Jawa Barat memang dikenal sebagai salah satu provinsi yang memiliki panorama alam yang indah. Salah satunya Terasering Panyaweuyan di Majalengka. Disini, Anda akan disuguhkan indahnya sawah yang hijau dan berundakundak.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sukasari Kidul, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Saat berkunjung ke Majalengka, pastikan untuk datang ke Terasering Panyaweuyan. Destinasi wisata ini dapat berfungsi sebagai tempat untuk healing atau menyegarkan pikiran. Bagaimana tidak, sepanjang mata memandang Anda pun akan disuguhkan dengan keindahan alam yang mempesona dan hijaunya areal perkebunan.

Terasering Panyaweuyan adalah destinasi wisata yang bisa Anda temui di Majalengka. Menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dan juga terbilang masih asri tentu saja akan membuat siapa saja yang datang betah dan pastinya ingin datang lagi ke destinasi satu ini.

Pesona dari wisata ini akan mampu menyihir siapa saja yang datang dan mengunjunginya. Sehingga tak mengherankan potret keindahan dari destinasi ini tersohor di media sosial. Membuat banyak wisatawan yang sengaja datang untuk menikmati keindahan dari Terasering yang ada di Majalengka ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Terasering Panyaweuyan

Daya Tarik Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Twitter.com @ronsimawan

Saat Anda berada di lokasi satu ini, Anda pun akan dimanjakan dengan suasana yang masih asri dan juga sejuk. Tidak hanya itu saja, hal ini tentunya akan membuat siapa saja betah untuk menghabiskan waktu akhir pekan di lokasi satu ini. selain itu, Anda pun juga perlu tahu bahwa Terasering Panyaweuyan ini bukanlah areal persawahan.

Melainkan pada area ini ditanami perkebunan sayur dan juga bawang. Meskipun begitu, jika Anda melihatnya dari jauh akan terkesan seperti lahan persawahan hijau yang membentang sangat luas. Tak hanya menikmati indahnya pemandangan dan hijaunya areal perkebunan, udara yang ada di lingkungan satu ini pun terbilang sangat sejuk.

Hal ini tentu saja akan membuat siapa saja yang datang akan mampu untuk merefresh kembali pikiran yang sedang kalut atau rasa lelah yang ada. Sebab, memandang areal perkebunan ini akan menjadi salah satu hal yang akan membuat pikiran akan menjadi lebih tenang.

Daya Tarik Panyaweuyan
Image Credit: Twitter.com @inna_melon

Ada pula daya tarik lain yang dihadirkan oleh Terasering Panyaweuyan ini. Salah satunya adalah panorama sunrise yang memukau dan akan membuat Anda takjub. Hal ini dikarenakan pesona sunrise memiliki pemandangan yang sangat indah.

Untuk itu, apabila Anda sedang ingin mengunjungi lokasi ini, waktu paling pas adalah ketika pagi hari menjelang matahari tenggelam. Hal ini dikarenakan ketika Anda datang di waktu sunrise tersebut, Anda pun tentunya akan menghasilkan foto yang keren dan sangat instagramable.

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, membawa drone memang menjadi salah satu alternatif yang layak untuk dicoba. Hal ini dikarenakan mengabadikan momen pada area perkebunan ini memang sangat pas apabila Anda merekamnya dari atas. Sebab, area perkebunan yang hijau berpadu dengan kuning tersebut akan sangat apik bak lukisan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Terasering Panyaweuyan

Alamat Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Google Maps (Chandra 1313)

Jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, ada baiknya Anda segera datang ke lokasi Terasering Panyaweuyan yang tepatnya berada di Sukasari Kidul, Argapura, Majalengka. Apabila Anda berangkat dari pusat kota Majalengka, maka hal tersebut nantinya akan memakan waktu yakni sekitar 50 menit.

Sebab, Anda pun akan menempuh perjalanan selama 23 km dari pusat kota Majalengka tersebut. Mengenai jalannya sendiri, akses menuju ke tempat ini memang terbilang masih kurang terawat dengan baik. Hal ini dikarenakan jalannya cenderung masih cukup sempit.

Akan tetapi, Anda pun tetap bisa datang menggunakan kendaraan pribadi. Ada baiknya Anda datang kesini dengan mengendarai sepeda motor, mengingat jalan menuju ke daerah ini masih sangat sempit. Untuk itu, lebih baik Anda tidak menggunakan mobil saat kesini. Ditambah lagi, Anda juga sebaiknya mengecek kondisi motor sebelum menggunakannya kesini.

Berbicara mengenai rutenya sendiri, sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan peta digital atau Google Maps untuk bisa sampai ke lokasi satu ini. selain itu, bagi Anda yang masih bingung, tentunya Anda pun bisa bertanya kepada orang orang sekitar yang berlalu lalang menuju ke lokasi perkebunan ini.

Harga Tiket dan Jam Operasional Terasering Panyaweuyan

Harga Tiket Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Google Maps (Uya Setiawan)

Jika Anda ingin masuk ke lokasi ini, tak perlu mengeluarkan kocek yang terlalu mahal. Hal tersebut dikarenakan Terasering Panyaweuyan merupakan salah satu wisata dengan konsep murah meriah dan apik yang bisa Anda jumpai ketika berada di Majalengka. Untuk Anda yang ingin masuk kesini, hanya akan dipungut biaya yakni sekitar 5 ribu rupiah saja.

Kemudian, bagi Anda yang membawa kendaraan bermotor, Anda juga akan dikenakan biaya parkir. Namun, tak perlu khawatir karena biaya parkir yang Anda keluarkan tak akan menguras kantong. Anda hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar 5 ribu rupiah saja untuk mobil. Dan bagi Anda yang membawa sepeda motor, maka akan dikenakan tiket parkir yakni sekitar 2 ribu rupiah saja.

Selain itu, kelebihan dari lokasi wisata ini buka selama 24 jam penuh. Sehingga Anda pun bisa memilih kapan saja dan waktu yang Anda inginkan untuk mengunjungi destinasi satu ini. namun, disarankan Anda datang di pagi hari karena akan disuguhkan pemandangan sunrise yang apik dan juga Anda bisa melihat aktivitas di perkebunan pada pagi hari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Terasering Panyaweuyan

Kegiatan di Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Instagram.com @shelvykres

1. Menikmati Pemandangan Alam di Gardu Pandang

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan di Terasering Panyaweuyan adalah melihat indahnya pemandangan alam hijau berpadu dengan birunya langit. Disini, Anda pun bisa memilih berbagai spot yang tersedia untuk melihat keindahan tersebut. Jika Anda sedang berlibur kesini, pastikan untuk mampir di gardu pandangnya.

Meskipun tempat satu ini selalu ramai oleh pengunjung, akan tetapi Anda juga tak boleh melewatkan spot satu ini. hal tersebut dikarenakan gardu pandang menjadi salah satu tempat yang paling pas untuk menikmati pemandangan alam yang indah di Kawasan persawahan ini.

Oleh karena itu, tak mengherankan apabila banyak pengunjung yang datang dan sengaja naik ke gardu pandang ini untuk melihat keindahan Terasering Panyaweuyan dan area perkebunan yang sangat indah di lokasi satu ini. oleh karena itu, Anda pun sebaiknya mampir dan singgah sejenak untuk melihat pemandangan yang ada di gardu pandang ini.

Bagi Anda yang ingin menuju ke gardu pandang tersebut, ada baiknya Anda bisa menaiki aak tangga menuju ke bukit tersebut. Selain di gardu pandang, melihat pemandangan yang ada di anak tangga ini juga menjadi salah satu pengalaman yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. untuk itu, Anda pun sebaiknya tidak melewatkannya.

2. Berfoto

Selain itu, bagi Anda yang memiliki hobi berfoto atau selfie maupun fotografi, ada baiknya Anda memanfaatkan waktu yang Anda habiskan di lokasi wisata ini. hal tersebut lantaran disini Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan indah yang tentunya akan sangat memuaskan Anda.

Sebab, ada banyak spot foto menarik yang bisa Anda miliki di lokasi satu ini. sebut saja gardu pandang yang ramai dengan pengunjung untuk berselfie. Jika Anda berkesempatan kesini, ada baiknya Anda juga mampir ke gardu pandang. Hal ini dikarenakan spot tersebut memiliki pemandangan yang bagus sebagai latar belakang foto.

Namun, tidak hanya itu saja, Anda juga bisa untuk datang dan berjalan jalan di sekitar areal perkebunan. Hal ini dikarenakan area tersebut memiliki spot yang bagus untuk berfoto. Anda bisa berjalan jalan di sekitar perkebunan dan mengambil gambar di tengah tengah perkebunan yang menghijau. Tentunya akan menjadi salah satu spot andalan yang bisa Anda dapatkan disini.

Kegiatan Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Instagram.com @snzr_zs

3. Melihat Indahnya Sunrise

Wisata Terasering Panyaweuyan merupakan salah satu destinasi yang buka selama 24 jam penuh. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kesempatan untuk mengunjunginya maka tak ada salahnya untuk datang pagi atau tepatnya sebelum matahari terbit. Hal ini dikarenakan pemandangan yang ada di waktu sunrise sangatlah memukau.

Bahkan Anda pun bisa dengan sengaja untuk menunggu datangnya matahari terbit dan menghabiskan waktu di lokasi satu ini. sebab, menyaksikan matahari yang terbit dari ufuk timur lengkap dengan panorama Terasering yang hijau akan menjadi salah satu keindahan dunia yang tidak bisa untuk Anda lewatkan begitu saja ketika sedang berada di Majalengka.

4. Sunset Juga Tampak Cantik di Terasering Panyaweuyan

Jika Anda tidak bisa bangun pagi atau melewatkan momen sunrise di lokasi ini, ada baiknya Anda bisa datang ketika sore hari tiba. Pasalnya, sunset yang tersaji juga menjadi salah satu hal yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. Ada baiknya Anda menghindari waktu siang untuk datang kesini.

Pasalnya, ketika siang hari cuaca cukup panas dan terik. Selain itu, juga tidak pas jika Anda berfoto di siang hari. Hal tersebut dikarenakan terlalu silau. Oleh karena itu, Anda pun sebaiknya bersabar sejenak dan bisa datang ketika sore hari tiba. Matahari yang sudah agak turun akan membuat cuaca tidak terlalu panas.

Tidak hanya itu saja, saat senja Anda pun juga akan bisa menikmati indahnya momen matahari terbenam. Hal ini tentunya tak boleh Anda lewatkan. Sebab, momen ketika sunset di tempat ini akan terasa lebih eksotis. Jika Anda kebetulan datang bersama pasangan tentu saja akan menjadi lebih romantis.

Fasilitas yang Tersedia di Terasering Panyaweuyan Majalengka

Fasilitas Terasering Panyaweuyan
Image Credit: Google Maps (Yad mulyady)

Selain memiliki harga tiket masuk yang sangat terjangkau dan jam buka selama 24 jam penuh, ada lagi keunggulan yang dimiliki oleh destinasi wisata Terasering Panyaweuyan. Diantaranya adalah fasilitas yang tersedia lumayan lengkap. Sehingga bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu disini selama seharian penuh pun tidak akan masalah.

Ada pun beberapa fasilitas yang tersedia di lokasi satu ini adalah mulai dari lahan parkir yang cukup luas. Selain itu, juga telah tersedia toilet dan mushola bagi Anda yang ingin beribadah. Sedangkan bagi Anda yang berkemah, tersedia pula camping ground yang telah dikelola dengan baik. Hal ini akan menunjang kegiatan berwisata Anda.

Untuk itu, Anda pun tak perlu ragu lagi di dalam mengunjungi wisata Terasering Panyaweuyan di Majalengka ini. pasalnya, selain memiliki harga tiket masuk yang terjangkau, fasilitas yang lengkap, lokasi wisata ini juga ditunjang dengan pemandangan alam yang mempesona. Berada disini selama seharian tentu saja akan membuat Anda betah dan ingin tinggal berlama lama di lokasi yang apik satu ini.