Curug Love salah satu wisata alam yang menawan di Bogor, Jawa Barat yang menyuguhkan panorama alam yang indah dan udara yang sejuk. Air terjun kaya pesona untuk beragam aktivitas wisata, mulai dari jelajah alam, body rafting hingga berkeliling di hutan pinus.

Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Bantar Karet, Kec. Nanggung, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Jawa Barat terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak curug atau air terjun yang cantik. Begitu juga dengan kota Bogor, kota yang mendapat julukan sebagai kota Hujan ini memiliki air terjun cantik yang dikenal dengan Curug Love. Seperti namanya, bentuk curug ini memang unik yakni berbentuk hati. Untuk tahu lebih dalam tentang pesonanya, Anda bisa simak ulasan berikut.

Mengenal Curug Love yang Hits

Mengenal Curug Love
Image Credit: Twitter.com @fahmidwi

Belakangan untuk menjelajah ke tempat tempat yang masih belum banyak dijangkau memang semakin hits. Walaupun membutuhkan perjalanan yang tidak mudah, tetap saja banyak yang rela melakukannya. Tujuannya untuk mencari tempat tempat tersembunyi yang keindahannya belum banyak diketahui.

Curug Love sendiri termasuk dalam destinasi yang masih belum banyak diketahui. Alamnya masih terjaga dengan panorama yang akan membuat siapapun terpesona. Suasananya yang sepi dan sangat alami, membuatnya cocok untuk jadi tempat melepas penat. Bogor sendiri memang termasuk kota Hujan yang membuatnya memiliki banyak air terjun.

Begitu juga dengan air terjun yang saat ini perlahan namun pasti menjadi tempat wisata di Bogor yang begitu hits. Terutama ketika fotonya sudah mulai bertebaran di media sosial. Sebenarnya, wisata air terjun satu ini tidak memiliki air terjun yang tinggi. Ketinggian curug ini hanya sekitar 5 meter. Air terjunnya terbagi menjadi dua aliran yang begitu jernih juga cukup deras.

Di bawahnya terbentuk kolam alami yang airnya begitu segar, mengundang para wisatawan untuk segera merasakan sendiri bagaimana kesegaran airnya. Kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun tersebut, airnya akan mengalir ke arah sungai. Dan kiri kanan dari sungai ini adalah ada ini adalah tebing bebatuan yang begitu unik.

Karena keindahan yang dimilikinyalah akhirnya banyak wisatawan dari berbagai daerah penasaran dengan Curug Love ini. Kebanyakan yang mengunjunginya adalah kawula muda, mengingat untuk tiba di lokasi dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Namun, Anda tak akan pernah menyesal sudah mengunjungi air terjun hits di Bogor ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Love

Daya Tarik Curug Love
Image Credit: Instagram.com @lenymarcelina

Air terjun cantik ini memiliki daya tarik yang belum tentu dimiliki oleh curug lainnya. Yang paling terlihat dari air terjun ini adalah airnya. Air yang mengalir dari air terjun hingga ke sungainya memiliki warna biru. Warna biru yang berpadu dengan bebatuan di sekelilingnya membuat curug ini jadi tempat berburu foto yang pas.

Sepanjang aliran air yang biru ini, menggoda siapapun untuk merasakan kesegaran dari air Curug Love. Ketika memasuki musim kemarau, air yang ada di curug ini akan semakin biru. Apalagi jika tertimpa cahaya matahari di permukaannya. Berbeda ketika musim hujan, airnya akan tampak biru kehijauan dengan debit air yang lebih tinggi,

Batuan berkelok yang mengapit di kanan dan kirinya juga memberikan pesona tersendiri. Jika dilihat lihat, tembok bebatuan ini membuat air terjun ini mirip dengan Grand Canyon. Tebing batu ini memiliki bentuk yang unik dengan pahatan di badan tebing yang alami. Dengan tengah tengahnya adalah aliran air biru yang membuatnya luar biasa cantik.

Batuan berkelok inilah yang membentuk hati, sehingga membuat curug ini disebut dengan Curug Love. Umumnya, air terjun akan berada di area pegunungan ataupun kawasan hutan. Namun, air terjun ini berada di kawasan perkebunan juga persawahan milik warga. Tepatnya ada di atas batuan yang mengapit sungai dengan sungai yang mengalir dari aliran air terjun.

Membuat keunikan yang dimiliki oleh air terjun ini semakin banyak. Udaranya yang sejuk dan menghadirkan pemandangan sekitar yang hijau akan membuat siapapun betah berlama lama. Warga juga menggunakan aliran dari air terjun ini untuk mengairi sawah atau perkebunan mereka. kehadiran curug ini tentu membawa berkah tersendiri bagi para petani.

Daya Tarik dari Curug Love
Image Credit: Google Maps (Opita Andri)

Pada tepi bebatuan ditumbuhi dengan berbagai semak semak juga tanaman. membuat pemandangan yang dihasilkan mengundang decak kagum para wisatawan. Selain wisatawan, banyak juga warga sekitar yang menjadikan wisata andalan Bogor ini sebagai tempat beraktivitas sehari hari warga.

Kendati demikian, Anda tak perlu merasa enggan atau khawatir mengganggu kegiatan warga. Karena wisatawan tetap bisa bebas bermain di area air terjun. Warga juga tidak merasa terganggu dengan kehadiran para pengunjung. Justru, Anda bisa berinteraksi dengan warga sekitar untuk tahu lebih banyak tentang Curug Love yang cantik ini.

Daya tarik dari Curug ini juga tidak lepas dari mitos yang beredar. Hingga kini masyarakat sekitar percaya secara turun menurun, jika di kawasan air terjun ada suara wanita. Masyarakat meyakini jika suara wanita tersebut merupakan suara Putri Kencana. Putri Kencana sendiri diyakini putri kerajaan yang juga menjadi asal usul dari nama curug ini.

Sehingga jika mendengar ada suara perempuan, bisa jadi merupakan suara dari Putri Kencana. Percaya atau tidak percaya dengan mitos tersebut, pengunjung sebaiknya tetap sopan dan menjaga kebersihan ketika main di curug ini. Apalagi curug ini memang masih memiliki kondisi yang alami dan terjaga hingga saat ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Love

Alamat Curug Love
Image Credit: Google Maps (Kang Abikana)

Objek wisata cantik dan hits satu ini berada di Desa Bantar Karet, Kec. Nanggung, Kab. Bogor. Jika Anda berangkat dari pusat kota Bogor jarak yang harus ditempuh sekitar 38 km. Atau membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dengan kendaraan. Tentunya bisa lebih cepat atau lebih lama tergantung dari kondisi jalan nantinya.

Anda bisa menuju Bogor dengan mengakses Tol Jagorawi, setelah itu mengambil jalur keluar di gerbang Tol Sentul City. Selanjutnya silahkan mengambil arah belok kiri untuk menuju Jungle Land. Nantinya sebelum gerbang Jungle Land, Anda ambil belok kanan dan menuju jalan perkampungan. Ikuti saja jalan yang ada hingga Anda menemukan pertigaan.

Di pertigaan ini, silahkan belok kiri kemudian ikuti jalan. Nantinya Anda bisa mengikuti petunjuk yang mengarah menuju air terjun. Dari sini, dibutuhkan waktu sekitar 20 sampai 30 menit hingga tiba di lokasi. Anda juga bisa memanfaatkan GPS untuk sampai di Curug Love. Atau Anda juga bisa bertanya pada warga sekitar, curug ini sudah kondang di kalangan masyarakat sekitar.

Harga Tiket dan Jam Oprasional Curug Love Bogor

Harga Tiket Curug Love
Image Credit: Instagram.com @adolfina_patrice

Untuk menikmati keindahannya, Anda tak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Harga tiket masuk Curug Love dibanderol mulai Rp 25 ribu setiap orangnya. Tiket tersebut dibayarkan di pos pertama, dan untuk di lokasi curugnya biasanya dikenakan biaya Rp 5 ribu. Namun harga tersebut juga bisa berubah sewaktu waktu, Anda bisa membawa dana lebih.

Apalagi Anda juga masih akan dikenakan biaya parkir kendaraan. Tiket parkir kendaraan mulai Rp 5 ribu tergantung dari kendaraan yang Anda bawa. Sementara itu, Anda bisa mengunjungi tempat indah ini dari pagi hingga sore hari. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Waktu paling tepat menikmati keindahan curug ini adalah saat pagi hari. Hal ini lantaran matahari masih hangat, dan sinar matahari membuat pemandangan dari curug ini semakin indah. Warnanya akan tampak biru dan mempesona. Sebaiknya Anda datang saat musim kemarau, karena di musim penghujan debit airnya akan cenderung lebih tinggi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Love

Kegiatan di Curug Love
Image Credit: Instagram.com @brigittamj

1. Bersantai

Menikmati suasana air terjun yang asri dan masih terjaga tentu akan membuat semua penat Anda menghilang. Sembari mendengarkan suara gemericik air dan udara sejuk, perpaduan yang sangat pas untuk lepas penat. Bersantai di area Curug Love dijamin akan memberikan Anda pengalaman berbeda sekaligus betah berlama lama.

2. Berenang

Kegiatan menyenangkan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah berenang. Siapa yang tidak tergoda untuk berenang ketika melihat airnya yang biru juga jernih. Kolamnya terbilang dangkal dan arusnya juga tenang, sehingga aman untuk Anda yang ingin berenang. Bahkan Anda diperbolehkan untuk berenang mendekati air terjun.

3. Body Rafting

Pada wisata alam ini, Anda juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya yakni Body Rafting. Selain bisa menikmati keseruannya, kegiatan ini juga akan menantang adrenalin Anda. Anda bisa menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet. Kegiatan ini sangat cocok untuk Anda yang suka berpetualang. Tenang saja, pengelola akan siap memberikan Anda pengaman jika ingin menjajalnya.

4. Jelajah Alam

Pihak pengelola destinasi wisata hits di Bogor ini juga menyediakan fasilitas wisata jelajah alam. Anda bisa mengitari sekeliling air terjun untuk menemukan sisi menarik dari air terjun ini. Perjalanan di sekitar air terjun tentu cukup menantang, namun bisa memberikan pengalaman seru dan juga menikmati keindahan alam yang berbeda.

5. Berburu Foto Cantik

Anda bisa dengan mudah menemukan spot foto kekinian jika menghabiskan waktu di Curug Love ini. Curug ini juga memiliki area hutan pinus yang cocok untuk swafoto selain di area terjunnya. Spot foto yang ada di destinasi wisata ini terbilang anti mainstream. Untuk itu pastikan Anda membawa kamera terbaik Anda ketika liburan ke air terjun ini.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Love Bogor

Fasilitas di Curug Love
Image Credit: Google Maps (Yermia Tangguh)

Selain bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan, pengunjung juga bisa mendapatkan fasilitas memadai di tempat wisata alam Bogor ini. Curug Love sudah dilengkapi dengan area parkir kendaraan yang cukup luas juga nyaman. Selain itu, Anda juga bisa menemukan kamar mandi yang lengkap dengan toilet untuk membilas diri.

Anda yang bermain air juga bisa menyewa pelampung maupun ban. Walaupun airnya tidak dalam, tapi beberapa juga menyewa pelampung. Setelah lelah bermain air, Anda bisa mampir di warung wisata yang ada. Berbagai kebutuhan, seperti makanan dan minuman bisa Anda temukan. Anda yang ingin camping juga tersedia camping ground.

Memang fasilitas yang tersedia masih terbilang standar. Namun sudah bisa dikatakan lengkap juga memadai mengingat masih belum banyak yang mengetahuinya. Perlahan namun pasti jika sudah banyak pengunjung, tentu fasilitasnya akan ditingkatkan. Apabila Anda ingin bermalam, Anda bisa mencari penginapan di luar area air terjun.

Curug Love menjadi salah satu wisata di Bogor yang menjadi hits. Kemolekan yang dimiliki air terjun ini akan membuat siapapun terpesona. Apalagi alamnya juga masih sangat terjaga nan asri. Dapatkan liburan yang berkesan dan tak terlupakan dengan mengunjungi Air Terjun Love yang ada di Bogor.