Coban Talun, Wisata Air Terjun Terindah di Batu Malang

Coban Talun Batu Malang

Coban Talun merupakan salah satu wisata air terjun yang menawan di Batu Malang. Kawasan asri dan sejuk yang terkenal dengan area camping ground, beragam wahana menarik dan spot foto yang indah.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: Pukul 07.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Coban Talun, RT.3/RW.15, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Air yang jatuh dari ketinggian memang memberikan pesona tersendiri. Di Kota Batu yang memiliki topografi sebagai dataran tinggi, memang mampu menghadirkan pesona yang sangat sulit ditawar. Banyak sekali wisata alam yang akan memberikan Anda pengalaman liburan tak terlupakan. Salah satunya dengan mengunjungi Air Terjun Coban Talun yang begitu memukau. Selengkapnya Anda bisa menyimak dalam ulasan berikut.

Pesona Air Terjun Coban Talun

Pesona Air Terjun Coban Talun

Image Credit: Facebook.com @cobantalunbatu

Sebenarnya, Kota Batu memiliki beberapa air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Dan air terjun ini masuk dalam destinasi air terjun yang banyak dikunjungi. Panorama perbukitan dan suasana yang asri menjadikan daya tarik tersendiri. Udaranya yang sejuk juga turut menambah daftar daya tarik, sehingga bisa menghempas semua penat Anda.

Coban Talun sendiri merupakan wisata alam berupa air terjun yang kerap menjadi incaran para wisatawan. Baik turis lokal maupun turis asing banyak yang sudah mendengar namanya. Wisata alam ini terbilang tinggi, dimana air terjunnya mencapai ketinggian hingga 75 meter. Untuk lokasinya berada di ketinggian 950 mdpl, sehingga wajar jika udaranya terbilang sejuk.

Pengunjung yang datang disarankan untuk menggunakan pakaian yang hangat. Mengingat suhunya bisa mencapai 18 sampai 23 Celcius. Ditambah lagi lokasi air terjun memiliki topografi perbukitan miring yang landai, sehingga curah hujannya terbilang tinggi. Menjadi kelebihan tersendiri, kawasan ini juga masuk dalam kawasan hutan lindung.

Hutan pinus dan hutan rimba yang campur menjadikan Anda bisa mendapatkan nuansa alam yang begitu kental. Terutama hutan pinusnya menjadi daya tarik tersendiri yang tidak akan bisa ditawar. Udaranya yang sejuk, semakin menjadi alasan untuk berlama lama menikmati bentang alamnya. Apalagi saat ini lokasi wisata juga sudah memiliki banyak wahana menarik.

Tidak hanya itu, rupanya air terjun andalan kota Batu ini juga memiliki beberapa mitos yang beredar. Mitos yang beredar ini terkait dengan pertemuan antara Jaya Nalendra pangeran Kerajaan Kediri dengan Dewi Seruni. Konon, sang pangeran sedang bertapa di tempat yang lokasinya tak jauh dari Coban Talun.

Tujuan ia bertapa adalah agar mendapatkan petunjuk perihal pendamping hidup. Dan ia mendapatkan petunjuk untuk menemukan jodohnya di sekitar sungai yang ada di air terjun ini. Pencariannya membuahkan hasil, karena sang Pangeran Jaya Nalendra bertemu dengan Dewi Seruni. Gadis cantik ini akhirnya disunting menjadi istri sang pangeran.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Madura Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Sebagai penanda, akhirnya dibangunlah jembatan Asmara yang memiliki mitos, bahwa sepasang kekasih akan memiliki hubungan cinta yang panjang. Asalkan pasangan kekasih tersebut melewati jembatan tersebut berdua. Benar atau tidaknya mitos tersebut, tetapi hal ini semakin menjadikan air terjun terindah ini terkenal di kalangan wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Talun

Daya Tarik Coban Talun

Image Credit: Facebook.com @indigokart

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, tempat wisata alam satu ini tidak hanya menawarkan air terjun saja. Pengunjung bisa menjelajah area wisatanya dan menemukan banyak hal menarik di Coban Talun. Untuk air terjunnya sendiri termasuk memiliki arus yang terbilang besar. Karena air terjun ini memang langsung dari hulu Sungai Brantas.

Terutama ketika musim penghujan, debit air yang dimiliki akan semakin besar. Hal ini tentunya menambah keindahan air terjun ini. Air yang jatuh dari ketinggian akan menimpa bebatuan yang ada di bawahnya. Untuk bisa menyaksikan keindahannya, pengunjung harus menuruni jalan setapak sekitar 1 km terlebih dahulu.

Tenang saja, perjalanan Anda akan mudah dilakukan karena treknya sudah begitu jelas. Dalam perjalanan menuju air terjun ini, pengunjung akan disuguhkan dengan lereng bukit yang hijau dan indah. Panorama pegunungan dengan hutan pinus yang lebat membuat panoramanya semakin eksotis. Semilir angin yang lembut juga turut menemani perjalanan Anda.

Daya Tarik dari Coban Talun

Image Credit: Google Maps (Handy Ban)

Dari kejauhan Anda sebenarnya sudah bisa melihat air terjun yang jatuh dari tebingnya. Membuat siapapun semakin tidak sabar untuk mendekati air terjunnya. Begitu Anda mendekat, suara deburan airnya akan semakin jelas di telinga. Disarankan untuk tetap berhati hati ketika menuruni jalan setapak yang ada, terutama ketika musim penghujan.

Sekalipun tempat wisata ini sangat cocok bagi anak anak, tetapi ada baiknya tetap berhati hati. Begitupun ketika Anda sudah menginjakkan kaki di area air terjunnya. Karena debitnya yang begitu besar, pengunjung tidak disarankan terlalu dekat dengan air terjun. Anda bisa mengambil beberapa foto cantik atau sekedar bersantai di kawasan air terjunnya.

Perpaduan wisata alam dan juga wisata buatan yang ada di Coban Talun memang semakin membuat destinasi satu ini kondang. Di area air terjun ada area luas yang bisa difungsikan sebagai tempat bersantai. Bahkan ada beberapa ayunan maupun tempat duduk yang bisa Anda temukan. Tentu saja juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat mengambil foto cantik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Coban Talun

Alamat Coban Talun

Image Credit: Google Maps (Ichal Pranata)

Objek wisata alam satu ini berada di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Wisata Batu. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Batu, sehingga memudahkan Anda untuk menjangkaunya. Akses jalannya juga sudah memadai, Anda bisa mengandalkan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi untuk tiba di Coban Talun.

BACA JUGA:  21 Tempat Makan di Malang Paling Enak & Murah

Bagi Anda yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan umum dari Malang, Anda bisa langsung menuju terminal Landungsari. Nantinya Anda menggunakan angkutan umum yang menuju arah kota Batu. Anda bisa turun di Terminal Kota Batu, dilanjutkan dengan menaiki angkutan berwarna orange untuk tiba di lokasi wisata air terjun.

Sementara untuk pengguna kendaraan umum, dari kota Batu bisa langsung menuju ke arah Selecta. Begitu menemukan pertigaan Anda bisa langsung mengambil jalan lurus. Silahkan saja mengikuti jalannya, tenang saja sudah ada banyak petunjuk jalan yang akan membantu Anda. Saat musim liburan biasanya akan macet, sehingga ada baiknya berangkat pagi pagi.

Harga Tiket dan Jam Operasional Air Terjun Coban Talun

Harga Tiket Air Terjun Coban Talun

Image Credit: Google Maps (Sanni Mw)

Untuk menikmati keindahan yang dimiliki Coban Talun, Anda tidak harus mengeluarkan budget yang besar. Harga tiket yang ditetapkan mulai dari Januari 2021 sekitar Rp. 15 ribu setiap orangnya. Harga ini masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan Anda. Parkir kendaraan roda dua berkisar Rp. 5 ribu dan untuk mobil sekitar Rp. 10 ribu.

Anda yang ingin menikmati wahana yang ada juga masih harus mengeluarkan biaya tambahan. Karena tiket yang Anda bayarkan hanya untuk memasuki area wisata saja. Hingga saat ini memang belum terdapat tiket terusan. Tapi tenang saja, harga untuk wahana wisatanya tidak akan membuat kantong Anda jebol.

Mengingat harga yang ditawarkan berkisaran dari Rp. 5 ribu sampai Rp. 10 ribu saja. Sementara untuk jam operasionalnya, buka mulai dari pukul 7 pagi sampai 17.00 WIB. Ada baiknya Anda datang ketika pagi hari, sebab Anda bisa puas menikmati semua wahana yang ada. Dan tentunya Anda bisa datang di hari apa saja, buka dari Senin hingga hari Minggu.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Coban Talun

Aktivitas di Coban Talun

Image Credit: Instagram.com @rezhagassi

1. Bermain Air atau Berenang

Kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan saat ada di Coban Talun salah satunya adalah bermain air. Namun pastikan Anda memilih aliran air yang tidak begitu deras. Anda bisa berendam ataupun berenang di kawasan wisata ini. Bahkan di aliran yang tak terlalu deras, Anda bisa relaksasikan tubuh Anda dengan pijatan dari air terjun kecilnya.

Kalaupun tidak ingin basah basahan, mencelupkan kaki di air juga bukan ide yang buruk. Anda bisa duduk di bebatuan dan sekalian menikmati pemandangan yang ada. Kegiatan sederhana ini dijamin akan membuat semua penat Anda hilang. Jika ingin kegiatan menantang, Anda bisa menjajal raftingnya.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Bondowoso yang Wajib Anda Coba

2. Bersantai

Rasanya relaksasi dan bersantai ini tidak bisa Anda lewatkan jika mengunjungi wisata seindah ini. Menghirup udara bersih dalam dalam, melupakan sejenak hiruk pikuk kota adalah sebuah relaksasi yang mujarab. Apalagi jika Anda menikmati waktu liburan ini bersama dengan orang orang tersayang. Dipastikan Anda mendapatkan momen liburan yang berkesan.

3. Berjalan Jalan di Taman Bunga

Tidak hanya hutan pinus, Anda juga bisa menyempatkan untuk mengunjungi Taman Bunganya. Ada banyak bunga bunga cantik yang bisa Anda temukan di tempat ini. Bunga cantik yang berpadu dengan sejuknya alam pegunungan akan memberikan suasana yang berbeda. Anda juga bisa sekalian mengambil foto foto yang instagramable di tempat satu ini.

4. Mengunjungi Apache Camp dan Pagupon Camp

Tidak harus bermalam di area ini, pengunjung juga bisa berjalan jalan di area Penginapan yang unik ini. Anda bisa merasakan sedang berada di tengah tengah suku Indian ketika di Apache Camp. Bahkan pengunjung juga bisa menyewa beberapa pernak pernik untuk berfoto. Dan suasana yang berbeda juga bisa didapatkan saat di Pagupon Camp yang menyatu dengan alam.

5. Berburu Foto Cantik

Kegiatan yang tak boleh dilewatkan ketika sedang liburan Anda mengabadikan setiap momen yang ada. Coban Talun memang memiliki banyak spot foto yang instagenic. Bahkan banyak dijadikan spot untuk foto prewed maupun kegiatan videografi. Alamnya yang masih terjaga dengan spot spot foto yang cantik sayang untuk dilewatkan. Pastikan Anda menyediakan memori penyimpanan yang lega.

Fasilitas yang Tersedia di Coban Talun Batu Malang

Fasilitas Coban Talun Batu

Image Credit: Facebook.com @omahsegitiga

Objek wisata Coban Talun sudah mendapatkan pengelolaan yang begitu maksimal. Pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan panoramanya, tetapi juga fasilitasnya. Fasilitas umum seperti area parkis, mushola hingga toilet bisa Anda temukan. Anda juga bisa menemukan warung makanan maupun toko souvenir untuk membeli buah tangan.

Bagi Anda yang ingin mengadakan kegiatan, Anda juga bisa memanfaatkan balai serba gunanya. Tidak hanya itu, pengelola juga menyiapkan fasilitas ATV dan motor trail untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan menantang. Fasilitas rafting juga tersedia, hanya saja para pengunjung harus berjalan sedikit jauh.

Tidak ketinggalan penginapan, pengunjung bisa langsung menemukan penginapan di area ini. Terdapat Apache Camp dan Pagupon yang memiliki desain penginapan unik. Apache Camp memiliki desain layaknya kampung indian, sementara Pagupon bentuknya mirip sangkar burung merpati. Harga yang ditawarkan untuk semalamnya terbilang ramah kantong.

Wahana wisata Coban Talun memang sanggup untuk menarik perhatian siapapun. Tidak hanya bisa menikmati wisata alamnya saja, wisatawan juga bisa menemukan banyak wahana yang menyenangkan. Bukan hal mengherankan jika coban ini tak pernah sepi pengunjung. Pastikan Anda menjadi salah satu wisatawan yang bijak dengan tidak membuang sampah sembarangan.