Cikadongdong River Tubing, Wisata Petualangan Arum Jeram di Majalengka

Cikadongdong River Tubing

Lokasi: Jl. Desa Payung, Teja, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka.
MapCek Lokasi

Lokasinya yang fotogenik serta memilki air yang jernih, Cikadongdong River Tubing bisa menjadi destinasi alternatif ketika berkunjung ke Majalengka. Bukan hanya bisa melakukan olahraga air semata, pasalnya pengunjung juga dimanjakan dengan pemandangan yang begitu menawan hati. Paling seru dikunjungi beramai ramai, dijamin hari libur menjadi lebih mengasyikkan sekaligus mendapatkan pengalaman baru. Berikut ulasannya.

Aktifitas Seru Selama Berada di Cikadongdong River Tubing

Aktifitas Seru Selama Berada di Cikadongdong River Tubing

Image Credit: Modernbahri.blogspot.com

Pecinta arum jeram ketika mendengar namanya saja, rasanya sudah bisa membuat tersenyum dan membayangkan bagaimana keseruan bermain air bersama dengan teman dekat maupun keluarga tersayang. Lokasinya yang berada di aliran sungai Cikadondong dengan hulu airnya yang berasal langsung dari Gunung Ciremai, menjadi daya tarik tersendiri mengingat airnya terlihat begitu jernih dan terjaga kebersihannya.

Termasuk sebagai permainan secara tim, dimana setiap tim beranggotakan minimal 5 orang yang nantinya akan menyusuri rute sepanjang 350 meter. Selama perjalanan, traveler akan dihadang dengan banyak rintangan menantang yang bisa menuju adrenalin sekaligus mendongkrak semangat persahabatan. Mulai dari jalan landai hingga berkelok kelok bersamaan dengan arusnya yang cukup deras, selalu berhasil memecahkan suasana menjadi lebih ceria.

Lingkungan alamnya yang terjaga keasriannya ditambah dengan dinginnya udara, dianggap mampu menarik minat para pengunjung. Hal tersebut bisa dirakan selama perjalanan arum jeram, dimana pengunjung dapat menyaksikan pepohonan rindang yang bisa dikatakan nyaris tidak ada sinar matahari yang masuk dari celah dedaunan. Tak perlu ketakutan bila trek akan menjadi gelap, pasalnya terdapat cahaya masuk dari lorong lainnya.

Keasrian alamnya tak hanya disajikan di lokasi wisata, namun jauh sebelum mencapai lokasi pengunjung sudah disapa dengan udara sejuk dan pepohonan rindang. Bagi pengunjung yang datang disaat musim durian dirasa beruntung dua kali lipat, mengingat mereka dapat menikmati buah tersebut selagi menikmati alam yang asri. Dari keunikannya tersebut, tidak heran bila masyarakat menjadikannya sebagai wisata primadona.

BACA JUGA:  16 Oleh-Oleh Khas Sukabumi yang Wajib Anda Bawa Pulang

Mengetahui jarak dam medan yang harus ditempuh tidaklah mudah dilalui, pihak pengelola akhirnya membuat jalur aman dengan melakukan penataan bebatuan. Bahkan di beberapa titik, terdapat tim yang mengusahakan agar peserta tetap terjaga keamanannya. Dengan begitu, meski medan yang dilalui dipenuhi bebatuan dirasa aman untuk melakukan arum jeram. Selain dari sisi penataan bebatuan, pihak pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas keamanan.

Pulang dari lokasi wisata, ada kalanya pengunjung menyadari bila ada beberapa pembelajaran selama bermain arum jeram. Dimana mereka merasa kebersamaan, kekompakan, sekaligus belajar mencintai alam semakin meningkat. Bahkan tak jarang pula, sebagai dari mereka menyadari pentingnya menjaga kebersihan sebagai salah satu bentuk melestarikan alam yang indah ciptaan Tuhan.

Uniknya destinasi wisata ini tak hanya dikunjungi bagi mereka yang ingin melepaskan penat semata, melainkan seringkali dikunjungi oleh mereka yang ingin melakukan pertemuan. Alasannya pun cukup sederhana, dimana mereka merasa nuansa nyaman sekaligus dapat menikmati kesejukan udara khas pegunungan. Hanya saja, wisata kulinernya masih belum tersedia cukup banyak, sehingga perlu membawa bekal sendiri sebagai alternatifnya.

Fasilitas Cikadongdong River Tubing yang Cukup Memadai

Fasilitas Cikadongdong River Tubing yang Cukup Memadai

Image Credit: Modernbahri.blogspot.com

Perlu diketahui bahwa lokasi wisata ini, hingga kini masih dikelola oleh para penduduk sekitar. Mereka dikenal sebagai sekelompok anak muda, yang sudah mendedikasikan dirinya untuk menciptakan destinasi wisata berkualitas dan inovatif. Nampaknya usaha mereka membuahkan hasil yang manis, mengingat cukup populernya wisata tersebut. Dengan segala keunikannya, diharapkan bisa menjadi ciri khas lokal dari Kabupaten Majalengka.

Selain mengunggulkan dari segi keindahan alam dan sensasi bermain air, pengunjung juga disuguhkan dengan tingkat keamanan yang tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya safety dan Guide dari pihak pengelola, dimana tingkat keamanannya sudah sesuai standar internasional. Oleh karenanya, pengunjung bisa berolahraga air dengan nyaman sekaligus merasa aman meski pertama kali mencobanya.

BACA JUGA:  10 Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Paling Recommended

Alat keselamatan yang ditawarkan berupa pelampung, pelindung kaki dan tangan, hingga helm berkualitas terbaik. Untuk menekan resiko selama berolahraga ekstrim, pengunjung akan diberikan pengarahan dari pemandu yang berkaitan dengan keamanan serta keselamatannya. Agar tubuh semakin siap, diadakan pula pemanasan bersama sebelum terjun langsung ke aliran sungainya.

Selain fasilitas utama, disini juga tersedia berbagai fasilitas pendukung untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung. Mulai dari area parkir kendaraan yang cukup luas, toilet yang dijaga kebersihannya, serta jalan setapak menuju lokasi utama yang sudah ditata ulang. Dengan adanya jalan setapak tersebut, pengunjung bisa dengan mudah dan nyaman menuju lokasi sebelum melakukan arum jeram.

Harga Tiket Masuk Cikadongdong River Tubing

Harga Tiket Masuk Cikadongdong River Tubing

Image Credit: Jabar.idntimes.com

Tak perlu khawatir isi dompet akan terkuras habis, pasalnya pengunjung tidak akan dikenai tarif tiket masuk sedikitpun alias gratis. Meski tidak adanya tiket masuk, siapapun yang tertarik mencoba berolahraga air akan dikenai biaya sekitar 30 ribuan per orangnya jika datang di akhir pekan. Sedangkan pada hari biasa, pengunjung akan ditarik tarif sekitar 25 ribuan saja per orangnya. Namun perlu diketahui bila besaran harga tersebut, sewaktu waktu bisa berubah.

Selain membayarkan tiket mencoba wahana seru, pengunjung juga dikenakan biaya parkir berkisar 3 ribuan saja per kendaraan. Sedangkan bagi mereka yang tertarik untuk mengabadikan momen kebersamaan tersebut, bisa menyewa tiket dokumentasi yang hanya dibandrol mulai dari 25 ribuan per grupnya. Dengan menyewa sesi dokumentasi, tiap momen indah tak akan luput dari jepretan sang fotografer.

Destinasi wisata satu ini siap menyambut para pengunjungnya setiap hari, dan mulai peroperasi dari jam 09.30 pagi hingga jam 16.30 sore. Alih alih mengambil hari libur di akhir pekan, pihak pengelola akhirnya memutuskan untuk libur di hari Jum’at dengan beberapa pertimbangan. Dengan begitu, pengunjung yang ingin menikmati akhir pekan bersama dengan kerabat ataupun keluarga tak perlu kebingungan mencari jadwal kosong agar semua anggota bisa ikut bersama.

BACA JUGA:  20 Mall di Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Disebut sebagai tempat favorit untuk berlibur, destinasi wisata satu ini pun pernah dinobatkan sabagai wisata olahraga dan petualangan terpopuler dengan berhasil meraih juara I dalam Anugrah Pesona Indonesia pada tahun 2018 lalu. Dengan prestasi yang pernah diraihnya, diharapkan mampu memberikan dampak positif untuk perkembangan serta promosi pariwisata.

Lokasi & Cara Menuju Cikadongdong River Tubing

Lokasi & Cara Menuju Cikadongdong River Tubing

Image Credit: Travelnatic.com

Apakah tertarik mengunjunginya ? Silahkan meluncur ke Jalan Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Akes menuju lokasi dikatakan cukup mudah, dimana pengunjung bisa memanfaatkan kendaraan umum ataupun mengendarai kendaraan pribadi. Apabila ingin menggunakan kendaraan umum, silahkan menaiki elf atau angkot dengan tujuan ke terminal Rajagaluh.

Dari terminal tesebut, silahkan melanjutkan perjalanan dengan menaiki pick up yang searah ke Desa Payung. Sebelum benar benar sampai ke pintu utama wisata, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 5 menit terlebih dahulu. Karena tidak bisa turun di depan pintu masuk, kadangkala mengendarai kendaraan pribadi dianggap lebih praktis dan lebih hemat tenaga maupun waktu.

Namanya sudah tak lagi asing terdengar, dimana destinasi satu ini sudah sangat populer di masyarakat sekitar bahkan sudah dikenal dari luar daerah. Daya tarik utamanya berasal dari airnya yang terlihat jernih dan dikenal tak pernah surut, sehingga destinasi alam ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Akses menuju lokasi wisata pun cukup mudah, bahkan bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi sekalipun.