17 Tempat Wisata di Cianjur

17 Tempat Wisata di Cianjur

Cianjur merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat. Tempat yang memang berbatasan dengan Kabupaten Bogor dan Purwakarta dimana Cianjur ini juga terkenal akan tempat wisatanya. Sebagian besar wilayah dari Cianjur merupakan pegunungan yang menjadikannya memiliki banyak wisata alam dan begitu diperhitungkan.

Tak heran apabila musim liburan tiba banyak wisatawan yang datang ke Cianjur. Ada pantai-pantai indah yang bisa dikunjungi untuk mengisi liburan Anda bersama kerabat.

1. The Little Venice Cipanas

The Little Venice Cipanas

Lokasi: Batulawang, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Jajanbeken.com

Tempat Wisata di Cianjur yang pertama yang bisa dikunjungi adalah Little Venice Kota Bunga Cipanas. Sebuah danau buatan yang dirancang mirip dengan struktur lingkungan di Venice, Negara Italia. Dibandunga dengan beraneka ragam bangunan yang sama persis dengan bangunan yang ada di negera Italia. Mulai dari gedung, rumah hingga bangunan lainnya.

Tempat ini memang cocok utnuk para pecinta fotografi yang diketahui memiliki banyak objek cantik disini. The Little Venice Cipanas ini berada di Batulawang, Cipanas. Masa liburan di tempat ini akan terasa mengesankan terutama mereka yang suka mengoleksi foto-foto keren.

2. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti

Lokasi: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Pegipegi.com

Pantai yang menawarkan sejuta keindahan ini memang terbilang asri dan alami. Belum banyak tersentuh oleh wisatawan dan polesan industri pariwisata setempat. Tetapi dibalik kesederhanaan pantai ini ada pasir putih yang cukup panjang dengan deburan ombak.

Untuk mereka para pecinta sunset di pantai ini juga ada panorama sunset yang sayang kalau dilewatkan. Pantai Jayanti berjarak sektiar 139 km dari pusat kota Cianjur. Tepatnya ada di Jalan Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun.

3. Curug Citambur

Curug Citambur

Lokasi: Karangjaya, Kec. Pasirkuda, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Mytrip.co.id

Berikutnya, wisata di Cianjur seolah tak pernah sepi pengunjung terutama karena keindahan dari Curug Citambur ini. Memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 100 meter dan banyak keunikan seperti debit airnya yang deras dan berlimpah. Hal ini mennimbulkan uap air seperti kabut tipis yang memberi kesejukan di sekitarnya.

Adanya debit air yang deras dan pemandangan alam yang hijau ini membuat suasana liburan makin menyenangkan. Curug Citambur ini berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasirkuda. Pengunjung yang datang bisa merasakan deburan air yang berhembus seperti sebuah kabut segar.

4. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Lokasi: Jl. Mariwati, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Phinemo.com

Tak hanya pemandangan bunga yang berwarna-warni, berlibur ke Taman Bunga Nusantara ini juga memberi wisatawan pengalaman yang berbeda. Ada beberapa wahana hiburan seperti kereta, super go cart, kincir sundul langit, berkuda hingga ATV. Ada 3 taman yakni taman Jam, labirin dan perancis.

Sementara fasilitas tambahan yang disediakan adalah ATM center, toko souvenir, toilet, tempat ibadah dan lain sebagainya. Taman Bunga Nusantara berada di Jalan Mariwati KM 7. Tepatnya ada di Kawungluwuk, Sukaresmi. Jangan lupa mengabadikan momen liburan degnan kamera terbaik agar bisa mengabadikan momen di tempat yang indah ini.

5. Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang

Lokasi: Jl. Alternatif Cibubur, Karyamukti, Campaka, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Indonesiatripnews.com

Salah satu situs megalitikum yang diteliti ini memang tak henti-hentinya menyimpan misteri. Namanya adalah Situs Gunung Padang yang memiliki luas kurang lebih 900 meter persegi. Ada ketinggian 885 meter diatas permulaai air laut. Ada hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa tempat ini adalah punden berundah piramida terbesar di Asia Tenggara atau bahkan dunia.

Tak hanya sebagai tempat wisata anti mainstream tetapi disini juga menjadi wisata sejarah untuk anak-anak. Letak dari Situs Gunung Padang ini berada di perbatasan Dusun Gunung Padang dengan Dusun Panggulan. Tepatnya berada di kecamatan Campaka yang menyimpan banyak misteri terkait keberadannya.

6. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum

Lokasi: Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Busbluestar.co.id

Curug Cibeureum ini memiliki air terjun utama dan dua air terjun lain yang lebih kecil disebut dengan Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Sementara Curug Cibeureum sendiri menjadi air terjun terbesar dan paling pendek yang ada di kawasan ini. Letaknya juga lebih terbuka dan dekat dengan shelter sheingga banyak dikerumuni oleh pengunjung.

Namanya Cibeureum berasal dari bahasa Sunda yang aritnya sungai merah dan diambil dari nuansa merah di dinding tebing. Curug Cibeureum ini berada di Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas. Masuk di Kabupaten Cianjur yang juga memiliki ketinggian 40 meter.

7. Istana Presiden Cipanas

Istana Presiden Cipanas

Lokasi: Jl. Raya Cipanas No. 105, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Disparbud.jabarprov.go.id

Istana yang satu ini berjarak kurang lebih sekitar 103 km dari ibu kota Jakarta atau sekitar 20 km dari Pusat Kota Cianjur. Istana Presiden Cipanas merupakan salah satu dari 6 istana kepresidenan Republik Indonesia dimana namanya memang diambil dari letak atau nama jalannya.

Memiliki luas 26 ha dan juga luas bangunan mencapai 7760 meter persegi dengna nilai sejarah yang sangat tinggi. Letak dari Istana Presiden Cipansa berada di Desa Cipanas, Kabupaten Cianjur. Tepatnya berada di lereng kaki Gunung Gede yang ada di ketinggian 1.100 meter diatas permukaan laut.

8. Wisata Wachi Cianjur

Wisata Wachi Cianjur

Lokasi: Pagermaneuh, Tanggeung, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Pariwisatacianjurjawabarat.blogspot.com

Namanya unik dan dibangun tahun 2018. Cianjur Selatan memiliki destinasi yang trend dan kekinian. Wachi atau wisata alam celak indah ini menghadirkan satu objek dengan pemandangan alam dari ketinggian.

Tetapi untuk menikmati panorama ini wisatawan harus menuju puncak bukit agar bisa melihat lembah yang berbalut kabut. Ada spot foto indah yang bisa dilihat mulai dari gardu pandang seperti bunga matahari, papan bintang, hingga adanya spot foto berbentuk hati. Wisata Wachi Cianjur berada di Desa Pagermaneuh, Kecamatan Tanggeung. Siapa saja bisa datang dan menikmati wisata kekinian ini.

9. Wisata Pokland Cianjur

Wisata Pokland Cianjur

Lokasi: Haurwangi, Kec. Haurwangi, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Dpmptsp.cianjurkab.go.id

Pokland merupakan salah satu Objek Wisata di Cianjur dan cukup hits di sosial media. Bahkan cukup ramai disukai di instagram. Pocklan dulunya sebuah hutan pinus yang dijadikan sebagai tempat pengumpulan kayu pongpoklandak untuk bahan material bangunan dan juga kerajinan.

Pokland sekarang dijadikan tempat untuk hunting foot terutama para remaja dan diresmikan sebagai tempat wisata dengan adanya penambahan fasilitas. Wisata Pokland Cianjur ini berada di Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi. Ada area camping ground, glamping, garden party, rumah pohon hingga adanya tempat bermain untuk anak.

10. CMR GH Cianjur

CMR GH Cianjur

Lokasi: Kp. Cibenteng, RT.05/RW.04, Mekarjaya, Cikalongkulon, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Arocki.com

Apa itu CMR GH Cianjur? Tempat wisata ini bernama Cimirung Gunung Hayam yang merupakan salah satu objek wisata alam dan ramai diperbincangkan. Destinasi ini ada di atas ketinggian dengan background perbukitan dan juga hamparan sawah yang ada di sektiarnya. Meski destinasi ini ada di atas bukit dengan akses jalan yang cukup sulit, tetap pesonanya memang tak bisa dilewatkan.

Wisatawan bisa hunting foto yang unik dengan berbagai spot yang indah seperti spot love, bangku kursi hingga sayap kupu-kupu. CMR GH Cianjur ini berada di Kp. Cibenteng, Desa Mekarjaya. Tepatnya masuk di Kecamatan Cikalong Kulon. Ada panorama cantik yang sayang untuk dilewatkan dan siapkan kamera terbaik.

11. Kebun Teh Sukanagara

Kebun Teh Sukanagara

Lokasi: Sukakarya, Sukanagara, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Apakabarcianjur.blogspot.com

Bagi yang suka jalan-jalan dengan udara sejuk mungkin Kebun Teh Sukanagara ini paling tepat. Wisatawan bisa menikmati pemandangna hijau alami yang tanpa asap polusi dan juga lebih sehat. Ada area sektiar yang dilengkapi jejeran pohon teh tersusun rapi serta nampak cantik untuk difoto.

Selain itu, ada juga area outbond yang bisa digunakan untuk melengkapi kunjungan di Kebun Teh Sukanagara ini. Tempat wisata tersebut berada di Sukakarya, kecamatan Sukanagara. Pemandangan indah ini bisa didapatkan dengan mudah karena memang lokasinya juga mudah diakses.

12. Pantai Apra Cianjur

Pantai Apra Cianjur

Lokasi: Saganten, Sindangbarang, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Cianjurekspres.net

Jika tadi ada Pantai Jayanti, maka pilihan berikutnya adalah Pantai Apra Cianjur. Pantai ini sama seperti pantai selatan pada umumnya. Ada ombak yang besar dan berangin kencang. Pantai yang coock digunakan untuk berselancar serta menanti sunset. Ada banyak orang yang berdatangan di sore hari untuk sekadar hunting foto.

Sementara ketika malam minggu banyak yang datang untuk nongkrong. Pantai Apra Cianjur ini berada di Saganten, Sindangbarang. Masuk dalam wilayah Kabupaten Cianjur yang dimanfaatkan sebagai tempat nongkrong di pinggiran pantai dengan pilihan terbaik.

13. Sungai Cikundul Cianjur

Sungai Cikundul Cianjur

Lokasi: Kec. Cianjur, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Reresepan.com

Meski disebut sungai namun siapa sangka bahwa sungai ini bisa dijadikan sebagai tempat wisata yang memacu adrenalin? Wisatawan bisa melakukan aktivitas arung jeram yang menantang. Klasifikasi arung jeram sendiri dibagi beberapa kriteria mulai yang biasa hingga yang ekstrem.

Tetapi dalam aktivitas ini tetap ada pemandu professional yang sigap. Lokasi dari sungai Cikundul ini berada di Desa Cijagang Kecamatan Cianjur. Tak perlu khawatir karena memang arung jeram di sungai ini terbilang aman karena ada pemandunya.

14. Situs Megalitikum Gunung Kasur

Situs Megalitikum Gunung Kasur

Lokasi: Perbatasan Desa Gadog dan Cibodas, Kec. Pacet, Jawa Barat. – Image Credit by Liputan6.com

Bukan hanya Gunung Padang yang memiliki situs megalitikum tetapi ada juga Situs Megalitikum di Gunung Kasur ini menyita perhatian. Di bagian puncak gunung kasur ada makam kuno yang dipercaya menjadi makam dari pendiri Kerjaan Cianjur.

Ada keunikan lainnya yakni terdapat sebuah batu dengan cetakan telapak kaki yang konon merupakan telapak dari Patih Pertama Cianjur. Dari puncak dengan ketinggian 1080 mdpl wisatawan bisa melihat keindahan alam di sekitar gunung yang asri. Situs Megalitikum Gunung Kasur perbatasan Desa Gadog dan Cibodas. Keindahan dari situs ini memang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

15. The Jhon’s Aquatic Resort Cianjur

The Jhon's Aquatic Resort Cianjur

Lokasi: Jl. Desa Babakan Karet, Kampung Tangkil, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Myfourleafclover.com

Tempat wisata yang satu ini ada sejak tahun 2010 dan tempat terbaik untuk liburan bersama keluarga. Terletak di lingkungan alam yang masih asri dilengkapi dengan banyak fasilitas dan juga wahana permainan yang cukup memadai.

Ada juga kolam renang untuk anak-anak dan dewasa. Ada fasilitas lain seperti flying fox, ATV, paint ball dan lain sebagainya.wisatawan bisa menggunakan paket outbond yang terjangkau dan lengkap. Lokasinya berada di Kampung Tangkil, Desa Babakan Karet. Cocok sebagai temat wisata keluarga karena memang terdiri dari tempat bermain anak, suasana segar hingga kolam renang dewasa.

16. Curug Cikondang

Curug Cikondang

Lokasi: Wangunjaya, Campaka, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Picnicincianjur.blogspot.com

Masih berwisata di Curug, kali ini Curug Cikondang menjadi Destinasi Wisata di Cianjur yang recommended. Curug ini juga cukup menantang karena ada jalanan berbatu yang menuju lokasi tetapi pemandangan alam disini tetap mempesona karena sentuhan alam yang begitu indah.

Ada juga lokasi air terjun di kawasan perkebunan teh serta area persawahan hijau yang menyejukkan mata. Lokasi Curug Cikondang ini berada di Wangunjaya, Campaka. Tepatnya masuk di Kabpaten Cianjur dengan pemandangan alam yang masih terjaga.

17. Curug Ciismun

Curug Ciismun

Lokasi: Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat. – Image Credit by Triptrus.com

Tak jauh dari Kebun Raya Cibodas, curug ini berada di ketinggian 1275 mdpl yang memiliki udara sejuk dan juga rerimbunan pohon di sekitarnya. Tak hanya bermain air segar di lokasi aja tetapi Curug Ciismun ini menjadi tempat favorit untuk mereka yang hobi hunting foto.

Tak heran jika curug ini banyak disukai di media sosial. Lokasi dari Curug Ciismun berada di Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas. Tepatnya masuk di Kabupaten Cianjur dan menjadi tempat wisata populer.

Indonesia tidak hanya tentang Bali, Jakarta dan kota populer lainnya. Tetapi Cianjur menyimpan banyak tempat wisata terbaik yang ditawarkan. Selain pantai, ada curug dengan berbagai keindahan dan ciri khasnya. Ada juga wisata untuk keluarga yang ramah anak. Tak heran apabila Indonesia dikenal sebagai surga dunia karena keindahan alam tersebar dimana-mana termasuk di Cianjur.