Museum Angkut merupakan museum dengan konsep unik di Kota Batu, Malang yang menyuguhkan lebih 300 koleksi jenis transportasi tradisional hingga modern. Objek wisata modern yang terletak di lereng Gunung Panderman.

Harga Tiket: Rp 80.000, Jam Operasional: Pukul 11.00-19.00 WIB, Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Kota Batu tak henti hentinya melakukan gebrakan akan wisata baru. Pasalnya, kota ini selalu mampu untuk menghadirkan wisata kekinian dan unik. Kali ini, Anda akan dibawa untuk menjelajah salah satu museum tempat transportasi dan banyak mobil modern berada. Penasaran seperti apa? Berikut simak ulasan selengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Museum Angkut

Daya Tarik Museum Angkut
Image Credit: Google Maps (Haris)

Berlibur ke kota Batu, pastinya Anda akan disuguhkan dengan banyak tempat untuk berwisata. Namun, bagi Anda yang menyukai wisata sejarah jangan lupa untuk mampir ke museum unik ini. Dengan bertajuk Museum Angkut Plus Movie star Studio, maka Anda akan disuguhkan dengan museum transportasi modern pertama yang ada di Indonesia.

Dengan perpaduan kedua unsur yakni budaya dan seni, maka Anda akan diajak untuk belajar sekaligus bermain di tempat satu ini. adapun wisata ini mengusung konsep hiburan dan edukasi. Sehingga tak mengherankan sejak dibuka tahun 2014, wisata ini tak pernah sepi pengunjung. Terutama ketika akhir pekan dan hari libur.

Pasalnya, museum satu ini memang tercatat sebagai museum transportasi pertama yang ada di Asia. Ketika Anda masuk ke dalam tempat satu ini, maka Anda pun akan menemukan banyak sekali tipe kendaraan, mulai dari jaman sekarang hingga jaman dulu kala. Bahkan terdapat sekitar 300 koleksi alat transportasi yang bisa Anda lihat disini.

Pada lahan seluas 3,8 hektar, Anda akan puas dibawa keliling menjelajah setiap sudut yang bisa dikatakan cukup interesting dan unik. Untuk itu, bagi Anda yang menyukai tipe mobil klasik, maka tak ada salahnya untuk mendatangi museum satu ini ketika sedang berlibur. Hal tersebut dikarenakan Anda menjadi momen yang berkesan bagi Anda maupun si kecil.

Harga Tiket dan Jam Operasional Museum Angkut

Harga Tiket Museum Angkut
Image Credit: Kompasiana.com

Untuk harga tiket masuk yang dipatok pad wisata satu ini adalah sekitar 80 ribu rupiah. Meskipun dapat dikatakan cukup mahal dibanding dengan wisata alam lain yang ada di Batu, namun hal tersebut sangat worth it. Pasalnya, Anda bisa menjelajahi wilayah yang cukup luas ini dengan puas.

Bahkan Anda pun bisa menghabiskan waktu selama seharian di lokasi satu ini. Anda bisa mulai datang ke museum satu ini mulai jam 11 siang. Dan museum satu ini akan ditutup pada pukul 7 malam. Sehingga, Anda pun akan sangat puas mengeksplor keindahan dari museum satu ini.

Kegiatan yang Menarik Saat Berada di Museum Angkut

Kegiatan Menarik di Museum Angkut
Image Credit: Facebook.com @arin.medtrans

1. Berwisata Kuliner di Zona Pasar Apung Nusantara

Berada di pasar apung, Anda pun akan diajak untuk menikmati berbagai macam sajian kuliner khas Indonesia. Biasanya daerah ini akan dikunjungi setelah Anda selesai menjelajah museum angkut. Sebab, setelah Anda lelah berjalan jalan, tentu saja perut pun akan menjadi keroncongan.

Oleh karena itu, zona ini sangat tepat untuk mengisi perut Anda. Ketika berada di lokasi ini, terdapat berbagai makanan yang bisa untuk Anda coba. Mulai dari nasi timbel, gado gado, bakso, hingga rujak cingur bisa dengan mudah untuk Anda temui di lokasi sau ini. selain itu, bagi Anda yang ingin untuk membeli souvenir, maka Anda pun bisa dengan mudah untuk menemukannya disini.

Sebab, di daerah satu ini terdapat banyak pengrajin yang menjual barang barang hasil kerajinannya yang unik. Anda pun bisa menjadikan barang tersebut sebagai cinderamata untuk oleh oleh di rumah. Uniknya lagi, semua proses jual beli akan dilakukan di perahu atau atas air. Sehingga, zona ini disebut dengan zona pasar apung nusantara.

2. Melihat Koleksi Benda Bersejarah di Indonesia Heritage Museum

Hal selanjutnya yang bisa Anda jelajahi ketika berada disini adalah Indonesia Heritage Museum. Di kawasan ini, Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam benda peninggalan dan koleksi dari senjata tradisional yang ada di Indonesia. Tak tanggung tanggung, Anda pun akan menemukan sekitar ribuan koleksi benda benda yang ada disini.

Mulai dari alat alat antik nan bersejarah juga bisa Anda temukan disini.hal tersebut bertujuan agar nantinya mampu untuk memberikan edukasi kepada pengunjung serta memperkaya pengetahuan dari wisatawan. Zona satu ini juga kerap kali disebut dengan museum d’Topeng, yang menampilkan pula berbagai jenis senjata dari negara lain.

3. Zona Edukasi

Selanjutnya, Anda bisa menjelajah zona edukasi. Museum satu ini mengusung tema edukasi, oleh karena itu zona ini wajib untuk Anda kunjungi bersama dengan si kecil. Dengan pemilihan warna serta interior yang menarik tentu saja akan membuat pengunjung menjadi lebih betah. Ditambah dengan penyampaian informasi yang ada disini akan membuat Anda menjadi lebih paham.

4. Bermain di Las Vegas

Belum kesampaian pergi ke Las Vegas, maka Anda pun bisa menjelajahi zona satu ini. kota malamnya Amerika yakni Las Vegas, bisa Anda kunjungi tanpa harus jauh jauh ke negeri Paman Sam tersebut. Saat berada disini, Anda juga bisa langsung berfoto dan merasakan pengalaman yang serupa.

Memasuki area ini, nantinya Anda akan disambut dengan gerbang selamat datang yang bertuliskan Las Vegas. Suasana glamour pun akan langsung Anda rasakan disini. Ditambah lagi terdapat jejak jejak selebritas yang bisa Anda temui di jalanan. Tentu saja akan menjadi salah satu pengalaman yang wajib Anda nikmati saat berada di Museum Angkut.

5. Belajar Menjadi Pilot di Zona Flight Training/Simulator

Selain menyimpan berbagai macam koleksi mobil dan benda benda bersejarah, disini Anda juga akan merasakan pengalaman yang berbeda.pasalnya, Anda bisa untuk training alat transportasi yakni pesawat. untuk Anda yang masih penasaran tentang bagaimana cara menerbangkan pesawat, maka Anda pun bisa melihatnya disini.

Kegiatan di Museum Angkut
Image Credit: Facebook.com @waktuindonesiaberlibur

Meskipun kawasan satu ini hanya sebagai tempat training saja, akan tetapi terdapat kokpit pesawat yang bisa mengajak Anda untuk belajar menerbangkan pesawat. Tentu saja, hal tersebut akan menjadi pengalaman yang berharga bagi pengunjung. Pasalnya, Anda akan serasa menerbangkan pesawat sungguhan ketika berada disini.

6. Berfoto di Zona Hollywood

Selain zona Las Vegas, Anda juga akan menemukan zona Hollywood saat sedang berada di museum satu ini. pada kawasan tersebut, Anda akan diajak untuk berkeliling menikmati area Hollywood, bahkan Anda pun bisa untuk hunting dan berburu foto di kawasan satu ini. Sebab spot foto yang ada disini sangatlah banyak.

Memasuki kawasan ini, Anda juga bisa melihat berbagai macam replika kendaraan yang biasanya terdapat dalam film Hollywood. Sebut saja seperti mobil legendaris milik Scooby Doo dan juga bat car yang biasa digunakan oleh Batman. Anda juga bisa untuk bertemu dengan karakter Hulk saat berada di zona ini.

7. Berfoto ala The Beatles di Zona Gangster dan Broadway

Apabila Anda pernah melihat foto legendaris The Beatles yang berfoto di zebra cross, maka Anda pun bisa mencobanya di zona satu ini. sebab, disini Anda akan disuguhkan keadaan kota Chicago saat tahun 1920. Dimana seorang gangster terkenal bernama Al Capone masih hidup.

Di sekitar tahun tersebut, Al Capone sering kali terlibat aksi kejahatan.sebut saja seperti minuman keras, penyuapan dan juga kasus prostitusi. Sehingga Anda pun juga akan menemukan penjara saat berada disini. Di zona ini, Anda pun akan diajak untuk menjelajahi bekas jejak dari Al Capone.

8. Melihat Koleksi Kendaraan di Zona Uni Eropa

Uni Eropa merupakan perwakilan dari negara besar yang ada di Eropa, yakni Jerman, Perancis, Italia dan juga Inggris. Disini, Anda akan menemukan banyak sekali koleksi dari mobil antik khas Inggris. Wisatawan pun akan bisa melihat berbagai macam mobil antik dengan nilai historis tersendiri.

Diantaranya yakni mobil Land Rover yang dulunya pernah digunakan oleh Ratu Elizabeth II ketika sedang parade di negara Australia. Selain itu, banyak pula motor motor unik nan jadul yang juga bisa untuk Anda temukan di lokasi satu ini. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya juga mampir untuk mengunjungi lokasi satu ini.

9. Menengok Keindahan Jaman Dahulu di Zona Sunda Kelapa dan Batavia

Berada di lokasi ini, Anda pun akan dibawa kembali ke masa lalu kota Jakarta. Dimana Anda akan disuguhkan dengan suasana Pelabuhan Sunda Kelapa di jaman dahulu. Dengan didesain hampir menyerupai dengan jaman dulu, maka Anda pun akan serasa dibawa kembali bernostalgia ketika memasuki area satu ini.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa untuk melihat kapal kapal yang sedang berlabuh. Tentunya dalam bentuk miniatur. Anda juga akan menemukan berbagai toko yang berada di sekitar pelabuhan. Ditambah lagi dengan toko yang memiliki ejaan di masa lampau akan membuat Anda bisa menambah pengetahuan akan keadaan di masa lalu kota Jakarta.

10. Menjelajah Zona Ruangan Utama

Zona satu ini umumnya akan Anda temukan ketika memasuki area Museum Angkut. Sebab, sebelum Anda menjelajah zona yang lain maka Anda akan melewati bagian ini terlebih dahulu. Disini, Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam koleksi transportasi dari masa ke masa.

Sehingga, Anda pun bisa menjumpai berbagai jenis mobil yang ada di seluruh belahan dunia. Koleksi tersebut tentunya ditata dengan elegan dan akan memudahkan Anda untuk melihatnya. Pengunjung pun akan dibuat kagum dengan penataan ruangan yang sangat apik Dengan begitu, Anda akan bisa untuk lebih mengenal berbagai macam kendaraan.

Fasilitas yang Tersedia di Museum Angkut Malang

Fasilitas di Museum Angkut
Image Credit: Google Maps (Henry Utama)

Tempat wisata satu ini telah didukung dengan berbagai fasilitas yang mumpuni. Hal tersebut dikarenakan Anda akan bisa untuk mendapatkan lahan parkir yang cukup luas saat berada di lokasi satu ini. Selain itu, Anda juga akan menemukan mushola dan toilet yang bisa Anda gunakan dengan nyaman selama berada di destinasi satu ini.

Bagi Anda yang kelaparan, maka Anda bisa untuk menemukannya di zona pasar apung maupun food court. Selain itu, ada pula ATM center dan juga shuffle car bagi Anda yang merasa kelelahan mengelilingi museum yang luas tersebut. Hal ini semata mata ditujukan untuk membuat pengunjung menjadi lebih nyaman.

Berkunjung ke Museum Angkut dapat menjadi salah satu opsi bagi Anda yang sedang berada di Batu. Sebab, destinasi satu ini menawarkan keindahan yang sangat memukau. Anda pun akan dibuat betah menyusuri setiap zona yang ada disini. Sebab, zona tersebut didesain dengan konsep yang berbeda dan tidak membosankan.