Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Kuncen, Seloboro, Kec. Salam, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Jalan-jalan ke Magelang rasanya belum lengkap jika tidak menikmati berbagai wisatanya yang santai menarik. Mulai dari wisata alam, pendidikan, religi, hingga seni yang bersejarah. Salah satu objek wisata seni yang paling banyak diminati oleh masyarakat adalah candi. Asal ada tahu di Magelang, Anda bakal menemukan berbagai macam candi yang indah, salah satunya Candi Gunung Sari.

Candi yang satu ini sendiri adalah objek wisata yang memiliki corak Hindu Siwa. Meskipun sempat terlupakan, namun sekitar tahun 1987 mulai ditemukan kembali dan bisa bertahan hingga sekarang. Candi yang keren ini menyimpan banyak sekali daya tarik. Penasaran apa saja? berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Sejarah Candi Gunung Sari

Sejarah Candi Gunung Sari
Image Credit: Google Maps Arya the Sneakerhead Pirate

Bila dikulik dari segi sejarahnya, Candi Gunung Sari merupakan salah satu warisan peninggalan yang sudah ada sejak abad ke 6 hingga 8. Sehingga bila di telusur lagi, maka secara otomatis sudah berusia kurang lebih jauh daripada Prambanan dan juga Borobudur yang mana letaknya juga berada di wilayah Magelang.

Asal Anda tahu, awal mula ditemukannya Candi Gunung Sari ini yaitu sekitar tahun 1996. Namun sebelum itu, ia juga pernah di ketahui oleh pemerintah kurang lebih sekitar 1987. Setelah ditemukan, maka pemerintah mulai melakukan sebuah riset, dan menetapkannya menjadi salah satu bangunaan bersejarah yang suudah ada sejak zaman Indonesia masih berupa kerajaan.

Berada di sekitar bangunan tersebut, Anda akan dikejutkan dengan berbagai bebatuan yang mana itu merupakan temuan yang sudah ada disekitar puncak bukit. Bahkan dalam catatan sejarah juga menyatakan bahwa batuan tersebut juga ditemukan sepanjang jalan untuk menuju ke puncak. Sehingga berdasarkan sebuah riset menyatakan, bebatuan tersebut memang menjadi bangunan gerbang utama candi.

Daya Tarik Candi Gunung Sari

Daya Tarik Candi Gunung Sari
Image Credit: Google Maps 인도네시아 친구Indonesia Chingu

1. Terdiri dari Beberapa Bangunan

Candi Gunung Sari ini juga terdiri dari beberapa bangunan. Dimana bagian kaki candi akan membantu Anda dalam memberikan gambaran sisi genta dan juga pelipit. Saat mengunjungi candi unik ini, maka Anda bakal menemukan komponen tubuh yang mempunyai satu penampilan. Dimana fungsinya sendiri adalah untuk pintu masuk.

Bangunan berasal dari atap juga bisa anda temukan disini. Dimana untuk bahanya sendiri terbuat dari antefik. Pada bangunan yang lainnya, Anda bakal di takjubkan dengaan banguan yang menyerupai pagar keliling. Letaknya sendiri berada di sebelah selatan dari bangunan utama. Berdasarkan catatan, diperkirakan bangunan tersebut adalh sebuha candi perwara.

2. Terdapat Bangunan Berstruktur Batu

Jika berkunjung ke wisata Candi Gunung Sari yang berada di area Jawa Tengah ini maka rasanya kurang afdol jika belum melihat daya tarik bangunan berstruktur batu tersebut. Dimana untuk struktur batuannya, maka ia telah dikombinasikan dengan andesit dan dilakukan upaya pengerasan berupa limbah tata batu. Dari strukturnya, maka kemungkinan area ini dulunya jalan masuk ke candi.

3. Pemandangan yang Indah

Daya tarik lain yang bakal Anda temukan jika berkunjung di sini adalah pemandangan yang indah. Bagaimana tidak, karena letaknya yang berada di kawasan perbukitan, maka ia dipenuhi dengan pepohonan yang sangat asri. Bahkan jika berkunjung di pagi hari, Anda bisa berwisata sambil menikmati kabut di sekitaran Candi Gunung Sari.

4. Spot Foto Menarik

Karena objek candi ini telah dipenuhi dengan pemandangan yang sangat bagus, maka banyak wisatawan yang hadir untuk mengabadikan momen bersama dengan rombongan. Selain menggunakan baground bebatuan yang ada pada bangunan candi tersebut, pengunjung juga bakal berfoto dengan pemandangan alamnya yang sangat memukau

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Candi Gunung Sari
Image Credit: Google Maps Arya the Sneakerhead Pirate

Sama dengan ketika anda ingin mengunjungi kawasan wisata, salah satu hal yang ingin Anda lihat terlebih dahulu adalah lokasinya. Sama tatakala anda ingin berkunjung ke lokasi wisata ini. Untuk bisa sampai di kawasan Candi Gunung Sari, maka ia berada di kawasan Bukit Desa Ngasem. Spesifiknya berada di Kelurahan Gulon, Kecamatan Salam, di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Rute lokasi ke kawasan candi bisa Anda temukan jika ingin sampai di kawasan wisata ini yaitu bisa langsung dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Dan biar bisa sampai tujuan dengan selamat, maka jangan lupa untuk menggunakan google map di ponsel Anda. Dan untuk memastikan, Anda juga bisa melihat plang yang ada di pinggir jalan.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Candi Gunung Sari
Image Credit: Google Maps Master X Minecraft Aga

Saat berkunjung ke destinasi wisata, hal lain yang bakal Anda cek terlebih dahulu adalah penawaran harga tiket yang diberikan. Namun untuk bisa datang ke lokasi ini, Anda hanya cukup mengeluarkan uang kurang lebih hanya sekitar 5 ribu rupiah saja, akan tetapi untuk penawaran tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, sesuai kebijakan pengurus Candi Gunung Sari.

Bagaimana dengan jam operasional dari kawasan wisata yang satu ini? Destinasi Candi Gunung Sari mempunyai jam operasional yang cenderung longgar. Bagaimana tidak, sebab ia akan mulai beroperasi sekitar jam 8 pagi hingga 5 sore. Akan tetapi biasanya banyak pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi lokasi wisata sekitar jam 9 pagi dan 3 sore.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Candi Gunung Sari
Image Credit: Google Maps Danee Des

1. Melihat Bebatuan Candi yang Nampak Unik

Faktanya ada banyak hal yang bisa Anda lakukan jika berkunjung ke salah satu situs yang terletak di Magelang ini. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu dengan melihat bebatuan yang terlihat sangat menarik di sekitar Candi Gunung Sari. Bahwa disana anda bakal menjumpai batu yang memiliki bentuk silinder dengan bagian ujung yang setengah lingkaran.

Batu yang bagian ujungnya membentuk setengah lingkaran ini, dalamnya mempunyai struktur berongga dan mempunyai lubang. Dalam sebuah cerita menyatakan, bahwa adanya lubang tersebut dulunya digunakan untuk menyimpan abu jenazah hasil kremasi yang dipercayai oleh umat Agama Hindu.

Uniknya lagi di bangunan bersejarah ini juga terdapat Yoni yang mempunyai ukuran besar namun tanpa menggunakan lingga. Posisinya sendiri berada di tengah kompleks dari Candi di Magelang ini. Sehingga tidak jarang banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi di bagian spot tersebut.

2. Belajar Ilmu Sejarah Candi yang Bernama Gunung Sari

Selain melihat bebatuan Candi Gunung Sari yang tergolong unik, Anda yang datang ke lokasi ini juga bisa sekaligus belajar sejarah. Mungkin Anda bakal bertanya-tanya, kira-kira jika belajar sejarah di sana bagaimana dan lain lain, namun faktanya bakal sangat menarik. Bagaimana tidak, sebab disana Anda bisa langsung bertanya dengan para ahli maupun juru kunci secara langsung.

Jangan khawatir akan sendirian, sebab jika sudah memasuki wilayah tersebut, Anda juga bisa bertemu dengan pengunjung lain yang memang datang untuk mengorek berbagai macam ilmu sejarah. Mulai dari penemuan, corak, kerajaan dan masih banyak yang lainnya. Tidak jarang juga pengunjung yang menang mendapat tugas untuk play di lapangan dengan mengunjungi candi keren ini.

Aktivitas Menarik di Candi Gunung Sari
Image Credit: Google Maps risao pambudi

3. Belajar Arsitektur

Anda termasuk anak arsitektur yang minat pada Candi Gunung Sari? Jika memang baground Anda adalah orang yang tertarik dalam bidang arsitektur, desain, dan juga pembangunan, maka jangan khawatir untuk mendapatkan ilmu tersebut secara langsung. Sebab dengan mengunjungi candi ini, maka Anda bisa langsung belajar desain, arsitek dan juga bangunan.

Jangan salah, Anda juga bisa melakukan pengamatan secara detail, terkait corak bangunannya, ukuran, ukuran, struktur bahan yang digunakan dalam pembangunan candi, dan masih banyak yang lainnya. Dengan begitu Anda tidak hanya belajar secara teori saja, namun juga bisa langsung studi kasus di lapangan.

4. Menikmati Pemandangan

Kegiatan lain yang bisa dilakukan jika mengunjungi kawasan wisata ini yaitu dengan melihat pemandangan yang sangat bagus. Karena letak Candi Gunung Sari yang berada di sekitar dataran tinggi atau bukit, sehingga pemandangan yang disajikan juga sangat menarik. Mulai dari pepohonan yang asri, serta bangunan yang nuansa Hindu yang unik guna mengabadikan momen berharga.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Gunung Sari

Fasilitas Candi Gunung Sari
Image Credit: Google Maps Sinung Baskoro

Pada dasarnya ada banyak sekali fasilitas yang ditawarkan jika anda berkunjung ke kawasan wisata ini, mulai dari area parkir yang luas dan dijaga oleh juru parkir dan tempat duduk di sekitarnya. Fasilitas lain yang bisa ditemukan dengan adanya bangunan bersejarah ini juga tidak lepas yang namanya instruktur. Dimana tugasnya nanti adalah untuk memberikan pemahaman kepada pengunjung yang datang.

Fasilitas yang bakal anda dapatkan jika mengunjungi Candi ini adalah tempat penginapan yang posisinya tidak jauh dari lokasi. Harga penginapan sekitar Candi Gunung Sari ditawarkan dengan harga beragam, tergantung dari fasilitas yang diberikan. Tidak ketinggalan dalam kuliner, tidak jauh dari lokasi Anda bakal disajikan dengan deretan warung yang menghidangkan olahan lezatnya.

Kesimpulan yang bisa diambil dari penjelasan diatas adalah bahwa Candi Gunung Sari merupakan wisata sejarah dan budaya yang erat kaitannya dengan Agama Hindu. Objek wisata candi yang keren ini juga menyuguhkan daya tarik yang menarik. Mulai dari adanya beberapa bangunan pada candi, situs dengan struktur batu, pemandangan indah, dan juga spot foto menarik.