15 Restoran & Tempat Makan di Blitar Paling Enak & Murah

Tempat Makan Blitar

Blitar merupakan kota di Jawa Timur yang mendapat julukan kota patria. Memiliki tempat tersohor seperti Makam Bung Karno dan situs seperti Candi Penataran yang kerap jadi tujuan wisata. Ternyata selain memiliki tempat wisata yang rekomendasi untuk dikunjungi, kota Blitar juga menawarkan wisata kuliner yang menarik.

Jika anda sedang berkunjung dan ingin menikmati kuliner, daftar retoran dan tempat makan di Blitar dalam ulasan berikut bisa menjadi referensi terbaik.

1. Warung Pecel Mbok Bari 6

Warung Pecel Mbok Bari 6

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno No.189, Sentul, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. – Image Credit by Rifkyyusuf.student.umm.ac.id

Pecel Blitar tak kalah terkenalnya dengan pecel dari daerah yang lainnya. Cita rasanya tidak terlalu manis dengan rasa yang lebih gurih. Apalagi aroma dari daun jeruknya lebih terasa sehingga menambah nafsu makan anda. Salah satu tempat menikmati pecel Blitar yang direkomendasikan adalah Warung Pecel Mbok Bari 6. Tempat satu ini sudah kondang dan banyak sekali pelanggannya dari berbagai daerah.

Jangan heran jika anda ke tempat satu ini anda akan menjempui pembeli yang berjubel. Untuk menikmati pecel lebih nikmat, anda bisa memilih aneka lauk yang disediakan. Mulai dari ayam goreng, tempe, telur hingga sajian gorengan yang tak kalah nikmat. Pecel Blitar biasanya disajikan dengan peyek kacang yang akan membuat rasanya semakin nikmat. Lokasinya juga strategis berdekatan dengan Makam Bung Karno hanya dengan berjalan kaki saja.

2. Tahu Bumbu Lawu

Tahu Bumbu Lawu

Lokasi: Jl. Lawu, Kauman, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. – Image Credit by Tempatkulinerdiindonesia68.blogspot.com

Seporti tahu bumbu yang masih hangat sepertinya tidak bisa dilewatkan begitu saja. Tahu bumbu merupakan tahu yang disiram dengan sambal kacang dengan bumbu khusus dan biasanya dinikmati dengan lontong. Di Blitar tempat makan yang menyediakan menu ini dan tersohor adalah Tahu Bumbu Lawu. Tahu Bumbu ini terletak di Jl. Lawu kota Blitar, tak susah untuk menemukannya karena masyarakat sudah familiar dengan tempat satu ini.

3. Soto Babat Mardi Waluyo

Soto Babat Mardi Waluyo

Lokasi: Jl. Kalimantan No.113, Karangtengah, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. – Image Credit by Sotodaginglamongancakdi.business.site

Jika anda ingin menikmati soto babat dengan rasa andalan di daerah Blitar, maka tempat makan ini bisa menjadi pilihan. Soto Babat Mardi Waluto teletak dekat dengan rumah sakit Mardi Waluyo dan juga Ganesha Operation. Soto Babat di sini selain memiliki rasa yang nikmat juga dibandrol dengan harga yang bersahabat. Satu porsi soto dibanderol dengan harga mulai Rp. 6 ribu saja. Tertarik untuk menyantap soto babat andalan ini?

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Tulungagung Paling Enak & Mudah

4. Es Drop

Es Drop

Lokasi: Jl. Anggrek No.51, Sukorejo, Kec. Sukorejo, Kota Blitar. – Image Credit by Brilio.net

Es Drop merupakan salah satu minuman khas dari Blitar yang harus anda coba ketika mampir ke Blitar. Es ini sudah ada sejak lama dan keberadaannya masih eksis hingga saat ini. Es Drop ini kerap di jual di depan makan Bung Karno dengan ciri khas termos yang berwarna merah. Es Drop di bungkus dengan kertas dan memiliki aneka rasa sebagai penawar dahaga anda. Es ini bahkan sering disajikan di acara penting dan dijajakan keliling kota.

5. Es Pleret Kebon Rojo

Es Pleret Kebon Rojo

Lokasi: Jl. Diponegoro No.12, Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. – Image Credit by Travelingyuk.com

Es Pleret merupakan es yang didalamnya ada bola bola kecil yang tengahnya berlubang. Bola bola inilah yang disebut dengan pleret. Sangat nikmat disajikan dengan santan dan gula jawa. Salah satu tempat yang menjual Es Pleret dan terkenal dengan rasanya yang nikmat adalah Es Pleret yang ada di Kebon Rejo. Anda bisa langsung mencobanya dengan datang pada jam 8 pagi hingga jam 2 siang. Kini juga sudah banyak yang menghadirkan minuman ini dengan berbagai isi pendamping.

6. Ikan Uceng Di Warung Barokah Pak Sabar

Ikan Uceng Di Warung Barokah Pak Sabar

Lokasi: Jl. Semeru No.18, Babadan, Kec. Wlingi, Kota Blitar. – Image Credit by Travelingyuk.com

Uceng merupakan ikan air tawar yang biasanya hidup di sungai. Bentuknya bulat dan hanya seukuran jempol saja. Di Blitar uceng kerap diolah menjadi berbagai makanan yang menggoda. Uceng Goreng merupakan olahan yang paling digemari dan anda bisa mencobanya di tempat makan ini. Ada juga bothok uceng yang tak kalah menggoda untuk anda jajal sendiri. Selain uceng juga ada menu lain seperti olahan ayam dan juga lele.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sampang Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

7. Soto Daging Bok Ireng

Soto Daging Bok Ireng

Lokasi: Jl. Kelud, Kepanjen Lor, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. – Image Credit by Detik.com

Soto satu ini merupakan kuliner yang populer di kota Blitar karena rasanya yang enak. Soto daging ini berisikan daging sapi dengan campuran jeroan sapi yang dimasak dengan periok yang terbuat dari tanah. Rasanya yang khas membuat warung sederhana ini diburu oleh berbagai pelancong. Jika anda ingin mencobanya bisa langsung datang ke Jl. Semeru diKota Blitar. Harganya yang ditawarkan juga terbilang murah mulai dari Rp. 8 ribu satu porsinya.

8. Ayam Bakar Bu Mamik

Ayam Bakar Bu Mamik

Lokasi: Jl. Kalimantan No.11A, Sananwetan, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Ayam bakar dengan bumbu yang sedikit manis, nasi hangat dan juga sambal memang tak bisa ditahan godaannya. Di Blitar ada tempat makan yang menjual ayam bakar dengan rasa jempolan. Ayam Bakar Bu Mamik berad di Jl. Veteran 103, Blitar dan menawarkan menu lain yang tak kalah endeus. Warung ini juga memiliki fasilitas yang bagus dengan harga makanannya mulai dari Rp. 10 ribuan dengan rasa yang tidak diragukan lagi.

9. Warung Tewel Mbah Martumi

Warung Tewel Mbah Martumi

Lokasi: Jl. Mastrip No 5, Ngoran, Kec. Nglegok, Kota Blitar. – Image Credit by Beritagar.id

Tewel merupakan sebutan untuk sayur dari nangka muda. Sayur tewel yang dimasak dengan rempah khusus memang akan menghasilkan kuliner yang menggoyang lidah. Warung Tewel Mbah Martumi di Blitar memiliki rasa yang khas dan wajib anda coba ketika di Blitar. Lokasinya berada di Desa Ngoran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Warungnya memang terbilang sederhana seperti rumah biasa namun soal rasa jangan diragukan.

10. Warung Mak Ti

Warung Mak Ti

Lokasi: Jl. Mawar, RT.03/RW.03, Nglaos, Jatinom, Kec. Kanigoro, Kota Blitar. – Image Credit by Travelingyuk.com

Warung Mak Ti diambil dari nama pemilik dari warung yang menyediakan aneka sayuran segar. Di sini anda bisa makan dengan aneka lauk dan juga sayuran yang pastinya menggugah selera. Disajikan dengan konsep prasmanan anda bisa mengambil menu apa saja yang anda inginkan. Sayur mulai urap urap, tumis lompong, rebung hingga olahan daun singkong bisa anda dapatkan disini. Belum lagi lauk pendampingnya yang juga banyak pilihan.

BACA JUGA:  11 Minuman & Makanan Khas Blitar yang Wajib Anda Coba

11. Rujak Petis Ngegong

Rujak Petis Ngegong

Lokasi: Jl. Trowulan No.75, Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. – Image Credit by Kompas.com

Rujak petis ini jika dilihat sekilas memang mirip dengan rujak cingur, yang membedakan tidak ada cingur di dalamnya. Berbahan aneka sayuran dengan tambahan tahu dan juga tempe membuat kuliner satu ini sangat nikmat. Rujak Petis Ngegong merupakan salah satu warung yang menyediakan kuliner satu ini. Meskipun hanya berupa warung sederhana namun pengunjungnya ramai karena rasanya yang membuat ketagihan.

12. Lesehan President Resto

Lesehan President Resto

Lokasi: Jl. Dokter Wahidin No.91, Sentul, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. – Image Credit by Presidentlesehan2.business.site

Lesehan satu ini sangat pas jika anda ingin makan bersama dengan kelurga. Tempatnya yang nyaman akan membuat anda menyantap hidangan lezat semakin puas. Aneka menu mulai dari ayam rica rica, gurame bakar hingga mie goreng dan Cap Cay bisa anda nikmati di tempat dengan konsep lesehan ini. Jika anda sedang berada di Blitar jangan sampai melewatkan menikmati hidangan di tempat makan satu ini.

13. Es Mini

Es Mini

Lokasi: Jl. Dokter Wahidin No.14A, Kepanjen Lor, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. – Image Credit by News.detik.com

Melenggang ke Jl. Wahiin 14A anda akan menemukan tempat dengan nama es mini. Di tempat ini anda bisa menikmati berbagai macam menu es yang menggoda. Es kopyor, es jus, es gula asem hingga makanan berat bisa anda nikmati disini. Tempat ini sangat cocok untuk makan siang sekaligus untuk melepas dahaga. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau dimana menu esnya dibanderol mulai dari Rp. 8 ribuan saja.

14. Mie Ayam Pak Ridho

Mie Ayam Pak Ridho

Lokasi: Jl. Cemara No.49, Sukorejo, Kec. Sukorejo, Kota Blitar. – Image Credit by Panduaji.net

Tempat makan satu ini cocok untuk anda yang sedang tidak ingin makan nasi. Mie Ayam Pak Ridho ini merupakan makanan yang dijajakan keliling. Karena terkenal dengan kelezatannya tak ada salahnya untuk memburu makanan satu ini. Biasanya akan berkeliling di daerah Gedog Blitar. Tentu saja selain rasanya yang enak, harga makanan satu ini sangat terjangkau bahkan menjadi primadona di kalangan para murid.

15. STMJ Lawu

STMJ Lawu

Lokasi: Jl. Lawu, Kauman, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. – Image Credit by Tastistuska.blogspot.com

Salah satu minuman khas dari Blitar yang tak boleh dilewatkan adalah STMJ atau susu Jahe. Tak hanya menjual minuman untuk menghangatkan badan, tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat nongkrong. STMJ Lawu terletak di Jl. Lawu bersebrangan dengan apotik. Di malam hari selain STMJ anda juga bisa menikmati aneka jajanan dan gorengan sebagai teman pendamping minuman yang membuat hangat tubuh ini.

Beberapa tempat makan di Kabupaten Blitar didominasi dengan warung atau restoran yang telah dulu ada. Meskipun beberapa tempat memiliki bangunan sederhana namun soal rasa berani untuk di adu. Harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau, sehingga anda bisa puas untuk wisata kulineran ketika ke Blitar. Tempat tempat makan tersebut juga mudah dijangkau karena berada di tempat strategis. Bagaimana akan mengunjungi tempat makan yang mana?