inilah anda bisa sampai ke museum dengan cepat.

Museum ini bisa dikunjungi kapan saja oleh para wisatawan, penduduk lokal, maupun turis asing. Tentu harga tiket yang ditawarkan begitu terjangkau dan tidak membebankan. Untuk dewasa, tiket yang dipatok sebesar Rp 2.000 dan anak anak hanya Rp 1.000. Sementara itu, turis asing yang berkunjung harus membayar tiket masuk Rp 10.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Museum Basoeki Abdullah
Image Credit: Google Maps Jakarta Tourism

1. Melihat Lukisan Basoeki Abdullah

Sebagai salah satu museum yang bersejarah,sudah populer sejak pertama kali dibuka untuk publik. Salah satu yang membuat terkagum yaitu hasil karya lukisan yang begitu indah. Museum ini menjadi atraksi seni dan budaya yang bisa dilihat sepanjang tahun. Karya yang ditunjukkan berupa lukisan semasa hidupnya yang begitu indah.

Tidak jarang juga lukisan milik Basuki Abdullah ditampilkan bersama pelukis lainnya di pameran seni Museum. Selain memberikan sentuhan baru ke museum ini, lukisan lain juga dapat meramaikan Museum yang dilaunching oleh Kementerian Budaya. Salah satu lukisan yang menjadi ajang pameran yaitu lukisan potret yang menawan.

2. Mengikuti Seminar Seni dan Budaya

Jika andai angin menambah wawasan mengenai seni dan budaya di Indonesia, kegiatan seminar bisa dilakukan. Seminar ini akan dilakukan secara rutin oleh pihak Museum Basoeki Abdullah untuk para pengunjung yang datang Seminar ini menjelaskan mengenai lukisan Basoeki Abdullah sangat berpengaruh dari segi gaya, teknik, dan tema tertentu.

3. Lokakarya dengan Tema yang Spesifik

Selain mengadakan seminar, ternyata ada juga kegiatan rutin lainnya yang biasa dihelat lokasi ini. Ada berbagai macam lokakarya yang bisa diikuti, mulai dari menggambar bentuk potret untuk anak SD dan SMP, sampai dengan menggambar untuk mata pelajaran seni budaya dari sekolah. Tidak hanya itu saja, ada juga lokakarya untuk menggambar komik.

Jika dilihat secara mendetail, sebenarnya tidak semua kegiatan lokakarya tersebut diadakan.Hanya sebagian kecil diadakan untuk menyambut para pengunjung. Ini pun juga harus dilakukan dengan pihak lain atau kerja sama dari esternak. Lokakarya tersebut tentunya bisa diikuti oleh banyak orang dengan latar belakang berbeda.

Aktivitas Menarik di Museum Basoeki Abdullah
Image Credit: Google Maps Abdon Djuliawan

4. Wisata Menggambar yang Menyenangkan

Jika anda memiliki kerabat atau saudara yang masih siswa, maka bisa mengikuti wisata menggambar. Museum Basoeki Abdullah mengadakan wisata untuk menggambar bagi murid sekolahan di Jakarta. Anda hanya perlu menghubungi pihak museum untuk mengadakan atraksi hiburan yang unik dan mendidik.

5. Mengabadikan Momen Terbaik Bersama Karya Seni Basoeki Abdullah

Berkunjung ke museum ini kurang lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen berharga di dalamnya. Pengunjung bisa dengan leluasa mengambil gambar di museum tersebut agar mengabadikan momen berharga. Ada banyak spot yang bsia dimanfaatkan untuk berfoto, seperti di lantai 1 dan lantai 2.

Objek Wisata Terdekat dari Basoeki Abdullah

Objek Wisata Terdekat dari Basoeki Abdullah
Image Credit: Google Maps Joko Yuwono

1. Masjid Jami An-Nur

Ketika mengunjungi Museum Basoeki Abdullah, jangan lupa mampir ke salah satu masjid yang berada tidak jauh dari lokasi museum. Anda bisa datang ke Masjid Jami An Nur untuk beribadah bagi umat muslim. Bangunan masjid ini memiliki konstruksi yang unik. Jadi, jangan sampai lewatkan kunjungan ke masjid megah agung ini.

2. Museum Harry Darsono

Beranjak ke tempat wisata berikutnya, anda bisa mengunjungi museum Harry Darsono. Hanya beberapa kilometer dari museum, maka pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju Museum Harry Darsono. Jadi, selain mengunjungi Museum Basoeki Abdullah, anda juga dapat melihat keunikan seputar dunia fashion.

3. Ragunan Zoo

Jika anda datang ke museum di Hari Selasa sampai Minggu, maka bisa melanjutkan perjalanan ke Kebun Binatang Ragunan. Ada banyak satwa yang bisa dilihat di kebun binatang ini. Hampir 2288 hewan hidup di Ragunan Zoo. Dengan sejumlah satwa tersebut, anda bisa melihat hewan dari dekat dan mempelajari bagaimana mereka hidup di kebun binatang.

Demikianlah beberapa informasi Museum Basoeki Abdullah yang terkenal dengan keseniannya. Untuk berkunjung ke kawasan museum unik ini, anda hanya perlu merogoh kocek yang cukup terjangkau. Tudak hanya itu, transportasi untuk menjangkaunya juga sangat mumpuni karena bisa diakses dengan mudah. Selain itu, ada juga objek wisata di sekitarnya yang sayang jika dilewatkan.