Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sawentar, Kec. Kanigoro, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Candi Sawentar menyuguhkan keindahan yang berbalut budaya dan sejarah masa lalu. Kondisi alamnya tampak begitu memukau bahkan sejak pertama kali Anda melewati gerbang utama. Pohon, nilai artistik dari bangunan tempo dulu, dan kompleks luas berisi relief di mana-mana.

Ini memang bukan satu-satunya candi yang ditemukan di bilangan Blitar, Jawa Timur, tetapi eksistensinya sulit diabaikan. Bekas-bekas pondasi dari bata turut serta menambah unsur estetika di sekitarnya. Jangan lupakan pula topik sejarah yang menyertai eksistensi candi tersebut hingga hari ini.

Menghadirkan nuansa Hindu sebagai daya tarik utamanya, tempat unik ini juga mengajarkan keragaman kepada pengunjung. Betapa alam terlihat menyatu di dalamnya dan keramahan warga lokal siap menyambut Anda. Ingin sekadar berjalan-jalan menghabiskan sore secara menyenangkan? Tambahkan bangunan berbudaya ini pada daftar lokasi tujuan Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Candi Sawentar

Daya Tarik Candi Sawentar
Image Credit: Google Maps elfian zupikar

1. Kompleks Hijau

Siapa yang tidak senang berada di kompleks dengan dominasi warna hijau di berbagai sudut? Rerumputan terpangkas rapi dengan sebagiannya dibentuk sedemikian rupa agar terlihat semakin cantik. Beberapa jenis pohon seperti kelapa tumbuh tersebar di atas lahan bangunan unik ini.

Lokasinya sedikit turun ke bawah dibandingkan kompleks perumahan warga membuatnya begitu menonjol di antara hunian sekitar. Adanya rumput hijau yang tertata rapi memungkinkan wisatawan dapat duduk di atas tanah tanpa mengkhawatirkan kebersihan pakaian mereka.

Situasi ini sangat cocok jika Anda berpikir sedang mencari lokasi piknik yang tidak membutuhkan banyak perlengkapan. Hanya saja, perlu dipertimbangkan kembali jika datang saat hujan atau pagi hari. Pasalnya, embun pada rumput berpotensi membuat pakaian Anda basah.

2. Bangunan Candi Sawentar

Candi ini diperkirakan sudah ada sejak masa kejayaan Majapahit. Bangunan kuno berbahan batu andesit ini berdiri pada ketinggian 10,65 meter dari atas tanah dengan lebar mencapai 6,86 meter. Ukiran-ukiran unik menempel pada dinding sehingga menghadirkan nilai estetika yang misterius.

BACA JUGA:  Benteng VOC Kalimo'ok - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Beralih ke salah satu sudut Candi Sawentar, Anda akan mendapati sebuah pintu masuk, yang menghubungkan pengunjung dengan ruangan di sisi barat. Dilengkapi tangga berdesain cantik di mana ukiran makara menghiasi bagian pipih. Ada pula relung yang meliuk-liuk di tubuh candi membuatnya kian menakjubkan.

Tidak heran jika Anda yang berpendapat bahwa candi merupakan bukti kejayaan masa lampau, di samping juga berguna sebagai tempat peribadatan. Bagaimanapun, ukirannya mampu memukau pandangan manusia modern dengan segala keterbatasan yang dimiliki di zaman itu.

Memasuki ruangan di dalam bangunan candi akan mengantarkan Anda pada arca berpahatan burung garuda. Ikon unik ini disinyalir sebagai kendaraan Dewa Wisnu menurut kepercayaan masyarakat Hindu. Benda tersebut juga sekaligus menjadi bukti terkuat atas dugaan kapan candi didirikan dan dilatarbelakangi oleh penganut aliran apa.

Daya Tarik Dimiliki Candi Sawentar
Image Credit: Google Maps Cctv Kampong

3. Keramahan Warga

Masyarakat Blitar akan menyambut Anda dengan ramah saat bertandang ke Candi Sawentar sehingga tercipta suasana kondusif. Anda bahkan dapat menjadikannya salah satu alasan mengapa harus datang ke bangunan berbudaya ini dibandingkan tempat yang lain.

Keramahan warga selalu menjadi pertimbangan penting saat kebanyakan orang hendak bepergian ke suatu daerah. Bagaimanapun, penduduk lokal yang bersahabat akan menciptakan kenyamanan bagi diri selama menghabiskan momen liburan.

Pada waktu bersamaan, Anda juga dapat memanfaatkan situasi tersebut untuk mencari tahu lebih dalam mengenai candi. Jangan ragu berkenalan dengan mereka, lalu tanyakan hal-hal menarik yang mungkin bisa ditelusuri. Namun, perhatikan kepada siapa Anda bertanya dan tetaplah terapkan sikap sopan sebagaimana adat Suku Jawa.

4. Kesempatan Menjaga Warisan Peradaban

Ada banyak candi ditemukan di berbagai lokasi di Indonesia, khususnya Pulau Jawa dan Bali. Datang ke sini sama artinya melibatkan diri dalam upaya menjaga warisan peradaban nenek moyang bangsa ini.

Candi, harus diakui, adalah tempat peribadatan yang bersejarah di mana keberadaannya bisa hilang jika tak diacuhkan oleh penduduk setempat. Artinya, kehadiran wisatawan akan menambah popularitas Candi Sawentar sehingga tidak kalah dengan objek budaya serupa lainnya.

BACA JUGA:  Candi Kalasan - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Kemudian, roda perekonomian masyarakat lokal juga bisa terus bergerak dari bidang pariwisata jika jumlah kunjungan berjalan dan berkelanjutan. Semua kegiatan di bangunan unik ini rupanya berpotensi memberikan kontribusi terhadap peningkatan aspek-aspek tertentu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Candi Sawentar
Image Credit: Google Maps Pinda Natanael

Kendaraan umum dan pribadi sama-sama dimungkinkan untuk dipakai saat Anda ingin bertandang ke Candi Sawentar. Jika menggunakan angkutan umum, itu bisa ditempuh dengan menjadikan Terminal Bus Kota Kanigoro dan meneruskan perjalanan bersama ojek konvensional ke Desa Kawentar.

Sementara itu, apabila lebih menyukai berkendara sendiri, maka arahkan kemudi Anda menuju Kecamatan Kanigoro. Rute perjalanannya mudah diakses dengan kontur tanah yang bersahabat bagi para pengemudi. Berlokasi di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, objek wisata bercorak Hindu ini sebenarnya hanya salah satu dari representasi kekayaan budaya lokal.

Apakah Anda tertarik untuk menjelajahi lebih banyak objek wisata di daerah ini? Jika benar, ada baiknya mampir ke kompleks percandian di Desa Kawentar saat pagi hari sehingga masih punya banyak waktu yang tersisa sampai Anda melanjutkan agenda liburan ke objek wisata lain.

Harga Tiket Masuk Candi Sawentar

Harga Tiket Masuk Candi Sawentar
Image Credit: Google Maps Sri Wahyuni

Candi Sawentar bukanlah destinasi ternama sebagaimana candi yang telah mendunia seperti Borobudur atau Prambanan. Ini hanyalah sekeping bukti peninggalan peradaban tempo dulu di Tanah Jawa. Dengan situasi yang demikian, pemerintah tampaknya harus berupaya agar eksistensinya tidak terlupakan oleh arus persaingan pariwisata.

Oleh karena itu, tidak ada retribusi khusus yang harus Anda bayar jika ingin mengakses tentangnya lebih jauh lagi. Datanglah kapan pun Anda luang saat langit berwarna biru cerah dan habiskan waktu damai di atas kompleks bersejarah ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Candi Sawentar
Image Credit: Google Maps Ririen Wisma

1. Bersantai

Banyak orang berharap menghabiskan waktu untuk bersantai dengan tenang di objek wisata, tetapi biasanya itu mengharuskan Anda membayar biaya tertentu. Sementara itu, Candi Sawentar tidak demikian karena posisinya berada di tengah-tengah perumahan warga.

Bangunan kuno ini tak pelak tampil seperti bagian dari keseharian warga desa yang dapat Anda kunjungi dan tinggalkan kapan pun. Wisatawan sudah dapat menemukan lokasi bersantai yang estetis tanpa harus mengeluarkan dana untuk masuk ke dalamnya.

BACA JUGA:  Museum Trinil - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Apalagi, kompleks percandian tersebut juga ditumbuhi oleh rumput berwarna hijau yang dirawat dengan baik. Pertimbangkan untuk membawa bekal agar bisa menghabiskan waktu lebih nyaman saat Anda tiba-tiba merasa lapar.

2. Mengelilingi Kompleks Warga

Selain candi yang bersejarah, ada pilihan lain untuk mengelilingi kompleks warga dan menyapa mereka. Anda bisa menambahkan musik dalam perjalanan tersebut agar suasananya jadi lebih menyenangkan dan rileks.

Jika memungkinkan, bawa atau sewalah sepeda dan mulai kayuh pedal untuk memulai aktivitas seru ini. Jangan ragu berhenti saat Anda menemukan hal unik atau makanan khas Blitar yang belum pernah dilihat sebelumnya.

3. Berfoto

Berfoto tidak boleh dilupakan saat datang ke tempat wisata, termasuk Candi Sawentar dan kawasan di sekitarnya. Aneka pohon yang tersebar acak, rumput hijau berpotongan rendah, perumahan tradisional milik warga, dan masih banyak lagi.

Cari point of interest yang mungkin bisa Anda akses dan abadikan dalam bingkai kamera. Dengan begitu, ini akan menambah koleksi foto-foto Anda, baik di galeri pribadi ataupun mempercantik feeds media sosial.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Sawentar

Fasilitas Candi Sawentar
Image Credit: Google Maps Fajar Nurdian

Cukup menguntungkan karena lokasi Candi Sawentar berada di kompleks perumahan warga sehingga fasilitas umum pasti cenderung lengkap. Saat Anda ingin melaksanakan salat, tidak perlu pergi jauh karena ada musala di sekitarnya yang biasanya juga dipakai oleh warga lokal.

Demikian pula jika ingin mencari makanan, temukan warung terdekat dan pesan menu yang Anda inginkan. Ada baiknya mencicipi kuliner khas daerah setempat khusus Anda dengan kesukaan mengeksplorasi cita rasa baru.

Ingin beristirahat? Duduk langsung di atas rumput saat hari cerah bukanlah ide buruk, Anda patut mencobanya. Meskipun sebenarnya ada tempat beristirahat khusus yang bisa dipakai sebagai alternatif di mana memang disiapkan bagi pengunjung.

Candi Sawentar memang bukan candi populer bahkan keberadaannya berdiri gagah di sebuah daerah kecil. Namun demikian, ini adalah lokasi yang tepat untuk menikmati suasana budaya, agama, dan sejarah secara damai. Baik lingkungan warga maupun panorama alamnya, keduanya seolah siap mendukung apa pun aktivitas liburan Anda.