Jawa Tengah

25 Tempat Wisata di Solo

25 Tempat Wisata di Solo

Solo merupakan sebuah kota yang terkenal akan budayanya yang tersimpan dalam Keraton Solo. Keraton tersebut menyimpan banyak sejarah dan tentunya budaya dari nenek moyang zaman dahulu. Maka dari itulah, kota kecil yang berada di Jawa Tengah ini begitu populer, tak hanya di Indonesia, namun juga di mancanegara.

Tak hanya tentang Kraton, Solo pun menyimpan berbagai macam tempat yang dapat memanjakan mata dan juga pikiran Anda sejenak. Ya, kota kecil ini pun menyimpan berbagai tempat wisata yang sangat indah dan menawan. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang dapat Anda nikmati di Solo.

1. Taman Balekambang

Taman Balekambang

Lokasi: Jl. Balekambang No. 1, Manahan, Kec. Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. – Image Credit by Solo.korinatour.co.id

Tempat Wisata di Solo yang pertama merupakan sebuah taman bernama Balekambang yang terletak di Jalan Balekambang Nomor 1 Surakarta. Taman ini merupakan taman bersejarah yang di bangun langsung oleh Mangkunegoro VII pada tahun 1921. Taman yang dikelilingi oleh pepohonan yang hijau ini membuat suasana menjadi begitu sejuk dan nyaman.

Tak hanya pepohonan, terdapat beberapa spot di Taman Balekambang yang bisa Anda jadikan spot berfoto selfie. Lalu, ada juga beberapa hewan jinak yang dapat Anda lihat langsung seperti rusa, ayam hias, angsa, dan hewan menggemaskan lainnya. Tempat ini bisa Anda nikmati setiap pukul 6 pagi sampai 5 sore saja.

2. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu

Lokasi: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. – Image Credit by Travelingyuk.com

Tempat wisata kedua yang bisa Anda kunjungi di Solo ialah Grojogan Sewu Tawangmangu yang terkenal sebagai wisata alam. Anda akan disuguhkan oleh pemandangan air terjun yang menyegarkan ketika berkunjung kesini. Dikelilingi oleh tebing yang hijau, tempat ini sangat cocok Anda kunjungi untuk menenangkan kejenuhan Anda.

Hanya dengan Rp. 18.000, Anda bisa memasuki wisata alam yang menyegarkan mata ini. Lokasinya pun tak jauh dari pusat kota Solo. Hanya berjarak sejauh 37 km dari kota, Anda dapat menempuh perjalanan menggunakan sepeda motor maupun mobil.

3. Pasar Antik Triwindu

Pasar Antik Triwindu

Lokasi: Ngarsopuro, Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. – Image Credit by Panduanwisata.id

Tempat wisata ketiga yang bisa Anda kunjungi adalah Pasar Antik Triwindu yang terletak di Jalan Diponegoro Surakarta. Dalam pasar ini terdapat banyak sekali barang-barang antik yang pastinya menjadi sasaran empuk bagi Anda yang menyukai barang lawas. Meski begitu, Anda pun harus benar-benar jeli dalam memilih barang antik tersebut karena merupakan barang second.

Anda pun dapat melakukan penawaran sebelum membeli, seperti layaknya di pasar tradisional. Barang-barang yang tersedia antara lain lukisan kuno, uang jenis lawas, koin, kain batik, wayang, hingga onderdil jaman dulu.

4. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman

Lokasi: Jl. Cakra, Kauman, Kec. Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah. – Image Credit by Engrasia.com

Tempat wisata berikutnya yang dapat Anda kunjungi di Solo ialah Kampung Batik Kauman yang terletak di pusat kota Solo. Kampung Batik ini merupakan tempat yang wajib Anda kunjungi jika sedang berkunjung ke Solo. Apalagi jika Anda adalah seorang yang menyukai segala hal tentang batik.

Tentunya semua batik di Kampung Batik Kauman ini dibuat dengan tangan sendiri alias homemade. Tak heran jika harga satu baju batik di sini sangat fantastis. Pelanggan dari tempat ini pun kebanyakan berasal dari luar negeri yang sudah jatuh hati melihat keindahan batik buatan Kampung Batik Kauman ini.

5. Taman Cerdas

Taman Cerdas

Lokasi: Jl. Ki Hajar Dewantara RT02/RW25, Kec. Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. – Image Credit by Pariwisatasolo.surakarta.go.id

Salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Kota Solo ialah sebuah taman yang dijuluki Taman Cerdas. Taman ini tersebar di beberapa kelurahan di Solo, salah satunya ialah di kelurahan Jebres. Taman ini sangat unik dan juga mengedukasi siapa saja yang mengunjunginya.

Taman seluas 2000 meter persegi ini mempunyai banyak permainan untuk anak-anak dan juga fasilitas untuk orang dewasa. Contohnya seperti wahana lukisan 3D yang mempunyai 4 tema berbeda.

6. Telaga Madirda

Telaga Madirda

Lokasi: Berjo, Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. – Image Credit by Eksapedia.com

Tempat wisata berikutnya ialah Telaga Madirda yang mempunyai pemandangan dari bukit yang asri dan mempesona. Telaga ini terletak di daerah Candi Sukuh Kabupaten Karanganyar.

Di tempat ini, Anda dapat dengan santai menikmati hari libur Anda ditemani dengan pemandangan luar biasa ini, dipastikan kejenuhan Anda hilang seketika. Air dari telaga pun sangat bening, membuat liburan Anda semakin berkesan.

7. Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta

Lokasi: Baluwarti, Kec. Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah. – Image Credit by Pariwisatasolo.surakarta.go.id

Tempat paling terkenal di Solo ialah Keraton Kasunan Surakarta yang merupakan tempat bersejarah yang menyimpan berbagai budaya kerajaan yang masih berjalan hingga sekarang.

Ada beberapa peraturan yang harus Anda taati ketika berkunjung kesini. Dan semua itu harus ditaati karena lingkungan Keraton sangat dijaga. Anda dapat berkunjung di hari Senin hingga Kamis pada jam 9 pagi hingga 2 siang.

8. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran

Lokasi: Jl. Ronggowarsito No. 83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. – Image Credit by Pesona.travel

Objek Wisata di Solo berikutnya adalah Pura Mangkunegaran yang terletak di daerah Keprabon, Banjarsari, Surakarta. Tempat ini mempunyai arsitektur bangunan yang menawan. Tak hanya itu, Anda juga dapat menikmati koleksi benda-benda seni yang di pampang disana.

Tempat ini telah berdiri sejak tahun 1757. Dibangun dengan sentuhan arsitektur tradisional Jawa dan Eropa oleh KGPAA Mangkunegara II.

9. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No. 275, Sriwedari, Kec. Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah. – Image Credit by Nusantaranews.co

Tempat wisata berikutnya ialah Taman Sriwendari yang merupakan taman dengan atraksi seni yang memukau. Tak heran jika taman ini dikenal sebagai THR atau Taman Hiburan Rakyat. Terdapat berbagai pertunjukan yang telah disediakan, seperti wayang orang, dance, pentas musik, dan lain sebagainya.

Taman ini berada di Jl. Brigjend Slamet Riyadi daerah Laweyan Surakarta. Tak hanya pertunjukan, taman ini pun mempunyai berbagai fasilitas seru yang dapat ada nikmati bersama keluarga atau kawan-kawan.

10. Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro Night Market

Lokasi: Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. – Image Credit by Rentalmobiljogja.id

Tempat wisata berikutnya ialah Ngarsopuro Night Market yang memanjakan Anda dengan tempat berbelanja. Tak hanya berbelanja, destinasi ini juga pas untuk Anda pecinta kuliner. Tatanan pasar malam ini sangat unik dan juga rapi, bak Orchied Road Singapura yang menawan.

Terletak di Jl. Diponegoro Surakarta, tempat ini dapat Anda kunjungi di waktu santai liburan Anda untuk membeli oleh-oleh sekaligus makan malam. Buka setiap sabtu pada jam 4 sore hingga 11 malam, ada pun akan merasakan sensasi malam mingguan yang tidak terlupakan.

11. Agrowisata Sondokoro Karanganyar

Agrowisata Sondokoro Karanganyar

Lokasi: Jl. Mangkunegara, Bojonegoro, Ngijo, Tasikmadu, Surakarta, Jawa Tengah. – Image Credit by Tripjalanjalan.com

Tempa wisata selajutnya adalah Agrowisata Sondoroko Karanganyar yang awalnya merupakan kawasan pabrik gula. Terletak di Jl. Mangkunegara Surakarta, tempat ini berada di dekat pusat kota Solo. Meski dekat dengan pusat kota, tempat ini merupakan kawasan yang rindang karena banyak dengan pepohonan.

Selain nyaman untuk dijadikan tempat duduk santai, tempat ini juga mempunyai banyak fasilitas seperti terapi ikan, kolam renang, flying fox, pijat refleksi, dan lainnya. Anda bisa mengunjunginya setiap hari di jam 8 pagi hingga 5 sore.

12. Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun Binatang Taru Jurug

Lokasi: Jl. Ir. Sutami No. 109, Jebres, Kec. Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. – Image Credit by Pariwisatasolo.surakarta.go.id

Tempat wisata berikutnya ialah Kebun Binatang Taru Jurug yang berkonsep edukasi bersama alam. Kebun binatang ini dapat Anda jadikan tempat belajar sekaligus rekreasi yang seru bersama anak maupun keponakan Anda. Terdapat banyak koleksi satwa yang ada seperti jerapah, komodo, zebra, gajah dan lain sebagainya.

Tak hanya koleksi satwa, kebun binatang ini juga memiliki koleksi pepohonan langka seperti cemara, akasia, pinus, dan lain sebagainya. Anda dapat berkunjung ketempat edukatif ini di Jl. Ir. Sutami nomor 109, Surakarta.

13. Bumi Perkemahan Sekipan

Bumi Perkemahan Sekipan

Lokasi: Desa Kalisoro, Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. – Image Credit by Yukpiknik.com

Tempat wisata berikutnya adalah Bumi Perkemahan Sekipan yang terletak di Desa Kalisoro daerah Karanganyar. Meski berjudul Bumi Perkemahan, tempat ini menyediakan waterpark yang akan melengkapi liburan Anda. Ditambah lagi, tersedia villa yang bisa dijadikan opsi bagi Anda yang tidak ingin mendirikan tenda.

Tak hanya itu saja, ada berbagai fasilitas wisata yang disediakan untuk pengunjung. Contohnya seperti Kampung Halloween dan Rumah Papua yang sayang jika dilewatkan.

14. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No. 261, Sriwedari, Kec. Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatanegeri.com

Tempat wisata berikutnya adalah Museum Batik Danar Hadi. Museum ini mempunyai berbagai koleksi batik dari seluruh Indonesia. Tentunya lengkap dengan berbagai corak dari corak klasik hingga kontemporer.

Tak hanya melihat berbagai koleksi batik, Anda pun dapat melihat langsung proses pembatikan tersebut. Jika tertarik mengunjungi tempat ini, Anda bisa pergi ke Jl. Brigjend Slamet Riyadi nomor 261 Surakarta.

15. Tugu Lilin

Tugu Lilin

Lokasi: Penumping, Kec. Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah. – Image Credit by Ahmedfikreatif.wordpress.com

Tempat wisata berikutnya ialah Tugu Lilin yang terletak di pertigaan Jl. Joko Tingkir, Jl. Slamet Riyadi Makamhaji, dan Jl. Dr. Radjiman. Tugu ini merupakan ikon Kota Solo yang lebih dikenal sebagai Tugu Kebangkitan Nasional. Hal tersebut dikarenakan tugu tersebut dibangun pada peringatan ke-25 Hari Kebangkitan Nasional di tahun 1933.

Spot tugu ini mempunyai api lilin di atasnya yang melambangkan perjuangan rakyat yang tidak pernah padam hingga kapanpun. Anda pun dapat menggunakannya sebagai latar belakang untuk mengambil gambar untuk dijadikan kenang-kenangan.

16. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No. 275, Sriwedari, Kec. Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Tempat wisata berikutnya ialah Museum Radya Pustaka yang terletak di Jl. Brigjend Slamet Riyadi Surakarta. Dibangun tahun 1890 dan dipindah lokasi tahun 1913, museum ini penuh dengan sejarah dari Keraton Mataram. Anda dapat melihat beberapa peninggalan dari zaman Mataram seperti arca, gamelan, peninggalan Hindu Budha, keris, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu saja, museum ini juga menyimpan benda yang berkaitan dengan Kota Solo itu sendiri. Seperti porselen antik dari Napoleon Bonaparte yang diberikan kepada Susuhunan Pakubuwono V.

17. Kebun Strawberry Karanganyar

Kebun Strawberry Karanganyar

Lokasi: Kramat, Kalisoro, Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. – Image Credit by Kabarnesia.com

Tempat wisata selanjutnya adalah Kebun Strawberry yang terletak di Desa Kalisoro daerah Karanganyar ini. View yang disuguhkan pun tidak main-main. Anda dapat melihat area luas nan hijau yang dikelilingi oleh kebun strawberry.

Kebun 2000 meter persegi tersebut dapat kita kelilingi sepuas hati. Anda juga bisa memetik buah strawberry dan langsung memakannya karena aman dari obat-obatan.

18. Edupark Intan Pari

Edupark Intan Pari

Lokasi: Jl. Jend. Gatot Subroto, Beningrejo, Gaum, Tasikmadu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. – Image Credit by Twitter @eduparkkra

Tempat wisata selanjutnya adalah Edupark Intan Pari yang terletak di daerah Gatot Subroto desa Gaum Karanganyar. Sesuai dengan namanya, taman ini penuh dengan fasilitas yang mengedukasi. Hal tersebut karena adanya pesawat asli tipe Boeing 737-300 dan helikopter tipe Bolco yang dapat Anda lihat secara dekat.

Selain itu, terdapat pula kolam renang yang menjadi pelepas lelah setelah berkeliling di taman edukatif ini. Jangan lupa untuk mengabadikan momen disana dengan latar belakang pesawat dan helikopter yang keren.

19. Candi Sukuh

Candi Sukuh

Lokasi: Tambak, Berjo, Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. – Image Credit by Detik.com

Tempat wisata satu ini merupakan bangunan bersejarah yang bernama Candi Sukuh. Letaknya berada di desa Berjo daerah Karanganyar. Ditemukan oleh Johnson di tahun 1815, candi ini merupakan jenis Candi Hindu yang tercatat sebagai salah satu warisan dunia. Hal tersebut berdasarkan usulan dari UNESCO di tahun 1995.

Candi ini merupakan candi yang cukup mengundang kontroversi. Pasalnya, ada relief yang cukup vulgar untuk dilihat oleh anak-anak. Terlepas dari itu, candi berbentuk trapesium ini sangat digemari oleh para wisatawan. Mereka tertarik akan bentuk unik yang ditawarkan oleh candi bersejarah yang satu ini.

20. Agrowisata Amanah

Agrowisata Amanah

Lokasi: Jl. Raya Solo – Tawangmangu, Karangpandan, Karang Wetan, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. – Image Credit by Gubugkecilsangentung.net

Agrowisata Amanah merupakan salah satu tempat wisata di Solo yang sangat direkomendasikan untuk Anda. Tempat ini merupakan tempat edukatif untuk mengajarkan banyak hal kepada anak atau keponakan Anda. Anda dapat berwisata sambil menikmati banyak fasilitas yang sudah tersedia bagi pengunjung.

Terdapat juga penginapan yang disediakan untuk keluarga. Di sekitarnya juga banyak terdapat tempat maka yang murah dan lezat. Selain itu, Anda juga dapat menikmati aktifitas outbond yang sudah tersedia. Setelah puas bermain, Anda dapat mendinginkan badan Anda di kolam renang. Anda perlu mengunjungi tempat ini di Jalan Tawangmangu kilometer 34 Karanganyar.

21. Taman Hutan Rakyat

Taman Hutan Rakyat

Lokasi: Dusun Sukuh, Berjo, Ngargoyoso, Girimulyo, Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. – Image Credit by Infohotelmurahkan.blogspot.com

Tempat wisata berikutnya dikenal dengan nama Tahura atau Taman Hutan Rakyat yang terletak di daerah Sukuh Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Banyak hal yang dapat dilakukan di Tahura ini selain rekreasi, diantaranya ialah perkemahan dan juga penelitian. Hal tersebut dikarenakan kawasan ini mempunyai beragam jenis satwa dan juga vegetasi yang dapat Anda nikmati. Pemandangannya pun tak kalah bagus, karena Anda disuguhkan alam yang begitu asri.

Karena jalan yang Anda tempuh ke tempat ini menanjak, Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari Kota Solo. Anda dapat menempuh perjalanan menggunakan mobil amupun kendaraan bermotor.

22. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg

Lokasi: Kedung Lumbu, Pasarkliwon, Surakarta, Jawa Tengah. – Image Credit by Pesona.travel

Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Solo ialah Benteng Vastenburg. Benteng bersejarah ini terletak di Jalan Jenderal Soedirman daerah Kedung Lumbu, Surakarta. Destinasi wisata kali ini menyajikan peninggalan zaman Belanda yang sudah ada sejak 1779. Benteng ini dulunya merupakan tempat untuk mengontrol Pemerintah di Keraton Surakarta.

Pemandangan ala kolonial Belanda masih sangat terlihat di area benteng, karena area ini memang dibuat kawasan edukatif guna mempelajari sejarah. Karena selain untuk mengontrol Pemerintahan, benteng ini juga berfungsi sebagai tempat penyiksaan bangsa Indonesia.

23. Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran

Lokasi: Kebayanan II, Krikilan, Kalijambe, Kab. Sragen, Jawa Tengah. – Image Credit by Indonesia.go.id

Destinasi tempat wisata berikutnya ialah Museum Manusia Purba Sangira yang terletak di daerah Kalijambe Kabupaten Sragen. Kawasan ini berada tepat di kaki Gunung Lawu, yang berjarak sekitar 17 km dari daerah kota. Tempat wisata ini pun merupakan salah satu situs warisan dunia yang dibina oleh UNESCO. Hal tersebut dikarenakan tempat ini merupakan tempat edukatif yang juga dijadikan sebagai tempat penelitian tentang pra sejarah.

Museum ini merupakan museum yang terlengkap, baik di Asia maupun dunia. Tak heran jika para turis mancanegara sering mengunjungi museum ini. Fosil yang disediakan pun cukup lengkap, seperti fosil-fosil dari manusia purba, binatang purba, dan lain sebagainya. Fasilitas untuk pengunjung pun cukup banyak. Seperti ruang audio visual, gardu pandang sangiran, kios souvenir, ruang pameran, dan lain sebagainya.

24. Galabo Solo

Galabo Solo

Lokasi: Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah. – Image Credit by Rri.co.id

Destinasi Wisata di Solo berikutnya merupakan destinasi yang paling diminati oleh wisatawan, yaitu Galabo Solo. Tempat ini menyediakan beragam wisata kuliner yang menggugah selera Anda. Terlebih tempat ini hanya buka mulai dari jam 5 sore hingga 12 malam, menambah suasana keren Kota Solo sambil menikmati kulinernya.

Disepanjang jalan, Anda akan melihat jajaran kuliner khas dari Solo yang dapat Anda cicipi langsung. Terdapat live music pula yang mengiringi Anda di setiap sudut yang Anda kunjungi.

25. Monumen 45 Banjarsari

Monumen 45 Banjarsari

Lokasi: Setabelan, Kec. Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. – Image Credit by Surakarta.go.id

Tempat wisata yang selanjutnya adalah Monumen 45 Banjarsari yang terletak di daerah Banjarsari Kota Solo. Monumen ini merupakan ikon publik yang mempunyai sebuah taman bernama Monjari.

Monumen ini merupakan monumen bersejarah guna mengenang serangan Empat Hari di tanggal 7 hingga 10 Agustus di tahun 1949. Terdapat tempat bagi pejalan kaki, tempat bermain, air mancur, dan juga hutan kota disini.